Oral Thrush

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 4 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Definisi

Apa itu oral thrush?

Oral thrush atau disebut juga sebagai kandidiasis mulut adalah infeksi jamur pada mulut yang disebabkan oleh jamur Candida albicans yang berakumulasi pada lapisan mulut. Kondisi ini tidak menular dan biasanya dapat diatasi dengan obat-obatan anti jamur.

Dikutip dari Mayo Clinic, oral thrush atau kondisi yang juga bisa disebut sebagai kandidiasis oral juga menyebabkan timbulnya lesi berwarna putih. Biasanya, lesi atau jaringan yang abnormal pada mulut Anda berawarna putih dan berada di area lidah atau pipi bagian dalam.

Terkadang, kondisi lain saat terjadi oral thrush adalah menyebar ke bagian langit mulut, gusi, amandel, atau bagian belakang tenggorokan.

Seberapa umumkah oral thrush?

Kondisi ini sangat umum dan dapat terjadi pada pasien dengan usia berapapun. Oral thrush umumnya menyerang lebih banyak wanita dibandingkan dengan pria. Tidak hanya pada orang dewasa, kandidiasis oral juga sering terjadi pada bayi juga balita.

Gangguan pada mulut ini dapat ditangani dengan mengurangi faktor-faktor risiko karena tergolong jarang menyebabkan masalah serius lainnya. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Hal ini dikarenakan apabila Anda mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah maka bisa menyebabkan kompliaksi serius.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala oral thrush?

Di tahap yang tergolong awal, kondisi ini mungkin tidak memperlihatkan tanda apa pun. Namun, Anda pun tetap harus waspada karena bisa memburuk akibat infeksi. Gejala-gejala umum dari oral thrush adalah:

  • Luka berwarna putih krem pada lidah, pipi bagian dalam dan kadang langit-langit mulut, gusi dan amandel.
  • Luka yang sedikit menimbul dengan tampilan seperti keju cottage.
  • Kemerahan atau nyeri yang cukup parah dan menyebabkan kesulitan makan atau menelan.
  • Sedikit perdarahan jika luka tergesek.
  • Pecah-pecah dan kemerahan pada ujung mulut (terutama pada pengguna gigi palsu).
  • Perasaan seperti terdapat kapas pada mulut.
  • Kehilangan indera pengecap

Pada kasus yang parah, luka dapat menyebar ke esofagus – saluran panjang berotot yang berawal dari belakang mulut hingga lambung (Candida esophagitis).

Apabila hal ini terjadi, Anda dapat mengalami kesulitan menelan atau merasa seperti ada makanan tersangkut pada tenggorokan.

Hal lain yang harus diperhatikan Anda mungkin tidak menyadari gejala dari oral thrush. Tergantung pada penyebab, tanda-tanda dan gejala dapat muncul perlahan atau tiba-tiba, berlangsung selama beberapa hari, minggu atau bulan.

Selain luka mulut yang berwarna putih, bayi dapat mengalami kesulitan menyusui atau menjadi rewel. Bayi dapat menularkan infeksi ke ibu saat menyusui.

Infeksi dapat menular kembali di antara payudara ibu dan mulut bayi.

Wanita dengan payudara yang terinfeksi dengan candida dapat mengalami tanda-tanda dan gejala berikut:

  • Puting susu yang berwarna merah, sensitif, pecah-pecah atau gatal
  • Kulit mengkilap atau mengelupas pada bagian sekitar puting susu (areola)
  • Rasa sakit yang tidak biasa saat menyusui atau puting yang terasa sakit di antara menyusui
  • Nyeri yang dalam pada payudara

Kemungkinan masih ada tanda-tanda dan gejala lainnya yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab oral thrush?

Normalnya, sistem imun tubuh bekerja untuk menangkal organisme yang berbahaya, seperti virus, bakteri dan jamur, serta menjaga keseimbangan antara mikroba “baik” dan “buruk” yang berada pada tubuh Anda.

Namun kadang mekanisme pelindung ini gagal, sehingga meningkatkan jumlah jamur candida dan menyebabkan infeksi oral thrush.

Oral thrush dan infeksi candida lainnya dapat terjadi saat sistem imun Anda melemah akibat penyakit atau dari obat-obatan seperti predinsone, atau saat antibiotik mengganggu keseimbangan alami dari mikroorganisme pada tubuh.

Penyakit dan kondisi ini dapat membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi oral thrush, diantaranya adalah:

  • HIV/AIDS: Human immunodeficiency virus (HIV) – virus yang menyebabkan AIDS – merusak atau menghancurkan sel sistem imun, menyebabkan Anda menjadi lebih rentan terhadap kemungkinan infeksi yang umumnya dapat ditangkal oleh tubuh. Oral thrush yang terulang, serta gejala lainnya, dapat menjadi indikasi awal dari defisiensi imun, seperti infeksi HIV.
  • Kanker: Jika Anda memiliki kanker, sistem imun Anda lebih cenderung melemah akibat penyakit dan dari perawatan seperti kemoterapi dan radiasi. Kedua penyakit dan perawatan dapat meningkatkan risiko infeksi candida seperti oral thrush.
  • Diabetes mellitus: Jika Anda memiliki diabetes yang tidak dapat ditangani atau dikendalikan dengan baik, air liur Anda dapat mengandung jumlah gula yang tinggi, yang meningkatkan perkembangan candida.
  • Infeksi jamur pada vagina: Infeksi jamur pada vagina disebabkan oleh jamur yang menyebabkan oral thrush. Walau infeksi jamur tidaklah berbahaya, namun jika Anda sedang hamil Anda dapat menurunkan jamur ke bayi saat persalinan. Akibatnya, bayi Anda dapat mengalami kondisi yang sama pula.

Penyebab lain dari  oral trush adalah meliputi:

  • Mengonsumsi antibiotik, terutama dalam jangka panjang atau dalam dosis tinggi.
  • Menggunakan pengobatan kortikosteroid yang dihirup untuk asma.
  • Menggunakan gigi palsu, terutama jika tidak pas dengan tepat.
  • Memiliki kebersihan mulut yang buruk.
  • Memiliki mulut kering, baik karena kondisi medis atau pengobatan.
  • Merokok.
  • Menjalani kemoterapi atau radioterapi untuk mengatasi kanker.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya mengalami ini?

Ada banyak faktor risiko untuk oral thrush, di antaranya adalah:

  • Bayi atau lansia.
  • Memiliki sistem imun yang lemah.
  • Menggunakan gigi palsu.
  • Memiliki kondisi kesehatan lain, seperti diabetes.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti antibiotik atau kortikosteroid oral atau hirup.
  • Menjalani kemoterapi atau perawatan radiasi untuk kanker.
  • Memiliki kondisi yang menyebabkan mulut kering.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana oral thrush didiagnosis?

Dokter gigi dapat mendiagnosis kandidiasis oral dengan memeriksa mulut Anda. Selanjutnya, hal yang akan dilakukan untuk melihat oral thrush adalah melihat luka putih tertentu pada mulut, lidah, atau pipi Anda.

Menyikat luka dengan lembut dapat menunjukkan area merah dan nyeri yang dapat sedikit berdarah. Pemeriksaan mikroskopik dari jaringan luka dapat mengonfirmasi diagnosis.

Thrush yang menyebar hingga esofagus dapat memerlukan tes lain untuk diagnosis. Tes dapat meliputi:

  • Kultur tenggorokan dengan menyeka bagian belakang tenggorokan dengan kapas yang steril dan menguji mikroorganisme di bawah mikroskop
  • Melakukan endoskopi dari esofagus, lambung dan usus kecil – memeriksa lapisan area tubuh ini dengan kamera pada ujung tabung yang melalui area tersebut
  • Mengambil X-ray dari esofagus Anda

Apa saja pengobatan untuk oral thrush?

Obat-obatan yang biasanya dapat mengatasi oral thrush biasanya adalah yang mempunyai kandungan antijamur. Obat ini biasanya berupa gel atau cairan yang Anda oleskan langsung pada bagian dalam mulut (obat topikal), walau kadang tablet atau kapsul digunakan.

Lalu, obat-obatan topikal biasanya perlu digunakan beberapa kali sehari selama 7 hingga 14 hari. Walaupun biasanya tidak mempunyai efek samping, terkadang beberapa orang dapat mengalami mual, muntah, kembung dan nyeri perut serta diare.

Dokter gigi dapat melakukan langkah penanganan tertentu yang disesuaikan untuk Anda berdasarkan usia dan penyebab infeksi Anda.

Jika antibiotik atau kortikosteroid diduga menyebabkan oral thrush, obat – atau cara penyampaian – mungkin perlu diubah atau dikurangi dosisnya.

Karena adanya infeksi candida dapat menjadi gejala dari masalah medis lainnya, dokter gigi dapat menyarankan Anda untuk mencari bantuan medis dari dokter agar masalah penyebab dapat diatasi.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasinya?

Berikut merupakan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi oral thrush, di antaranya adalah:

  • Miliki kebiasaan menjaga kesehatan gigi dan mulut yang baik: Sikat gigi setidaknya 2 kali sehari dan bersihkan dengan benang gigi setidaknya 1 kali sehari.
  • Jangan gunakan obat kumur atau spray secara berlebihan: Gunakan obat kumur antibakteri 1-2 kali sehari untuk menjaga gigi dan gusi tetap sehat. Lebih dari itu dapat mengganggu keseimbangan normal pada mikroorganisme dalam mulut.
  • Kunjungi dokter gigi secara rutin: Terutama jika Anda memiliki diabetes atau menggunakan gigi palsu.
  • Batasi asupan gula dan makanan yang mengandung ragi: Makanan seperti roti, bir dan wine meningkatkan pertumbuhan candida.
  • Jika Anda merokok, berhentilah: Tanyakan dokter atau dokter gigi tentang cara untuk berhenti merokok.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Leukoplakia

Leukoplakia adalah munculnya bercak atau luka putih di dalam mulut akibat iritasi. Cari tahu gejala, penyebab, serta pengobatan leukoplakia di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 1 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Bau Mulut (Halitosis)

Bau mulut atau halitosis dapat mengganggu keseharian Anda. Cari tahu gejala, penyebab, diagnosis, pengobatan, serta mencegah bau mulut di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 28 Desember 2020 . Waktu baca 12 menit

Burning Mouth Syndrome (Mulut Panas)

Burning mouth syndrome atau sindrom mulut terbakar adalah kondisi yang ditandai dengan keluhan akan sensasi pada lapisan mulut seperti terkena air panas.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 28 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit

Gusi Berdarah

Gusi berdarah adalah masalah mulut yang bisa dialami siapa saja. Cari tahu gejala, penyebab, pengobatan, serta cara mencegah gusi berdarah di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 23 Desember 2020 . Waktu baca 12 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Memahami Tumbuh Kembang Gigi dan Rahang Anak

7 Trik Membujuk Anak Agar Tak Takut ke Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 12 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
mulut bayi berjamur

Oral Thrush, Infeksi Jamur pada Mulut Bayi dan Cara Aman Mengobatinya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
cara membersihkan lidah

Mengatasi Gangguan Lidah dengan Menjaga Kebersihannya, Bagaimana Caranya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 5 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit
cara mengatasi sariawan

Sariawan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 1 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit