Dua Cara Merapatkan Kembali Selaput Dara yang Robek

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Konsep keperawanan perempuan masih memiliki sejarah yang rumit. Keperawanan dalam budaya Indonesia sendiri masih diibaratkan dengan keutuhan selaput dara wanita, sehingga banyak orang mengira saat melakukan seks pertama kali, vagina wajib mengeluarkan darah. Padahal, tidak semua wanita mempunyai selaput dara yang utuh, baik bawaan lahir maupun akibat suatu insiden. Jika selaput dara robek, adakah cara untuk memperbaikinya? Yuk simak penjelasan mengenai selaput dara di bawah ini.

Apa itu selaput dara itu?

Selaput dara atau hymen adalah jaringan kulit sangat tipis yang melapisi pintu terbukanya vagina. Banyak anggapan yang menyatakan bahwa selaput ini merentang menutupi keseluruhan vagina. Nyatanya, bentuk, tekstur, dan ketebalan selaput dara tiap wanita berbeda-beda.

Selaput dara juga berfungsi untuk memungkinkan darah menstruasi dan cairan tubuh lainnya mengalir keluar melalui liang vagina. Selain itu fungsi hymen atau lapisan mukosa yang mengelilingi atau menutupi sebagian dari muara vagina. Lapisan tersebut, seperti halnya mukosa vagina, juga mempunyai pembuluh darah dan pembuluh saraf. Oleh sebab itu, ketika selaput dara robek seringkali diikuti dengan perdarahan dan rasa nyeri.

Tindakan apa saja yang bisa merapatkan selaput dara robek?

Hymenoplasty

Hymenoplasty atau operasi rekonstruksi selaput dara adalah sebuah prosedur untuk kembali merekatkan selaput dara yang terdapat pada bibir vagina menggunakan jahitan. Jahitan yang diterapkan adalah jenis jahitan yang larut atau dissolvable, sehingga secara kasat mata tidak akan terlihat dan tidak perlu dilepas pasca operasi. 

Hymen yang tersisa akan diikat bersama untuk menutupi kerusakan yang terjadi pada selaput dara robek. Kemudian jaringan hymen akan terangkat, sehingga vagina akan kembali terlapiskan hymen. Jadi selaput dara akan dilukai dulu, kemudian dijahit kembali. Penyatuan kembali lapisan mukosa selaput dara itu dilakukan oleh benang yang tipis yang bersifat terserap oleh tubuh. Kadang dibutuhkan pemindahan jaringan dari vagina bagian luar untuk membuat lagi selaput dara tersebut.

Prosedur mengembalikan selaput dara robek ini hanya menyambung kembali hymen yang robek, sehingga seharusnya tidak mengganggu fungsi dari organ tersebut. Namun, sebagai bentuk tindakan yang invasif, prosedur hymenoplasty tetap memiliki risiko komplikasi, seperti nyeri, berdarah, bekas luka, dan infeksi. Operasi selaput dara robek ini merupakan operasi kecil, yang dapat dilakukan dengan pembiusan lokal, dan hanya sekitar 25-45 menit tanpa rawat inap. Sedangkan waktu pemulihan setelah operasi adalah sekitar 4-5 minggu.

Namun pada budaya-budaya yang mengedepankan pentingnya keperawanan, dimana keperawanan diartikan sebagai keadaan dimana hymen masih utuh, prosedur ini merupakan prosedur yang kontroversial.

Alloplant

Tindakan untuk merapatkan selaput dara robek yang satu ini dilakukan bila lapisan Hymen sudah tidak bisa lagi diperbaiki, karena kerusakan yang terjadi sangat parah atau bahkan telah hilang sama sekali karena itu dilakukan pemasangan selaput dara buatan. Sebuah sayatan berbahan biometri akan dimasukan dan akan menjadi selaput dara kembali.

Implan selaput dara ini juga termasuk prosedur sederhana, dilakukan dengan cara pembiusan lokal. Karena itu untuk menentukan tindakan operasi mana yang akan dilakukan, dokter akan mengadakan pemeriksaan kondisi pasien terlebih dahulu untuk mengetahui kerusakan yang terjadi. Setelah dilakukan pemeriksaan dilanjutkan dengan pemeriksaan pembekuan darah dan kondisi fisik selama dua minggu sebelum dilakukan operasi.

 

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Hal yang Harus Langsung Dilakukan Wanita Setelah Seks

Tiap wanita mungkin punya kebiasaan yang berbeda. Namun, ada empat hal yang wajib wanita lakukan setelah seks, demi kesehatannya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan Seksual, Tips Seks 14 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda memiliki bintik atau bercak putih di puting susu atau sekitarnya? Tak usah khawatir, kenali penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Payudara Terasa Sakit, Apa Penyebabnya Selalu Kanker?

Penyebab payudara sakit kerap dikaitkan dengan kanker. Namun, apakah anggapan itu benar? Bagaimana penjelasan lengkapnya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kanker Payudara, Kanker 14 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
sakit kepala setelah keramas

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
brazilian blowout

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit