home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Dua Cara Merapatkan Kembali Selaput Dara yang Robek

Dua Cara Merapatkan Kembali Selaput Dara yang Robek

Konsep keperawanan perempuan masih memiliki sejarah yang rumit. Keperawanan dalam budaya Indonesia sendiri masih diibaratkan dengan keutuhan selaput dara wanita, sehingga banyak orang mengira saat melakukan seks pertama kali, vagina wajib mengeluarkan darah. Padahal, tidak semua wanita mempunyai selaput dara yang utuh, baik bawaan lahir maupun akibat suatu insiden. Jika selaput dara robek, adakah cara untuk memperbaikinya? Yuk simak penjelasan mengenai selaput dara di bawah ini.

Apa itu selaput dara itu?

Selaput dara atau hymen adalah jaringan kulit sangat tipis yang melapisi pintu terbukanya vagina. Banyak anggapan yang menyatakan bahwa selaput ini merentang menutupi keseluruhan vagina. Nyatanya, bentuk, tekstur, dan ketebalan selaput dara tiap wanita berbeda-beda.

Selaput dara juga berfungsi untuk memungkinkan darah menstruasi dan cairan tubuh lainnya mengalir keluar melalui liang vagina. Selain itu fungsi hymen atau lapisan mukosa yang mengelilingi atau menutupi sebagian dari muara vagina. Lapisan tersebut, seperti halnya mukosa vagina, juga mempunyai pembuluh darah dan pembuluh saraf. Oleh sebab itu, ketika selaput dara robek seringkali diikuti dengan perdarahan dan rasa nyeri.

Tindakan apa saja yang bisa merapatkan selaput dara robek?

Hymenoplasty

Hymenoplasty atau operasi rekonstruksi selaput dara adalah sebuah prosedur untuk kembali merekatkan selaput dara yang terdapat pada bibir vagina menggunakan jahitan. Jahitan yang diterapkan adalah jenis jahitan yang larut atau dissolvable, sehingga secara kasat mata tidak akan terlihat dan tidak perlu dilepas pasca operasi.

Hymen yang tersisa akan diikat bersama untuk menutupi kerusakan yang terjadi pada selaput dara robek. Kemudian jaringan hymen akan terangkat, sehingga vagina akan kembali terlapiskan hymen. Jadi selaput dara akan dilukai dulu, kemudian dijahit kembali. Penyatuan kembali lapisan mukosa selaput dara itu dilakukan oleh benang yang tipis yang bersifat terserap oleh tubuh. Kadang dibutuhkan pemindahan jaringan dari vagina bagian luar untuk membuat lagi selaput dara tersebut.

Prosedur mengembalikan selaput dara robek ini hanya menyambung kembali hymen yang robek, sehingga seharusnya tidak mengganggu fungsi dari organ tersebut. Namun, sebagai bentuk tindakan yang invasif, prosedur hymenoplasty tetap memiliki risiko komplikasi, seperti nyeri, berdarah, bekas luka, dan infeksi. Operasi selaput dara robek ini merupakan operasi kecil, yang dapat dilakukan dengan pembiusan lokal, dan hanya sekitar 25-45 menit tanpa rawat inap. Sedangkan waktu pemulihan setelah operasi adalah sekitar 4-5 minggu.

Namun pada budaya-budaya yang mengedepankan pentingnya keperawanan, dimana keperawanan diartikan sebagai keadaan dimana hymen masih utuh, prosedur ini merupakan prosedur yang kontroversial.

Alloplant

Tindakan untuk merapatkan selaput dara robek yang satu ini dilakukan bila lapisan Hymen sudah tidak bisa lagi diperbaiki, karena kerusakan yang terjadi sangat parah atau bahkan telah hilang sama sekali karena itu dilakukan pemasangan selaput dara buatan. Sebuah sayatan berbahan biometri akan dimasukan dan akan menjadi selaput dara kembali.

Implan selaput dara ini juga termasuk prosedur sederhana, dilakukan dengan cara pembiusan lokal. Karena itu untuk menentukan tindakan operasi mana yang akan dilakukan, dokter akan mengadakan pemeriksaan kondisi pasien terlebih dahulu untuk mengetahui kerusakan yang terjadi. Setelah dilakukan pemeriksaan dilanjutkan dengan pemeriksaan pembekuan darah dan kondisi fisik selama dua minggu sebelum dilakukan operasi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Alloplant http://www.biomedixllc.com/alloplant.html Diakses pada 1 Februari 2017

Hymen Repair http://www.wellnesskliniek.com/en/genital-surgery/hymen-repair Diakses pada 1 Februari 2017

Can I Become a Virgin Again? https://www.mentalhelp.net/advice/can-i-become-a-virgin-again/ Diakses pada 1 Februari 2017

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3452628/pdf/12262_2009_Article_57.pdf

https://www.webmd.com/women/guide/vaginoplasty-and-labiaplasty-procedures

Bhave S. Adolescent health. India: Byword Books Private Limited; 2011.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Novita Joseph
Tanggal diperbarui 23/02/2017
x