home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Hati-hati, Pembalut Herbal Bisa Sebabkan Wanita Terkena Infeksi Bakteri Vagina

Hati-hati, Pembalut Herbal Bisa Sebabkan Wanita Terkena Infeksi Bakteri Vagina

Pembalut komersil sering mengakibatkan kulit di area intim Anda iritasi kemerahan, gatal, dan berbau tak sedap. Untuk mengatasi masalah tersebut maka muncullah jenis pembalut herbal, yang mengandung bahan-bahan herbal dan sering dikatakan baik untuk kesehatan vagina. Tapi apakah benar pembalut herbal itu baik?

Apa itu pembalut herbal?

Pembalut herbal merupakan pembalut yang terbuat dari bahan-bahan alami sehingga aman untuk digunakan. Pembalut ini mengandung beberapa bahan herbal yang diklaim membawa banyak manfaat, antara lain:

  • 100 persen terbuat dari kapas
  • Tidak mengandung zat pemutih
  • Tidak mengandung dioxin
  • Membasmi bakteri dan bau
  • Mengandung 17 bahan herbal alami yang berkhasiat tinggi untuk mengatasi masalah kewanitaan, seperti gatal-gatal, keputihan, dan lain-lain.

Dari beberapa manfaat dan keuntungan tersebut memang kelihatannya pembalut herbal aman untuk digunakan sehari-sehari. Pembalut ini dianggap unggul dari pembalut biasa karena terbuat dari 100 persen kapas dan tidak mengandung pemutih klorin yang menjadi faktor risiko keputihan. Namun pembalut herbal belum terbukti 100% aman, sehingga para dokter tidak menganjurkan wanita untuk menggunakan pembalut “alternatif” ini.

Wanita rentan terkena infeksi vagina jika pakai pembalut herbal

Pembalut herbal mengandung pewangi natural. Tapi pewangi, baik itu herbal maupun sintetis, adalah hal terakhir yang ingin Anda tempatkan di dekat vagina Anda. Pewangi akan mengganggu pH alami dalam vagina sehingga membunuh koloni bakteri baik dan kemudian memicu berkembangnya bakteri jahat, yang dapat memicu infeksi bakteri seperti bacterial vaginosis.

Tanda atau gejala jika seorang wanita terkena bacterial vaginosis adalah keputihan yang tidak normal, vagina gatal, dan rasa sakit atau nyeri saat/setelah berhubungan seks dan saat buang air kecil.

Terlebih lagi, pembalut ini diklaim mengandung sifat antiseptik yang dapat menyingkirkan masalah bau vagina. Penggunaan antiseptik sendiri dalam bentuk apapun untuk vagina tidak disarankan, karena dapat mengganggu keseimbangan koloni bakteri baik dan jahat. Kondisi inilah yang dapat memudahkan terjadinya infeksi vagina. Keseimbangan pH vagina yang terganggu dalam jangka panjang dapat mengubah aroma vagina normal Anda menjadi berbau.

Tetap lebih baik pakai pembalut biasa

Pilihlah pembalut yang baik dan sehat. Pilihlah pembalut yang memilki daya serap sesuai dengan aliran darah Anda yang keluar. Ganti pembalut yang Anda pakai secara teratur, 4-6 jam sekali.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

9 Shocking Facts You Didn’t Know About Tampons & Ultra-Thin Sanitary Pads [online] Available at: https://www.scoopwhoop.com/inothernews/are-tampons-and-ultra-thin-pads-bad/#.ral8h3ay7 Accessed 23 September 2017.

10 Ways You’re Cleaning Your Vagina All Wrong (That’s Right, We Said It) [online] Available at:  https://www.bustle.com/articles/179243-10-ways-youre-cleaning-your-vagina-all-wrong-thats-right-we-said-it Accessed 23 September 2017.

Vaginal irritation and infection [online] Available at: https://www.healthdirect.gov.au/vaginal-irritation-and-infection Accessed 23 September 2017.

Women Beware: Most Feminine Hygiene Products Contain Toxic Ingredients [online] Available at: http://www.huffingtonpost.com/dr-mercola/feminine-hygiene-products_b_3359581.html Accessed 23 September 2017.

Bacterial vaginosis in relation to menstrual cycle, menstrual protection method, and sexual intercourse in rural Gambian women. . 2005 Jun; 81(3): 242–247.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Andisa Shabrina
Tanggal diperbarui 26/09/2017
x