Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Setelah Makan Bawang

    7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Setelah Makan Bawang

    Mengatasi bau mulut akibat makanan tertentu biasanya cukup dengan menyikat gigi atau berkumur dengan mouthwash. Namun, tidak demikian jika penyebab bau mulut Anda adalah bawang, terutama bawang merah, bawang bombay, maupun bawang putih mentah. Sering kali, menggosok gigi saja tak akan mengusir aroma bawang dari napas Anda. Bagaimana menghilangkan bau bawang?

    Kenapa bau bawang sulit dienyahkan dari mulut?

    Bawang putih dan anggota lainnya dari keluarga tanaman allium (bawang bombay, daun bawang, bawang merah) menghasilkan sulfoksida sistein yang memberikan rasa dan bau yang berbeda. Senyawa sulfat tersebut sangat mirip dengan senyawa yang diproduksi oleh bakteri anaerob yang menyebabkan bau mulut.

    Senyawa yang menyebabkan napas berbau bawang adalah allyl methyl sulfide (AMS). AMS adalah gas yang diserap ke dalam darah selama proses pengolahan bawang dalam tubuh. Dari darah, gas kemudian ditransfer ke paru-paru di mana ia kemudian dihembuskan.

    Beberapa AMS ini bahkan dikeluarkan dari pori-pori kulit. Inilah sebabnya mengapa napas bawang putih sangat sulit untuk disingkirkan. Tidak peduli seberapa banyak Anda membersihkan dan menyikat mulut Anda, bau bawang masih akan berada di udara saat Anda mengeluarkan napas dari paru-paru.

    Cara menghilangkan bau bawang

    Untuk menghilangkan bau mulut setelah mengonsumsi bawang, Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan berikut ini.

    1. Apel

    Apel segar mengandung enzim yang memiliki bahan seperti deodoran alami. Oleh karena itu, ia dapat bertindak melawan bau bawang yang dihasilkan oleh sulfoksida sistein pada bawang. Kehadiran enzim ini terlihat dari perubahan warna apel yang menjadi coklat ketika dikupas. Anda disarankan untuk langsung memakan apel setelah makan bawang atau makanan yang mengandung bawang agar dapat mencegah atau menetralisisr bau bawang.

    2. Susu

    Minum segelas susu setelah atau saat mengonsumsi makanan yang mengandung bawang dapat menghilangkan bau bawang. Sebuah studi dari Ohio State University pada tahun 2010 menemukan, bahwa minuman yang mengandung kadar lemak yang tinggi, seperti susu, dapat membantu mengurangi bau bawang putih dan juga menutupi bau bawang putih selama makan. Baik susu biasa dan susu rendah lemah dapat mengurangi sulfur dalam bawang putih yang merupakan penyebab bau yang kuat. Namun di antara keduanya, susu yang memiliki tingkat lemak yang tinggi akan mendapatkan hasil yang terbaik, karena lemak efektif dalam menetralisir bau.

    3. Peterseli dan mint

    Beberapa rempah segar seperti peterseli dan mint mengandung minyak yang kuat dan dapat membantu untuk mengalahkan aroma bau pada mulut. Menurut Sally Cram, DDS, juru bicara untuk American Dental Association, tumbuhan tersebut dapat bertindak sebagai obat kumur untuk menutupi bau. Ditambah lagi, mereka meninggalkan bau yang menyenangkan. Meskipun hasilnya baru akan terlihat beberapa menit setelah mengonsumsinya, namun ini lebih baik daripada tidak sama sekali.

    4. Bayam

    Bayam mengandung polifenol yang sama seperti apel, yang dapat memecah senyawa sulfat hadir dalam bawang. Bagian yang terbaik adalah bahwa bawang putih dan bayam jika dimasak bersama-sama memiliki rasa yang lezat, sehingga Anda tidak bisa mengatakan tidak untuk makanan ini.

    5. Lemon

    Lemon bekerja sebagai deodoran alami untuk bau bawang pada mulut Anda, karena lemon memiliki bahan antibakteri. Setelah mengonsumsi bawang putih, Anda dapat memeras lemon ke dalam mulut Anda dan bahkan Anda dapat menggunakannya untuk membasuh tangan untuk menghilangkan bau bawang pada tangan.

    6. Biji kopi

    Kopi memiliki rasa kuat yang dibuat oleh biji kopi. Bubuk biji kopi ini memiliki rasa dan refleks bau yang sedikit lebih kuat untuk mengusir bau dari bawang. Anda dapat mengunyak biji kopi untuk sementara waktu agar bau bawang pergi dari mulut Anda.

    7. Teh hijau

    Teh hijau tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi enzim dan antioksidan yang ada di dalamnya dapat membantu menghilangkan bau bawang yang kuat pada mulut. Anda dapat mengonsumsi teh hijau segera setelah mengonsumsi bawang atau bahkan dapat meminumnya saat Anda makan makanan yang mengandung bawang.

    Perlu diketahui bahwa berbagai makanan di atas dapat menghilangkan bau hanya untuk sementara waktu. Sebenarnya, cara terbaik untuk menghilangkan bau bawang adalah dengan berhenti memakannya, ini adalah satu-satunya cara untuk benar-benar menghilangkan bau pada mulut. Jika menjauhkan bawang dari makanan Anda bukanlah pilihan yang baik bagi Anda, maka berbagai cara di atas dapat Anda lakukan. Tetapi, harap dicatat bahwa, meskipun Anda mungkin telah menetralkan senyawa bawang di dalam mulut, namun senyawa sulfat masih dihembuskan dari paru-paru, sehingga bau napas Anda akan kembali lagi.


    Sering sakit gigi atau punya gigi sensitif?

    Yuk gabung Komunitas Gigi Mulut agar kamu bisa tanya dokter atau berbagi cerita bersama member lainnya.


    health-tool-icon

    Kalkulator BMI (IMT)

    Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Garlic Breath http://www.breathmd.com/garlic-breath.php. Accessed September 20, 2016.

    7 Foods that Fight Odors http://www.womansday.com/health-fitness/nutrition/a2630/7-foods-that-fight-odors-123915/. Accessed September 20, 2016.

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Adinda Rudystina Diperbarui Jun 17, 2021
    Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
    Next article: