home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Cara Jitu Mengatasi Payudara Sakit Saat PMS

6 Cara Jitu Mengatasi Payudara Sakit Saat PMS

Mengatasi payudara sakit saat PMS adalah hal yang selalu diupayakan oleh wanita yang sedang mengalami menstruasi. Bagaimana tips-tipsnya? Yuk simak ulasan berikut ini.

Cara mengatasi payudara sakit saat PMS

Sebenarnya, penyebab payudara sakit menjelang menstruasi belum diketahui secara pasti. Family Doctor menjelaskan bahwa kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh perubahan hormonal menjelang datang bulan.

Nah, untuk mengatasi payudara Anda yang sakit saat PMS, yuk simak beberapa tips berikut.

1. Gunakan bra yang sesuai ukuran

mengatasi payudara sakit saat pms

Tak hanya sakit, payudara juga membengkak saat PMS tiba. Nah, supaya tidak semakin sakit, Anda harus menyesuaikan ukuran bra.

Jangan menggunakan ukuran bra yang terlalu kecil, hal ini akan membuat payudara semakin tertekan dan terasa sesak.

Justru saat seperti ini, Anda bisa menggunakan bra yang satu ukuran lebih besar daripada biasanya, agar payudara tidak begitu sakit saat PMS tiba.

2. Pola makan yang sehat

pola makan sehat

Asupan gizi makanan dan minuman yang sehat ternyata juga dapat membantu meringankan berbagai gejala menjelang haid. Oleh sebab itu, mulailah menyusun daftar menu yang sehat untuk Anda.

Cobalah untuk mengurangi konsumsi kafein, alkohol, dan makanan berlemak setidaknya satu sampai dua minggu sebelum haid. Jika berhasil menggunakan cara ini, kemungkinan besar Anda dapat mengatasi payudara yang sakit.

3. Menambah asupan vitamin

Faktanya, beberapa jenis vitamin ternyata bisa membantu mengatasi payudara yang sakit, khususnya ketika sebelum haid. Beberapa ahli menyarankan untuk mengkonsumsi vitamin E dan magnesium.

Dengan kadar yang tepat, yaitu 400 mg magnesium, bisa mengurangi berbagai gejala PMS, terutama nyeri pada payudara. Pilihlah beberapa jenis makanan yang mengandung kedua nutrisi tersebut, seperti:

  • kacang,
  • bayam,
  • wortel,
  • pisang,
  • jagung,
  • zaitun,
  • beras merah, serta
  • alpukat.

Apabila Anda sudah mengunjungi dokter sebelumnya, cobalah tanyakan suplemen apa yang bisa mengurangi rasa nyeri tersebut.

4. Kompres panas atau dingin

mengatasi payudara sakit saat pms

Selain konsumsi makanan yang tepat dan penggunaan bra, Anda juga bisa mencoba mengompres payudara untuk membantu meringankan nyeri.

Cobalah mengompres dengan es batu yang sudah dimasukkan ke kain atau menggunakan bantal pemanas. Keduanya dipercaya dapat mengatasi payudara yang sakit.

Cara ini tak cuma mengatasi payudara yang sakit, tapi juga bisa Anda lakukan pada perut ketika muncul gejala perut kembung menjelang dan saat menstruasi.

5. Olahraga

Sebuah riset yang diterbitkan oleh Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research menjelaskan bahwa gerakan aerobik bisa mengurangi gejala PMS, termasuk nyeri payudara.

Beberapa olahraga seperti jalan cepat, lari, bersepeda, hingga berenang dipercaya bisa meningkatkan hormon endorfin. Hormon tersebut mampu membantu mengurangi berbagai gejala pra menstruasi, termasuk nyeri pada payudara.

Selain itu, yoga juga bisa membantu mengurangi stres dan hal ini sangat penting untuk mengatasi payudara Anda yang sakit.

Akan tetapi, disarankan untuk tidak berlebihan karena otot Anda kemungkinan sedang mengalami pergeseran ketika masa menstruasi.

6. Obat-obatan

Apabila cara-cara di atas tidak bisa mengatasi payudara Anda yang sakit, dokter Anda mungkin akan menyarankan untuk mengonsumsi obat-obatan, seperti:

Jika cara di atas tidak dapat mengatasi payudara Anda yang sakit, segeralah berkonsultasi dengan dokter agar mengetahui apa penyebab pastinya dan bagaimana cara mengobatinya.

Setidaknya, mengurangi rasa sakit yang terus menghantui setiap menstruasi akan datang.

Kapan harus ke dokter?

Apakah nyeri payudara saat haid adalah pertanda adanya tumor atau kanker? Jangan khawatir sebab rasa nyeri itu normal kok.

National Breast Cancer Foundation menjelaskan bahwa tidak semua nyeri payudara itu adalah gejala adanya penyakit pada payudara.

Namun, jika rasa nyeri tersebut disertai dengan gejala-gejala berikut, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter.

  • Keluar darah ataupun cairan putih (bukan ASI) dari payudara.
  • Muncul benjolan yang terasa nyeri dan tidak menghilang setelah periode haid berlalu.
  • Nyeri payudara berlangsung lama tanpa alasan yang jelas.
  • Payudara terkena infeksi sehingga bernanah, memerah, bengkak dan menyebabkan demam.
  • Terjadi peradangan pada payudara sehingga menimbulkan ruam, pori-pori pada payudara membesar, mungkin juga menyebabkan kulit payudara menebal dan terasa nyeri.

Mulai sekarang, cobalah mempraktikan cara-cara yang telah disebutkan untuk bantu mengatasi sakit pada payudara Anda saat PMS.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

staff, f. (2019). Breast Pain in Women – Breast Pain Causes | familydoctor.org. Retrieved 30 March 2021, from https://familydoctor.org/condition/breast-pain-in-women/

Breast Pain – National Breast Cancer Foundation. (2020). Retrieved 30 March 2021, from https://www.nationalbreastcancer.org/breast-pain/

Premenstrual syndrome (PMS) – Symptoms and causes. (2020). Retrieved 30 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/premenstrual-syndrome/symptoms-causes/syc-20376780

PMS relief. (2020). Retrieved 30 March 2021, from https://www.womenshealth.gov/menstrual-cycle/premenstrual-syndrome

default – Stanford Children’s Health. (2021). Retrieved 30 March 2021, from https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=mastalgia-breast-pain-85-P00154#:~:text=Breast%20pain%20can%20increase%20or,to%20affect%20both%20breasts%20equally

Mohebbi Dehnavi, Z., Jafarnejad, F., & Sadeghi Goghary, S. (2018). The effect of 8 weeks aerobic exercise on severity of physical symptoms of premenstrual syndrome: a clinical trial study. BMC Women’s Health18(1). doi: 10.1186/s12905-018-0565-5

 

 

 

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Indah Fitrah Yani
Tanggal diperbarui 3 minggu lalu
x