🔥 Diskusi Menarik

Mental saya

Bagaimana cara saya menerima dan memaafkan diri saya sendiri dok.

0
63k
2 komen

2 komentar

Halo, terima kasih atas pertanyaan anda


Dapat dimulai dengan self love. Cinta kepada diri sendiri (self love), bukan berarti egois atau mementingkan diri sediri. Hal tersebut berarti lebih kepada mengenali diri, potensi, menerima kelebihan dan kelemahan, serta mampu membatasi diri dari hal yang merugikan diri sendiri sehingga menjadi versi terbaik dari diri anda.

Mulai memaafkan dan menerima diri secara keseluruhan, kurangi dalam mengkritik diri secara berlebihan, serta apresiasi setiap pencapaian (mulai dari hal kecil dan sederhana). Temukan hal-hal yang dapat disyukuri setiap harinya sehingga memiliki cara pandang yang berbeda kepada diri sendiri dan kehidupan.


1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat,

Untuk menerima dan memaafkan diri sendiri, pertama-tama Anda perlu mengakui dan menerima bahwa Anda adalah manusia yang tidak sempurna dan memiliki kelemahan. Berikan diri Anda waktu dan kesempatan untuk belajar dari kesalahan dan kegagalan yang pernah Anda alami. Selanjutnya, cobalah untuk memahami dan mengidentifikasi akar penyebab dari kesalahan atau kegagalan yang Anda alami. Apakah ada faktor eksternal yang mempengaruhi situasi tersebut ataukah ada faktor internal seperti keputusan atau tindakan yang Anda ambil? Setelah Anda memahami akar penyebabnya, berikan diri Anda kesempatan untuk memaafkan diri sendiri. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki masa lalu yang tidak sempurna dan penting untuk belajar dari pengalaman tersebut tanpa terlalu keras pada diri sendiri. Selain itu, cobalah untuk berbicara dengan orang yang Anda percayai seperti teman, keluarga, atau profesional kesehatan mental untuk mendapatkan dukungan dan perspektif yang berbeda. Mereka dapat membantu Anda melihat situasi dari sudut pandang yang lebih objektif dan memberikan dukungan emosional yang Anda butuhkan. Terakhir, praktikkan self-care dan self-compassion. Berikan diri Anda waktu untuk melakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia dan nyaman, seperti olahraga, meditasi, atau hobi yang Anda sukai. Ingatlah bahwa menerima dan memaafkan diri sendiri adalah proses yang membutuhkan waktu dan kesabaran, jadi berikan diri Anda kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Semoga saran ini membantu Anda dalam proses menerima dan memaafkan diri sendiri. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya.
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Iklan
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan