3 Cara Ampuh Menunda Datang Bulan, yang Aman dan Minim Risiko

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Sudah punya rencana matang dari jauh-jauh hari, tentu menjengkelkan, ‘kan, kalau Anda tiba-tiba datang bulan di hari-H? Tenang dulu. Ada berbagai cara menunda haid yang aman agar Anda bisa tetap menikmati liburan, perjalanan ibadah, atau perjalanan bisnis tanpa khawatir “bocor”. Asalkan tetap konsultasi ke dokter dulu, ya, sebelum hari keberangkatan!

Berbagai cara menunda haid yang minim risiko

1. Minum pil KB kombinasi

pil kb kombinasi

Cara menunda haid satu ini dilakukan apabila sebelumnya Anda memang sudah rutin minum pil KB kombinasi. Cukup minum pil yang aktif saja, sementara pil kosongnya (plasebo) tidak usah diminum.

Jika Anda terus minum pil yang aktif dalam kurun waktu beberapa hari, maka siklus haid Anda akan terhenti. Haid Anda akan lanjut kembali seperti biasa jika Anda berhenti minum pil aktif.

Agar Anda tahu pasti mana pil yang asli dan yang kosong, konsultasi dulu ke dokter atau apoteker. Beri tahu kepada mereka bahwa Anda akan melakukan perjalanan panjang sehingga perlu menunda menstruasi sementara.

Yang perlu diketahui, umumnya setelah berhenti minum pil aktif Anda akan mengalami flek darah dan ini normal. Meski demikian, beberapa wanita mungkin justru mengeluarkan darah yang terlalu banyak. Jika sudah begini, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Dokter mungkin akan mengganti resep pil KB Anda dengan jenis pil lain.

2. Minum obat norethisterone

tidak boleh minum pil kb

Pil norethisterone biasanya dijadikan cara menunda haid oleh wanita yang tidak minum pil KB. Obat norethisterone berisi hormon progesteron buatan yang dapat digunakan untuk mengatasi nyeri haid, perdarahan berlebihan saat haid, menunda haid, dan mencegah kehamilan.

Obat penunda haid ini hanya bisa ditebus pakai resep, maka jika Anda berencana melakukan perjalanan panjang sebaiknya konsultasi dulu ke dokter dari jauh-jauh hari untuk mendapatkan dosis yang tepat.

Mulailah minum obat ini sekitar 3-4 hari sebelum jadwal haid Anda biasanya. Teruskan minum obat sesuai petunjuk dosis dan frekuensinya yang telah diberikan dokter sampai Anda ingin kembali haid lagi.

Umumnya haid Anda akan kembali seperti semula begitu Anda berhenti minum obat. Sementara pada kasus-kasus lainnya mungkin butuh waktu sekitar 10-15 hari sampai haid datang lagi. Pada dasarnya setiap wanita berbeda-beda. Namun jika Anda tidak kunjung menstruasi bahkan setelah 15 hari selesai minum obat, segera konsultasi ke dokter.

Penting untuk diperhatikan bahwa obat ini tidak disarankan untuk wanita yang memiliki gangguan pembekuan darah.

3. Cara lainnya

risiko hamil pakai IUD

Minum pil KB bukan satu-satunya cara menunda haid. Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menunda haid adalah pakai IUD progesteronsuntik progestin, dan pakai cincin vagina (NuvaRing).

Berkonsultasilah ke dokter untuk menentukan pilihan mana yang terbaik sesuai dengan kondisi serta gaya hidup Anda.

Sebelum mennda haid, perhatikan ini dulu!

hamil setelah lepas kb

Jangan asal minum obat-obatan yang mengandung hormon hanya untuk menunda haid. Jika Anda tetap melakukannya, bukan tidak mungkin siklus menstruasi Anda justru jadi kacau dan bahkan bisa berimbas pada kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh.

Meski beberapa pil KB mungkin bisa dibeli dengan mudah di apotek atau toko obat terdekat, ada baiknya Anda tetap berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan. Dokter akan meresepkan jenis dan dosis obat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tak hanya itu, penting untuk dipahami bahwa tak semua wanita pasti berhasil menunda haid dengan cara-cara yang sudah disebutkan di atas. Sebab obat-obatan yang mengandung hormon mungkin saja tidak bekerja secara optimal,sehingga masih ada kemungkinan bagi Anda untuk haid. Kalau pun Anda tak mengalami haid, terkadang bercak (perdarahan ringan) juga bisa saja terjadi.

Jika alasan Anda menunda haid untuk pergi berlibur, beribadah, atau melakukan perjalanan jauh lainnya, ada baiknya tetap mempersiapkan pembalut atau tampon. Jadi, jika sewaktu-waktu Anda haid, Anda tak perlu lagi panik.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berapa Lama Masa Pakai Menstrual Cup?

Menggunakan menstrual cup lebih hemat biaya dan ramah lingkungan. Namun, sebenarnya berapa lama masa pakai menstrual cup yang ideal?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Perawatan Kewanitaan, Hidup Sehat 25/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Jangan Sembarangan, Berikut Cara Menyimpan Obat Padat yang Benar

Obat-obatan padat atau pil yang terdiri dari beragam jenis tentunya membutuhkan cara menyimpan yang sesuai agar tidak merusak kualitasnya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Hidup Sehat, Tips Sehat 17/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Vasodilator, Obat untuk Memperlebar Pembuluh Darah

Vasodilator merupakan salah satu pengobatan untuk menangani kondisi hipertensi atau penyakit jantung. Simak penjelasannya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Hidup Sehat, Fakta Unik 16/03/2020 . Waktu baca 4 menit

Tips Mengatasi Kulit Lengket Setelah Berenang di Laut

Mengatasi kulit lengket setelah berenang di laut memerlukan trik khusus. Anda pun sebaiknya mengetahui risiko berenang bagi kulit Anda. Baca di sini!

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Hidup Sehat 17/02/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bercak darah saat tidak sedang haid

Ada Bercak Darah Saat Tidak Sedang Haid? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 3 menit
pro kontra antidepresan

Pro dan Kontra Mengonsumsi Obat Antidepresan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18/06/2020 . Waktu baca 5 menit
liburan di rumah

Liburan Cuma di Rumah? Usir Rasa Bosan dengan 5 Kegiatan Seru Ini

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 25/05/2020 . Waktu baca 4 menit
penyebab migrain saat haid

Apa Saja Penyebab dan Cara Mengatasi Migrain Saat Haid?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 18/05/2020 . Waktu baca 6 menit