backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Berbagai Keuntungan dan Kerugian Memiliki Payudara Kecil

Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita · General Practitioner · None


Ditulis oleh Indah Fitrah Yani · Tanggal diperbarui 07/09/2023

    Berbagai Keuntungan dan Kerugian Memiliki Payudara Kecil

    Payudara kecil mungkin dianggap kurang seksi bagi sebagian wanita. Akibatnya Anda mungkin menjadi kurang percaya diri. Namun, jangan berkecil hati dulu ya, di samping memiliki kekurangan, buah dada yang kecil juga menawarkan berbagai keuntungan lho. Yuk cari tahu di sini.

    Beberapa keuntungan punya payudara kecil

    tumbuh rambut di payudara

    Wanita dengan ukuran buah dada yang sedang atau kecil harusnya lebih bersyukur. Meskipun penampilan dada tidak seperti para model yang sensual, Anda bisa mendapatkan sejumlah keuntungan berikut ini.

    1. Tetap terlihat awet muda

    Buah dada yang besar memang bisa jadi daya tarik sendiri. Akan tetapi, saat memasuki usia yang lebih dewasa, payudara kecil akan membuat Anda tetap terlihat segar dan awet muda.

    Hal ini karena buah dada yang kecil identik dengan anak muda atau bahkan remaja. Jadi meskipun sudah memiliki banyak anak, Anda akan tetap terlihat seperti remaja yang energik.

    2. Lebih mudah menjaga postur tubuh yang baik

    Wanita yang memiliki buah dada yang besar umumnya mengeluhkan masalah pada punggung. Ini karena tubuh harus menopang beban sepanjang hari.

    Akibatnya, postur tubuh berubah jadi bungkuk serta menyebabkan nyeri pada punggung atau pundak.

    Sementara itu, jika payudara kecil, dada, bahu dan punggung tak perlu menopang beban yang terlalu berat. Hal ini membuat Anda dapat dengan mudah menjaga postur tubuh yang baik dan tegap.

    3. Lebih mudah mendeteksi kanker

    Salah satu cara untuk mengenali gejala kanker payudara adalah dengan melakukan SADARI atau pemeriksaan payudara sendiri. Lewat SADARI, Anda dapat mengecek apakah ada benjolan tidak wajar. 

    Punya payudara kecil akan memudahkan pemeriksaan ini karena sel-sel lemak yang sedikit. Sehingga jika terdapat benjolan, Anda akan lebih mudah merasakan dan mengenalinya. 

    Bila buah dada cukup besar, mungkin Anda akan kesulitan merasakan adanya benjolan yang tersembunyi di balik lemak.

    4. Lebih efektif saat diperiksa dengan mammografi

    Selain SADARI, deteksi dini kanker juga dapat dilakukan melalui prosedur medis, seperti mammografi. Tindakan ini akan lebih efektif dilakukan pada payudara yang kecil.

    Melansir The American College of Radiology, dokter lebih mudah mendeteksi jika terdapat jaringan yang berbahaya pada payudara kecil. Ini karena gambarnya dapat terlihat jelas karena tidak tertutupi oleh lemak.

    5. Lebih menjamin kenikmatan seksual

    Tak seperti dugaan orang banyak, payudara kecil justru lebih mampu mendatangkan kepuasan ketika bercinta bersama pasangan. 

    Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Plastic, Reconstructive & Aesthetic Surgery (JPRAS), dari 150 wanita yang diteliti, mereka yang memiliki payudara kecil memiliki puting yang lebih sensitif terhadap rangsangan.

    Oleh karena itu, kegiatan pemanasan (foreplay) pada area puting akan lebih menyenangkan dan dapat meningkatkan gairah seks.

    6. Tidak mengurangi produksi ASI

    Banyak orang yang mengira bahwa ukuran buah dada mempengaruhi banyaknya ASI yang dapat diproduksi. Padahal hal ini hanyalah mitos belaka.

    Mengutip Women’s Health, ukuran buah dada tidaklah berpengaruh pada jumlah air susu ibu. Ini karena ASI dihasilkan dari kelenjar susu bukan dari lemak yang ada pada payudara.

    Kekurangan memiliki payudara kecil

    makanan untuk mengencangkan payudara

    Meskipun memiliki sejumlah keuntungan, tidak bisa dipungkiri bahwa buah dada yang kecil juga memiliki kekurangan antara lain sebagai berikut.

    1. Pria kurang tertarik pada payudara kecil

    Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa para pria biasanya lebih tertarik pada wanita yang memiliki buah dada yang besar.

    Hal ini pun dibuktikan melalui berbagai penelitian psikologis, seperti yang dilakukan oleh Viren Swami dari University of Westminster, Inggris, terhadap 266 pria dari berbagai status ekonomi dan sosial.

    Hasilnya menunjukkan bahwa pria lebih tertarik secara seksual terhadap wanita yang memiliki bentuk tubuh yang indah dan payudara yang besar.

    2. Payudara kecil tak membesar meskipun berat badan bertambah

    Cara memperbesar buah dada cenderung sulit. Jika berat badan Anda bertambah, tidak otomatis menambah besar payudara. 

    Saat berat badan naik, pinggul, lengan, atau bokong mungkin akan membesar. Namun, buah dada akan tetap kecil.

    Oleh karena itu, dibutuhkan upaya khusus untuk memperbesar ukurannya, seperti yoga, pijat, meminum obat-obatan tertentu atau bahkan operasi.

    3. Tetap berisiko kendur

    Salah satu mitos tentang payudara kendur menyatakan bahwa kendur hanya dapat terjadi jika ukuran payudara besar. Padahal, ukuran yang kecil pun ternyata belum tentu luput dari masalah yang satu ini.

    Perlu Anda pahami bahwa penyebab kekenduran payudara bukan berdasarkan ukuran melainkan berdasarkan kepadatannya.

    Payudara terdiri dari jaringan lemak dan otot. Meskipun Anda memiliki buah dada yang kecil tapi jika jaringan lemaknya banyak, akan tetap berisiko kendur.

    4. Membuat kurang percaya diri

    Payudara kecil dapat membuat seseorang tidak puas terhadap penampilan fisik yang dimiliki. Ini karena bentuk tubuh yang dianggap kurang indah.

    Oleh karena itu, banyak wanita dengan payudara kecil merasa tidak percaya diri saat menggunakan baju dengan belahan dada yang rendah.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Damar Upahita

    General Practitioner · None


    Ditulis oleh Indah Fitrah Yani · Tanggal diperbarui 07/09/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan