home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Penyebab Robeknya Selaput Dara Tanpa Hubungan Seks

4 Penyebab Robeknya Selaput Dara Tanpa Hubungan Seks

Selaput dara wanita menjadi topik yang paling sering dibicarakan. Keutuhan selaput dara wanita terkadang masih menjadi ukuran atas keperawanan dan moralitas seseorang. Padahal sebenarnya tidak ada yang bisa disimpulkan dari kondisi selaput dara. Apalagi kondisinya berbeda-beda pada tiap orang.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan anggapan ini. Namun perlu kita tahu, tidak semua wanita yang masih perawan selaput daranya masih utuh alias tidak robek karena belum melakukan hubungan intim. Ada beberapa penyebab lain yang membuat selaput dara robek walaupun ia belum melakukan hubungan intim.

Adakah hubungan antara selaput dara dengan keperawanan?

Selaput dara adalah lapisan kulit yang sangat tipis, merentang di vagina wanita. Lapisan ini dapat menutupi seluruh atau sebagian mulut vagina. Selaput dara merupakan bagian dari vulva atau organ genital bagian luar yang memiliki struktur serupa dengan vagina. Bentuk selaput ini dapat berubah akibat penetrasi seksual dan proses persalinan.

Tidak sedikit orang yang mengaitkan selaput dara dengan keperawanan seseorang. Bisanya, orang akan menganggap jika wanita dengan selaput dara yang masih utuh alias tidak robek adalah wanita yang masih perawan dan belum melakukan hubungan intim. Sedangkan wanita yang selaput daranya telah robek adalah wanita yang sudah melakukan hubungan intim.

Padahal robeknya selaput dara ini dapat disebabkan oleh berbagai hal selain penetrasi penis ke dalam vagina. Selain itu, faktanya ada sebagian wanita yang lahir tanpa selaput dara. Maka dari itu keperawanan tidak ada sangkut pautnya dengan kondisi selaput dara. Lebih jauh, keperawanan tidak selalu berhubungan dengan penetrasi penis.

Penyebab selaput dara robek tanpa hubungan seks

Banyak wanita tidak mengetahui apakah selaput daranya sudah robek saat beraktivitas karena terkadang kondisi ini memang tidak menyebabkan rasa sakit atau pendarahan. Berikut 4 penyebab robeknya selaput dara tanpa hubungan seks.

1. Kecelakaan atau cidera

Beberapa penelitian menyebutkan jika robeknya selaput bisa terjadi karena kecelakaan atau cidera dan membuat daerah kewanitaan terluka. Kecelakaan bisa terjadi saat seorang wanita masih kecil atau ketika ia remaja.

2. Bersepeda atau berkuda

Wanita yang gemar melakukan aktivitas bersepeda, berkuda, senam atau berenang dan banyak menggerakkan kaki, ia akan rentan memiliki selaput dara yang pecah atau robek. Beberapa penelitian menemukan jika aktivitas seperti berkuda dan bersepeda adalah aktivitas yang memudahkan robeknya selaput dara.

3. Penggunaan alat medis tertentu saat memeriksakan organ intim

Memasukkan alat medis tertentu ke dalam organ intim sebelum menikah atau berhubungan intim karena pemeriksaan organ intim juga dikatakan sebagai penyebab utama robeknya selaput dara. Meski alat medis tersebut sangat kecil, ketika ia dimasukkan ke dalam organ intim dan mengenai selaput dara, hal ini akan memicu robeknya selaput dara. Selain alat medis, beberapa benda yang dengan sengaja di masukkan ke dalam organ intim juga akan membuat selaput dara robek.

4. Latihan peregangan yang berat

Ketika seorang wanita melakukan pelatihan peregangan yang berat, hal ini juga akan menjadi penyebab robeknya selaput dara. Pada dasarnya, selaput dara setiap tidak sama. Ada yang sangat tipis dan mudah robek, ada pula yang cukup tebal dan sangat sulit untuk robek.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Teens and Virginity. http://teens.webmd.com/teens-virginity. Accessed 25 January 2017.

The Hymen. http://www.pamf.org/teen/health/femalehealth/hymen.html. Accessed 25 January 2017.

Virginity. https://www.plannedparenthood.org/teens/sex/virginity. Accessed 25 January 2017.

Foto Penulis
Ditulis oleh Yuliati Iswandiari
Tanggal diperbarui 03/02/2017
x