Begini Cara Ampuh Mengecilkan Pori-Pori Wajah Agar Kulit Halus Tanpa Celah

Oleh

Siapa yang tidak mau punya kulit wajah bersih, mulus, dan bebas dari pori-pori yang besar? Selain jerawat, pori-pori besar memang jadi masalah kulit yang banyak dikeluhkan wanita. Lantas, bagaimana cara mengecilkan pori-pori wajah yang besar? Yuk, intip berbagai tips berikut ini.

Sekilas tentang pori-pori wajah

Pori-pori (pores) sebenarnya adalah saluran untuk mengalirkan produksi kelenjar minyak dan kelenjar keringat ke permukaan kulit. Salah satu fungsinya adalah untuk menjaga kondisi tubuh pada perubahan lingkungan agar suhu tubuh Anda tetap dalam kondisi seimbang.

Pada wajah, pori-pori berperan untuk menghasilkan sebum yang diproduksi oleh kelenjar minyak sekaligus membantu penyerapan skin care yang digunakan pada wajah. Jika Anda memiliki pori-pori yang bersih dan tidak tersumbat, maka kulit Anda akan lebih mudah untuk menyerap bahan aktif dalam skin care. Alhasil, penggunaan skin care pada kulit wajah akan lebih efektif.

Faktor yang memengaruhi pori-pori wajah

Kondisi pori-pori seseorang ditentukan oleh beberapa faktor yang meliputi:

  • Genetik. Faktanya, genetik memengaruhi kesehatan Anda secara menyeluruh, termasuk kemunculan pori-pori di wajah. Jika orangtua, adik, kakak, nenek, bahkan kakek Anda memiliki pori-pori wajah yang besar, maka Anda juga bisa memilikinya juga. Faktor satu ini tidak bisa Anda ubah. Jadi, sekeras apa pun usaha Anda, jika dari lahir pori-pori Anda memang sudah besar, maka tetap akan seperti itu hingga nanti Anda dewasa.
  • Sekresi sebum. Ukuran pori-pori wajah setiap orang juga ditentukan oleh seberapa banyak minyak diproduksi oleh kelenjar sebum. Oleh sebab itu, orang dengan jenis kulit kering cenderung memiliki pori-pori yang lebih kecil ketimbang orang yang memiliki jenis kulit berminyak.
  • Elastisitas kulit. Makin tua seseorang, ketika elastisitas makin berkurang, maka pori-pori akan semakin tampak (more prominent) seolah-olah pori-pori tersebut makin melebar.

Kabar baiknya, poin dua dan tiga masih bisa dimodifikasi untuk mendapatkan tampilan pori-pori yang “tampak” lebih kecil.

Adakah cara mengecilkan pori-pori wajah yang ampuh?

Faktanya, pori-pori bukan otot yang bisa dibesarkan atau dikecilkan.

Berbagai perawatan rumahan dan tindakan medis yang ada adalah upaya-upaya untuk memperbaiki “tampilan”pori-pori. Sifatnya tentu saja tidak permanen, bila perawatan rumahan dan tindakan medis tidak dilakukan lagi otomatis kulit menjadi tak terawat dan pori-pori tentu akan kembali ketampilan semula.

Cara memperbaiki tampilan pori-pori kulit wajah

Salah satu kunci sukses memperbaiki tampilan pori-pori wajah adalah dengan memerhatikan perawatan wajah sehari-hari. Pastikan Anda melakukan serangkaian perawatan wajah harian dengan cara yang tepat. Jangan lupa, sesuaikan perawatan yang Anda jalani dengan jenis kulit Anda.

Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, gunakan produk-produk yang berfungsi untuk mengurangi produksi minyak dan mengontrol minyak. Biasanya produk-produk khusus kulit berminyak berlabel “non-komedogenik” dan bebas minyak (oil-free). Anda juga dianjurkan untuk rutin pakai pelembap setiap hari. Hal ini dilakukan agar kulit Anda senantiasa terjaga elastisitas dan hidrasinya.

perawatan wajah

Yang tak kalah penting, lakukan eksfoliasi secara berkala. Eksfoliasi adalah suatu cara mengangkat atau mengikis sel-sel kulit mati yang berada pada lapisan terluar kulit.

Melakukan eksfoliasi secara rutin akan membersihkan kulit dari berbagai kotoran yang dapat menyumbat pori, debu, sel kulit mati, komedo, kelebihan minyak di kulit sehingga tampilan pori-pori akan “tampak” lebih kecil. Semua orang dengan semua jenis kulit perlu melakukan eksfoliasi. Namun, pilihlah jenis eksfoliasi yang cocok dengan kulit Anda.

Dalam kasus tertentu, Anda mungkin membutuhkan perawatan khusus di dokter untuk membantu memperbaiki tampilan pori-pori di wajah. Beberapa cara mengecilkan pori-pori wajah yang bisa dilakukan di dokter antara lain chemical peeling, microneedling, laser rejuvenasi, laser fractional. Jika dilakukan oleh tenaga medis profesional, semua perawatan tersebut dapat membantu menyamarkan pori-pori wajah Anda dengan efektif.

Sebelum melakukan perawatan, pastikan klinik dermatologis yang akan Anda datangi memang benar-benar dipegang atau ditangani oleh seorang dokter spesialis kulit dan kelamin (Sp.KK) yang berkompeten dan telah bersertifikat.

Bukan “dokter” yang mengatasnamakan diri sebagai dokter kulit. Dengan begitu, dokter Anda akan menyesuaikan perawatan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

Cara mengecilkan pori-pori wajah dengan bahan alami apa aman?

Saat ini banyak orang lebih memilih menggunakan bahan-bahan alami sebagai perawatan kulit karena dinilai lebih minim efek samping.  Faktanya, bahan-bahan alami tidaklah selalu aman.

Bagi Anda yang tidak memiliki kulit sensitif terhadap bahan-bahan alami, Anda mungkin akan baik-baik saja. Namun, lain ceritanya jika Anda memiliki kulit sensitif. Penggunaan bahan alami mungkin justru memberikan masalah baru pada kulit Anda.

Lagi pula, berbagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami yang banyak ditemukan di internet dan media sosial belum terbukti secara ilmiah. Jadi berhati-hatilah ketika menggunakan bahan alami untuk perawatan kulit.

Baca Juga:

dr. Listya Paramita, Sp.KK Kulit & Kelamin
dr. Listya Paramita, Sp.KK menyelesaikan pendidikan dokter di Universitas Gadjah Mada dan melanjutkan pendidikan dokter spesialis Kulit dan Kelamin di ...
Selengkapnya
dr. Listya Paramita, Sp.KK Kulit & Kelamin
dr. Listya Paramita, Sp.KK menyelesaikan pendidikan dokter di Universitas Gadjah Mada dan melanjutkan pendidikan dokter spesialis Kulit dan Kelamin di Universitas yang sama. Meraih gelar Sp.KK dalam waktu 3,5 tahun, dokter yang akrab dipanggil dengan dr. Mita ini adalah salah satu lulusan tercepat dalam menempuh pendidikan spesialis. Kecintaan yang tinggi dalam dunia dermatologi diwujudkan dengan memberikan pelayanan yang profesional dan maksimal kepada pasien, meliputi semua keluhan mengenai kulit, mukosa, rambut dan kelamin, serta tindakan-tindakan medis dalam bidang dermatologi seperti bedah kulit hingga laser, filler, botox dan threadlift. dr. Mita peduli akan pentingnya pengetahuan untuk pencegahan timbulnya gangguan pada kulit dan kelamin sehingga sering memberikan edukasi secara berkala mengenai kesehatan.  
Selengkapnya