Bolehkah Menghilangkan Rambut yang Tumbuh di Payudara?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 November 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Bagi beberapa wanita, munculnya bulu halus di sekitar payudara tidak jarang membuat mereka panik karena khawatir kondisi ini terkait masalah kesehatan tertentu. Akan tetapi, tumbuh rambut di payudara merupakan kondisi yang cukup normal. 

Namun, jika Anda ingin menghilangkan bulu halus tersebut untuk menjaga penampilan, ada beberapa cara yang bisa dipilih. Simak ulasan di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya. 

Cara menghilangkan rambut yang tumbuh di payudara

Sebenarnya, rambut yang tumbuh di payudara terjadi karena berbagai sebab, mulai dari perubahan hormon, hamil, hingga sedang menderita penyakit tertentu, seperti PCOS. 

Namun, menghilangkan bulu halus di area tersebut ternyata tidak begitu diperlukan karena alasan kesehatan. Walaupun demikian, ada beberapa pilihan alternatif yang cukup Anda untuk mengatasi masalah ini. 

1. Trimming

kanker payudara stadium 2

Salah satu cara untuk menghilangkan rambut yang tumbuh di payudara adalah dengan trimming. Trimming merupakan proses memotong rambut, namun hanya bagian ujung rambut yang digunting. 

Anda bisa menggunakan gunting berukuran kecil, sehingga rambut dapat dipotong hingga dekat dengan kulit. Selain itu, selalu berhati-hati ketika melakukannya untuk mengurangi risiko ujung gunting menggores kulit Anda. 

Menurut American Academy of Dermatology, setelah proses pemotongan selesai, gunakan pelembap agar kulit tidak kering. Namun, pilihlah pelembap yang tidak mengandung pewangi apapun untuk mencegah munculnya jerawat di dekat payudara Anda. 

Trimming termasuk proses menghilangkan rambut yang cukup mudah dan cepat, tetapi perlu dilakukan secara rutin agar rambut tidak terlihat panjang. 

2. Mencabuti bulu payudara

mencabut bulu hidung berbahaya

Selain trimming, Anda juga bisa mencabuti rambut yang tumbuh di sekitar payudara untuk menjaga penampilan tubuh.

Walaupun metode ini terbilang cukup mudah, mencabut bulu adalah cara yang dapat menimbulkan rasa sakit. Maka itu, Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memulai cara ini agar bulu halus di sekitar payudara hilang. 

Misalnya, areola, yaitu daerah yang berwarna gelap di sekitar puting susu, dan kulit di dekat payudara termasuk sensitif. Akibatnya, kemungkinan besar ketika bulu halus di daerah tersebut dicabut, mungkin akan menimbulkan ketidaknyamanan. 

Supaya rasa sakit tersebut berkurang, Anda bisa mencabut bulu tersebut sesaat setelah mandi. Hal ini dikarenakan air hangat biasanya dapat membantu membuka pori-pori, sehingga memudahkan Anda untuk mencabut bulu tersebut. 

Namun, perlu diingat bahwa metode ini tidak benar-benar menghilangkan bulu tersebut, alias akan tumbuh kembali. Bahkan, mencabut bulu, terutama di sekitar payudara Anda dapat membuat kulit kemerahan dan meningkatkan risiko infeksi. 

3. Bercukur

gatal sehabis mencukur

Jika mencabut bulu bukan metode pilihan Anda, mungkin bercukur dapat menjadi cara menghilangkan rambut yang tumbuh di payudara.

Namun, Anda perlu berhati-hati melakukannya karena cara ini memiliki risiko yang cukup tinggi untuk menggores kulit di sekitar payudara. 

Oleh karena itu, Anda bisa memulai dengan memilih pisau cukur yang tajam agar tidak perlu melakukannya berulang kali. Selain itu, sama seperti mencabut bulu, bercukur pun perlu dilakukan secara rutin karena tidak menghilangkan bulu halus secara permanen. 

4. Waxing

tips pertama kali waxing

Waxing mungkin lebih sering digunakan untuk menghilangkan rambut di ketiak dan kaki, tetapi ternyata juga bisa dipakai untuk rambut yang tumbuh di payudara Anda. 

Namun, sangat disarankan untuk tidak melakukannya sendiri di rumah. Waxing yang aman bisa dilakukan di salon dengan pegawai yang sudah ahli.
Dengan begitu, Anda dapat meminimalisir kesalahan yang terjadi jika dilakukan sendirian. Walaupun termasuk cara yang aman, waxing juga dapat menimbulkan risiko infeksi dan bulu halus ini tidak hilang secara permanen. 

5. Menggunakan laser

menghilangkan bulu

Jika Anda benar-benar ingin menghilangkan rambut yang tumbuh di sekitar payudara, mungkin pilihan yang tepat adalah laser atau elektrolisis. 

Penggunaan laser atau elektrolisis memang tidak murah, tetapi setidaknya Anda tidak perlu rutin mencabut atau mencukur bulu halus tersebut. 

Walaupun demikian, metode ini masih menimbulkan sakit dan rasa tidak nyaman yang sama dengan cara lainnya. 

6. Terapi hormon

Pil KB Ternyata Bisa Membuat Kulit Cantik Bebas Jerawat

Salah satu penyebab mengapa tumbuh rambut di sekitar payudara dapat terjadi adalah perubahan hormon. Perubahan hormon testoteron ini biasanya terjadi ketika wanita masuk usia remaja.

Anda tidak perlu khawatir karena kondisi tersebut akan mereda seiring dengan berjalannya waktu. Akan tetapi, jika Anda merasa rambut tersebut mengganggu penampilan, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui cara menyeimbangkan produksi hormon di tubuh Anda. 

Misalnya, pil KB termasuk metode terapi hormon yang sering direkomendasikan oleh para dokter karena mengandung hormon estrogen dan progesteron. 

Menghilangkan rambut yang tumbuh di payudara mungkin memerlukan konsultasi dokter sebelum melakukannya. Hal ini bertujuan agar Anda tahu apa saja risiko yang dapat terjadi jika melakukan beberapa metode di atas.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sampai Berapa Lama Hasil Laser Hair Removal Bisa Bertahan?

Usut punya usut, perawatan laser hair removal diklaim lebih tahan lama dibanding perawatan penghilang bulu lainnya, lho. Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

2 Cara Mudah Hilangkan Kumis dan Jenggot, Sekali untuk Selamanya

Ada pria yang enggan memiliki brewok agar awet muda. Lantas, apakah ada cara menghilangkan kumis dan jenggot secara permanen? Bagaimana caranya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Payudara Terasa Sakit, Apa Penyebabnya Selalu Kanker?

Penyebab payudara sakit kerap dikaitkan dengan kanker. Namun, apakah anggapan itu benar? Bagaimana penjelasan lengkapnya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kanker Payudara, Kanker 14 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

10 Masalah Ibu Menyusui Beserta Cara Mengatasinya yang Tepat

Menyusui seharusnya menjadi sesi membahagiakan untuk ibu dan bayinya. Namun sayang, masalah ibu menyusui ini bisa saja mengincar. Bagaimana mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Bayi, Parenting, Menyusui 7 Oktober 2020 . Waktu baca 16 menit



Direkomendasikan untuk Anda

cara menghilangkan bulu

Ragam Cara Menghilangkan Bulu Tangan dan Kaki yang Paling Umum

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
perawatan setelah waxing

9 Perawatan Penting Setelah Waxing untuk Mencegah Iritasi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
waxing bulu: hot wax atau cold wax

Hot Wax atau Cold Wax: Lebih Efektif Mana untuk Menghilangkan Bulu?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Brigitta Maharani
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
cara bercukur yang benar

Dari Ketiak Hingga Rambut Kemaluan, Ini Cara Bercukur yang Benar

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 22 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit