Ingin berbagi cerita soal anak? Ikut komunitas Parenting sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apa Bedanya Karies Rampan dan Karies Botol? Cari Tahu Di Sini

Apa Bedanya Karies Rampan dan Karies Botol? Cari Tahu Di Sini

Karies adalah istilah medis dari gigi berlubang. Khususnya pada anak, ada dua jenis karies yang paling umum menghantui, yaitu karies rampan dan botol. Karies rampan dan botol sama-sama diawali dengan kemunculan area kecokelatan pada gigi yang merupakan cikal bakal perkembangan gigi berlubang.

Lalu, apa bedanya?

Karies rampan dan botol, beda artinya

Karies rampan adalah masalah perlubangan gigi yang terjadi sangat cepat dan tiba-tiba, serta menyebar luas sehingga langsung mengenai pulpa (bagian tengah gigi).

Sementara itu, karies botol adalah bentuk yang lebih spesifik dari karies rampan yang terjadi pada usia tertentu.

Beda pemicunya

Gigi bisa berlubang pada dasarnya akibat bakteri yang hidup di dalam mulut. Bakteri tersebut menggerogoti plak sisa-sisa makanan (terutama gula dan karbohidrat) yang menempel pada gigi dan kemudian memproduksi asam. Asam tersebutlah yang menggerogoti email gigi (bagian terluar gigi), sehingga menghasilkan lubang-lubang kecil pada gigi yang akhirnya makin membesar.

Perbedaan antara karies rampan dan botol adalah hal yang memicu kerusakannya. Pada karies rampan, gigi berlubang lebih disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang menumpuk jadi plak pada gigi anak.

Sementara itu, karies botol atau nursing caries adalah bentuk kerusakan gigi yang dipicu oleh sisa minuman akibat anak sering tertidur saat masih menyusu (baik botol atau ASI).

Berbeda usianya

Balita stres

Karies rampan dan botol adalah masalah gigi yang menyerang anak-anak.

Karies rampan lebih sering terjadi pada anak-anak usia di bawah lima tahun. Paling banyak ditemukan pada anak usia empat tahun. Orang dewasa juga bisa kena karies rampan.

Sementara karies botol biasanya terjadi pada anak usia 1-2 tahun yang masih menyusu (baik lewat botol, ASI, atau sippy cup)

Berbeda banyaknya gigi yang terlibat

kerusakan gigi anak

Karies rampan ini terjadi pada gigi susu, bisa salah satu saja atau beberapa gigi sekaligus; termasuk gigi yang seharusnya kebal terhadap karies, seperti gigi seri depan bawah. Karies dikatakan rampan (rampant) karena bisa menyerang sampai 10 gigi dalam satu waktu.

Sementara itu, gigi seri depan bawah relatif lebih terlindungi dari ancaman karies botol karena tertutup dengan lidah dan terbasahi aliran liur bayi.

Ini artinya, lebih banyak gigi yang bisa rusak akibat karies rampan dibandingkan karies botol.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Stanford Children’s Health. Tanpa tahun. Nursing Caries (Nursing Bottle Caries). [Online] Tersedia pada: https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=nursing-bottle-caries-90-P01844 (Diakses 25 Oktober 2018)

Namita dan Rai Rita. 2012. Adolescent Rampant Caries. Contemporary Clinical Dentistry 3(1): 122-124

Universitas Sumatera Utara. Tanpa tahun. Karies Gigi Pada Anak. [Online] Tersedia pada: http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:VxxaOQZJMjkJ:ocw.usu.ac.id/course/download/611-PEDODONSIA-DASAR/kgm-427_slide_karies_gigi_pada_anak_2.pdf+&cd=2&hl=en&ct=clnk&gl=id (DIakses 25 Oktober 2018)

Junior Dentist. Tanpa tahun. Differences Between Nursing Bottle Caries and Rampant Caries. [Online] Tersedia pada: https://www.juniordentist.com/differences-between-nursing-bottle-caries-and-rampant-caries.html (Diakses 25 Oktober 2018)

Talibo, Mulyadi, Bataha. 2016. Hubungan Frekuensi Konsumsi Makanan Kariogenik dan Kebiasaan Menggosok Gigi dengan Kejadian Karies Gigi pada Siswa Kelas III SDN 1&2 Sunuo. [Online] tersedia pada: https://media.neliti.com/media/publications/109792-ID-hubungan-frekuensi-konsumsi-makanan-kari.pdf (Diakses 25 Oktober 2018)


Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji Diperbarui 21/06/2019
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x