Luka bakar tersiram air panas pada bayi 7 bulan

Dok jadi anak saya umur 7 bulan tersiram air panas pada bagian pahanya, lalu melepuh seperti berisi air.

Sekarang yang bagian melepuhnya sudah mengempes sendiri, dan ada bagian yang terklupas jadi seperti ada luka merah. Namun ada juga bagian yang tidak terklupas itu bagaimana yah dok? Apakah nantinya akan terklupas juga atau bagaimana? Apakah luka seperti ini akan membutuhkan waktu lama dok untuk penyembuhannya?

1

1

Komentar

1 komentar

Halo Devi, terima kasih atas pertanyaan anda.


Berdasarkan klasifikasi luka bakar yang sudah dijelaskan di atas, lama penyembuhannya dibedakan menjadi dua, yaitu akut dan kronis. Dapat dikatakan akut bila waktu penyembuhannya terjadi dalam jangka waktu 2 - 3 minggu. Sedangkan, kronis adalah jenis luka yang tidak memiliki tanda - tanda penyembuhan dalam waktu lebih dari 4 - 6 minggu. Proses penyembuhannya pun terbagi dalam beberapa fase, yaitu:

1. Fase Inflamatori -> Fase pertama ini akan dialami pengidap setelah terbentuknya luka dan akan berakhir pada 3 - 4 hari. Dalam fase inflamatori terdapat dua proses, yaitu hemostasis dan fagositosis. Hemostasis adalah penghentian pendarahan di daerah luka. Dalam proses hemostasis terbentuk scab di permukaan luka (jaringan yang dibentuk di permukaan luka, berwarna merah agak tua dan agak keras) agar tidak terkontaminasi oleh mikroorganisme. Respons peradangan ini sangat penting dalam proses penyembuhan karena setelahn

... Lihat Lainnya

Balas