home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

3 Cara Ampuh dan Aman utnuk Menunda Haid

3 Cara Ampuh dan Aman utnuk Menunda Haid

Sebagian besar wanita mengalami menstruasi atau haid setiap bulannya. Dalam kondisi tertentu, ada kalanya Anda mungkin ingin menunda haid karena alasan khusus, misal merencanakan jalan-jalan atau lainnya. Tentunya, hal ini tak boleh dilakukan sembarangan karena bisa memengaruhi kesehatan Anda nantinya. Berikut adalah beberapa cara menunda haid yang aman dan minim risiko.

Berbagai cara menunda haid yang minim risiko

cara menunda haid

Menstruasi adalah luruhnya lapisan rahim wanita yang menebal karena tidak dibuahi. Darah akan mengalir dari leher rahim dan keluar melalui vagina.

Apabila siklus menstruasi setiap bulannya normal, paling tidak Anda sudah mengetahui kapan kira-kira darah akan keluar.

Ada kalanya, jadwal menstruasi bertepatan pada acara penting atau kondisi tertentu sehingga bisa mengganggu aktivitas.

Terlebih jika Anda kerap mengalami menstruasi berlebihan, yaitu saat Anda mengalami perdarahan yang cukup deras atau tidak biasa.

Maka dari itu, sebagian wanita mencari cara untuk menunda atau mencegah mentruasi sementara.

Mengutip dari Seattle Children’s Hospital, dalam dunia medis terdapat perawatan yang disebut sebagai penekanan mestruasi.

Ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat menstruasi menjadi lebih ringan. Bahkan, dalam kasus tertentu juga bisa menghentikan perdarahan.

Berikut adalah cara menunda haid yang ampuh, baik dengan pengobatan medis serta alami yang bisa Anda jadikan alternatif.

1. Minum obat

cara menunda haid

Cara pertama menunda haid yang biasanya akan dokter rekomendasikan adalah mengonsumsi obat norethisterone. Biasanya, obat ini akan diberikan pada wanita yang belum pernah menggunakan alat kontrasepsi.

Perlu Anda ketahui bahwa obat norethisterone berisi hormon progesteron buatan untuk membantu mengatasi nyeri haid, perdarahan berlebihan, menunda haid, dan mencegah kehamilan.

Obat untuk menunda haid ini hanya bisa Anda beli dengan menggunakan resep dokter.

Maka dari itu, jika Anda berencana melakukan perjalanan panjang sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat.

Dosis yang akan diberikan biasanya sebagai berikut.

  • Konsumsi tablet sebanyak 3 kali dalam sehari,
  • Mulai mengonsumsi 3 – 4 hari sebelum siklus menstruasi.

Umumnya haid akan kembali seperti semula begitu Anda berhenti minum obat. Sementara pada kasus-kasus lainnya mungkin butuh waktu sekitar 10-15 hari sampai haid datang lagi.

Pada dasarnya, kondisi kesehatan setiap wanita berbeda-beda. Namun, jika Anda tidak kunjung menstruasi bahkan setelah 15 hari selesai minum obat, segera konsultasi ke dokter.

Perlu pula Anda perhatikan bahwa cara menunda haid yang satu ini tidak disarankan untuk wanita yang memiliki gangguan pembekuan darah.

2. Menggunakan alat kontrasepsi

cara menunda haid

Lalu, Anda juga bisa mencoba cara menunda haid dengan memanfaatkan alat kontrasepsi. Tentunya, pemilihan alat akan menyesuaikan dengan kondisi kesehatan, preferensi, serta saran dokter.

Berikut adalah jenis alat kontrasepsi sebagai cara mencegah atau menunda menstruasi sementara.

Pil KB

Jika sebelumnya Anda sudah rutin mengonsumsi pil KB, biasanya dokter akan memperbolehkan untuk melakukan cara menunda haid yang satu ini.

Biasanya Anda cukup mengonsumsi pil aktif saja, tidak perlu minum pil kosong. Meminumnya selama beberapa hari bantu mencegah keluarnya darah haid.

Setelah berhenti minum pil aktif, ada kemungkinan Anda akan mengalami flek cokelat serta menstruasi normal. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui mana pil aktif dan kosong agar tidak salah konsumsi.

Kontrasepsi spiral (IUD)

Intrauterine device atau spiral adalah kontrasepsi yang memiliki bentuk seperti huruf T. Tak hanya untuk mencegah kehamilan, KB spiral juga bisa digunakan sebagai cara menunda haid.

Hormon progesteron yang terdapat dalam IUD cara kerjanya adalah dengan mengurangi frekuensi serta durasi menstruasi.

Vaginal ring

Tak jauh berbeda dengan pil KB, Anda juga bisa menggunakan vaginal ring (cincin vagina) sebagai cara menunda menstruasi atau haid.

Cincin vagina akan bekerja dengan melepaskan hormon estrogen dan progesteron ke dalam aliran darah. Gunakan selama 3 minggu dari sebelum datangnya menstruasi.

Berbeda dengan spiral, Anda bisa menggunakannya sendiri di rumah. Namun, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Suntikan DMPA

Depot medroxyprogesterone acetate (DMPA) adalah jenis hormon progestin. Anda bisa menggunakan suntikan sebagai cara mencegah atau menunda menstruasi.

Biasanya, penggunaan jangka panjang suntikan ini adalah setiap 90 hari. Semakin lama Anda mendapatkan suntikan, maka akan semakin besar kemungkinan menstruasi berhenti.

3. Mengonsumsi makanan penunda haid

cara menunda haid

Selain dengan obat medis, ada pula cara alami menunda haid yaitu dengan makanan. Namun, yang perlu diketahui bahwa mengonsumsi makanan penunda haid belum teruji efektif dan butuh penelitian lebih lanjut.

Kacang lentil

Lentil ada jenis kacang-kacangan yang mempunyai kandungan utama seperti vitamin B, magnesium, zinc, hingga kalium.

Kaya akan serat, membuat lentil juga dapat menjaga kesehatan pencernaan. Tak hanya itu saja, mengonsumsi lentil juga dipercaya dapat menjadi cara alami menunda haid.

Cuka apel

Ini merupakan bahan alami yang seringkali digunakan untuk menurunkan berat badan serta mengatasi jerawat.

Ada yang mengatakan bahwa cara alami menunda haid lainnya adalah dengan memanfaatkan cuka apel. Namun, kondisi ini hanya berlaku pada wanita dengan kondisi PCOS.

Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa cuka apel efektif sebagai obat penuda haid alami. Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai cara alami menunda menstruasi dengan makanan yang satu ini.

Apakah menunda haid aman untuk ke depannya?

Saat dokter masih mengizinkan Anda untuk melakukan salah satu cara menunda atau mencegah menstruasi sementara, maka ini adalah hal yang aman.

Walaupun sebenernya,menunda haid adalah hal yang tergolong kontroversial karena tidak semua dokter mendukungnya.

Intinya, jangan asal minum obat-obatan hormon tanpa pengawasan dokter sebagai cara menunda menstruasi. Apabila tidak berhati-hati, ini akan memengaruhi kondisi kesehatan Anda, terutama masalah kesuburan.

Penting pula untuk dipahami bahwa tak semua wanita pasti berhasil menunda haid walaupun sudah mengandalkan pil atau suntik hormon.

Masih ada kemungkinan bagi Anda untuk mengalami haid. Kalau pun Anda tak mengalami haid, terkadang bercak darah juga bisa saja muncul.

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Normal Menstruation (Monthly Period): Menstrual Cycle & Symptoms. (2021). Retrieved 5 May 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/10132-normal-menstruation

Menstrual Suppression for Adolescents. (2021). Retrieved 5 May 2021, from https://www.seattlechildrens.org/globalassets/documents/for-patients-and-families/pfe/pe2675.pdf

Birth control: How to skip your monthly period. (2021). Retrieved 5 May 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/birth-control/in-depth/womens-health/art-20044044

How can I delay my period?. (2018). Retrieved 5 May 2021, from https://www.nhs.uk/common-health-questions/travel-health/how-can-i-delay-my-period/

Vaginal ring. (2017). Retrieved 5 May 2021, from https://www.nhs.uk/conditions/contraception/vaginal-ring/

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Atifa Adlina pada 4 minggu lalu
x