Obat Panjang Umur yang Sudah Terbukti di Penelitian

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Obat metformin digunakan untuk pasien diabetes tipe 2 (kencing manis). Saat ini, sebuah penelitian baru oleh tim ahli dari Cardiff University di Inggris mengungkapkan bahwa obat ini punya khasiat mengejutkan, yaitu memperpanjang usia seseorang yang bukan penderita diabetes.

Menurut CDC, ada sekitar 9,3 persen penduduk dunia yang mengidap diabetes. Diabetes biasanya berhubungan dengan usia tua, obesitas, kurangnya aktivitas fisik, dan riwayat keluarga dengan diabetes.

Penyakit dapat dicegah dengan makan makanan yang sehat, aktivitas fisik yang teratur, dan mengurangi berat badan yang berlebih. Orang dengan diabetes harus melakukan beberapa upaya tersebut untuk mengontrol gejalanya, tapi kadang tetap memerlukan insulin ataupun obat minum untuk diabetesnya.

Sekilas tentang obat metformin

Metformin merupakan obat minum golongan biguanide untuk pengobatan diabetes, suatu kondisi di mana tubuh tidak dapat menggunakan atau menghasilkan insulin secara normal. Insulin adalah hormon yang bertugas untuk mengubah gula jadi energi. Kekurangan insulin berarti gula hanya akan menumpuk dalam darah, tidak diubah jadi energi.

Nah, obat diabetes ini membantu mengendalikan jumlah kadar gula atau glukosa dalam darah Anda. Caranya dengan mengurangi jumlah penyerapan glukosa dari makanan yang dikonsumsi serta mengurangi jumlah glukosa yang dibentuk oleh organ hati Anda. Obat ini juga meningkatkan respon alami tubuh untuk menghasilkan insulin yang dapat membantu mengendalikan jumlah gula dalam darah.

Benarkah obat metformin bisa bikin panjang umur?

Sebuah penelitian berskala besar yang melibatkan lebih dari 180.000 orang, membandingkan angka kelangsungan hidup pasien diabetes yang diobati dengan metformin dan obat golongan sulfonilurea. Penelitian ini juga melibatkan orang-orang yang tidak memiliki diabetes.

Dari penelitian tersebut didapatkan 78.241 pasien yang diobati dengan metformin, 12.222 pasien yang diobati dengan sulfonilurea, dan sebanyak 90.463 orang tanpa diabetes sebagai perbandingan atau kelompok kontrol. Selama penelitian, tercatat sebanyak 7.498 jumlah kematian.

Penyakit diabetes diperkirakan dapat mengurangi angka harapan hidup penderita rata-rata sekitar delapan tahun. Namun, para peneliti menemukan bahwa pengguna obat metformin hidup 15 persen lebih lama (setara dengan tambahan umur 3 tahun) dibandingkan dengan mereka yang berada dalam kelompok kontrol, sedangkan pasien yang diobati dengan obat sulfonilurea memiliki angka harapan hidup yang lebih rendah dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Penelitian lain yang dilakukan oleh National Institute of Aging menemukan bahwa tikus yang diberikan obat metformin bisa hidup lima persen lebih lama dibandingkan tikus yang tidak mendapatkan metformin.

Tikus yang diberikan metformin juga lebih sehat secara fisik di usia tua dan cenderung tidak terkena katarak apabila dibandingkan dengan tikus yang tidak mendapatkan metformin.

Bagaimana obat metformin bisa bikin panjang umur?

Peneliti mengatakan bahwa metformin tampaknya memiliki efek seperti mengurangi kadar kolesterol dan mengaktifkan atau menonaktifkan gen tertentu. Obat metformin juga meningkatkan respon antioksidan pada hewan dan mengurangi peradangan, yang mungkin berperan terhadap efek peningkatan angka harapan hidup.

Saya tidak punya diabetes, bolehkah minum obat metformin supaya panjang umur?

Obat ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi tanpa pengawasan dokter, apalagi untuk jangka panjang. Terutama Anda yang tidak punya penyakit diabetes, obat ini justru akan memberikan berbagai efek samping yang tidak baik buat tubuh, bukannya memberi manfaat panjang umur.

Karena obat ini bertugas untuk memicu kerja insulin dalam tubuh, Anda mungkin saja malah mengalami overdosis insulin, yaitu ketika ada terlalu banyak hormon insulin dalam tubuh. Kondisi ini disebut juga dengan hiperinsulinemia. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko peradangan pada tubuh hingga penyakit seperti asam urat dan hipertensi (tekanan darah tinggi).

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Aman Mengobati Luka dan Lecet di Vagina

Vagina Anda luka? Jangan digaruk atau dibersihkan dengan sembarang sabun. Apa penyebab lecet dan luka di vagina? Dan bagaimana mengobatinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

3 Manfaat Daun Mimba (Intaran), Tanaman Obat yang Serba Guna

Pohon mimba ternyata memiliki sejuta mnfaat, bukan hanya daun mimba saja lho. Yuk simak apa saya manfaat daun mimba dan bagian lainnya!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Herbal A-Z 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

Tahukah Anda kalau makanan yang mengandung bakteri asam laktat menyehatkan? Makanan apa saja itu? Mari simak jawabannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Benarkah Wanita Berbulu Lebat Nafsu Seksnya Tinggi?

Yang jelas, bulu alias rambut halus yang lebat ini diakibatkan tingginya hormon testosteron. Tapi apakah ini berarti nafsu seksualnya juga lebih tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Kesehatan Seksual, Tips Seks 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bahaya pakai earphone saat tidur

Waspada Bahaya Infeksi Telinga Akibat Pakai Earphone Saat Tidur

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Thendy Foraldy
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
jenis tambal gigi

4 Jenis Tambalan Gigi dan Prosedur Pemasangannya di Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Apa Fungsi Obat Methylprednisolone

Obat Penambah Tinggi Badan, Apakah Benar Bisa Membuat Tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
luka gatal mau sembuh

Kenapa Biasanya Luka Terasa Gatal Kalau Mau Sembuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit