Mengulik Cara Kerja Norethisterone, Obat Generik Penunda Menstruasi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 September 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Menunda haid dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat penunda haid, seperti norethisterone. Obat tersebut berisi hormon progesteron buatan yang dapat digunakan untuk mengatasi nyeri haid, perdarahan berlebihan saat haid, menunda haid, dan mencegah kehamilan atau pembuahan. Penggunaan norethisterone sebagai penunda haid biasa diberikan dokter untuk keperluan akan operasi, travelling, ibadah haji dan umroh, serta olahraga tertentu. Jika Anda membutuhkan obat penunda haid, ketahuilah beberapa hal di bawah ini sebelum mengonsumsinya.

Seperti apa dosis dan aturan pakai minum obat penunda haid?

Jika Anda ingin menunda haid, mulai minum obat ini sekitar tiga atau empat hari sebelum tanggal haid Anda biasanya dan terus lanjutnya dosisnya sampai Anda ingin mengembalikan haid Anda. Namun, sebelum mengonsumsi obat ini, sebaiknya Anda konsultasi dengan dokter. Dokter akan menetukan dosis yang tepat untuk Anda.

Bagaimana cara kerja obat untuk menunda haid?

Berbagai jenis obat penunda haid tersedia di pasaran. Umumnya obat kontrasepsi yang mengandung progesteron yang biasa digunakan untuk menunda haid karena efektif dan aman dikonsumsi dibandingkan dengan obat lainnya. 

Hormon estrogen diproduksi pada setengah siklus pertama haid, merangsang pertumbuhan lapisan rahim. Hormon progesteron diproduksi selama setengah siklus kedua untuk membantu pertumbuhan lapisan rahim. Ketika progesteron menurun, barulah lapisan dinding rahim rontok dan menyebabkan haid.

Jika Anda mengonsumsi obat penunda haid yang mengandung hormon progesteron, progesteron buatan ini tidak membiarkan lapisan rahim berdarah sehingga menunda siklus haid.

Bisakah haid lagi setelah berhenti minum obat?

Dalam beberapa kasus, haid langsung bisa kembali seperti siklus biasanya segera setelah Anda berhenti meminum obat ini. Dalam kasus lainnya, dibutuhkan waktu 10-15 hari untuk haid bisa kembali. Hal ini berbeda untuk setiap orang. Namun, jika Anda tidak kunjung menstruasi bahkan setelah 15 hari tidak minum obat, konsultasikan dengan dokter segera untuk mengetahui penyebab pastinya.

Apakah obat penunda haid aman untuk semua wanita?

Jika dokter Anda mengatakan tidak apa-apa dan jika sikonnya membutuhkan untuk seperti itu, Anda dapat menggunakan obat tersebut untuk menunda masa haid Anda. Namun tidak semua dokter berpikir menunda haid itu baik.

Mungkin satu kali menggunakan obat untuk menunda mentsruasi akan baik-baik saja. Tapi sebaiknya Anda tidak terbiasa menggunakn obat ini cukup sering, karena obat ini dapat menekan siklus hormon alami tubuh. Jika tujuan Anda menggunakan obat ini sudah selesai, maka sebaiknya pemakaian obat ini dihentikan. Konsultasikan juga kepada dokter Anda, apa maksud dan tujuan Anda menggunakan obat ini.

Apakah obat ini memiliki efek samping?

Sebagai obat penunda haid yang mengandung progesteron, efek samping dari obat ini sama dengan yang disebabkan jika kelebihan progesteron. Misalnya perasaan kenyang, perkembangan jerawat dan perubahan suasana hati karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

Selalu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum minum obat penunda haid ini. Setidaknya konsultasi dengan dokter, seminggu atau 10 hari sebelum haid Anda. Tanyakan juga efek kesehatannya dan kapan harus berhenti mengkonsumsinya untuk menghindari komplikasi. Apabila Anda tidak memiliki alasan kuat untuk menunda haid, sebaiknya Anda tidak perlu mengonsumsi obat tersebut.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Tanda Anda Sebentar Lagi Mau Haid

Tidak semua perempuan mengalami nyeri haid dan gejala PMS setiap bulan. Maka, kenali tanda-tanda menstruasi Anda sebentar lagi mau datang.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan Wanita, Menstruasi 29 November 2020 . Waktu baca 3 menit

Apa Benar Wanita Tidak Boleh Makan Timun Saat Sedang Haid?

Apakah Anda sering mendengar mitos tentang tidak boleh makan timun saat haid? Memang apa efek yang mungkin terjadi? Simak penjelasan ilmiahnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Wanita, Menstruasi 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit

4 Cara Alami Atasi Haid Tidak Lancar

Banyak perempuan mengalami siklus haid tidak lancar, bahkan berhenti sementara meski tidak hamil. Anda bisa mencoba 4 obat alami ini untuk mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Wanita, Menstruasi 5 November 2020 . Waktu baca 3 menit

Ada Bercak Darah Saat Tidak Sedang Haid? Ini Penyebabnya

Para perempuan tentu akan panik saat melihat adanya bercak darah padahal ia tidak sedang haid. Berikut arti dari bercak darah saat tidak sedang haid ini.

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Kesehatan Wanita, Menstruasi 14 Juli 2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat pelancar haid

6 Obat Pelancar Haid untuk Anda yang Sering Telat Datang Bulan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
setelah kuret

Setelah Kuret, Kapan Bisa Menstruasi Lagi Seperti Biasa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 11 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
penyakit dismenore

Dismenore

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 8 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit
makanan saat haid

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Haid

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 16 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit