backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Mengenal Berbagai Jenis Pembalut Wanita serta Keunggulannya

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

Mengenal Berbagai Jenis Pembalut Wanita serta Keunggulannya

Pembalut merupakan produk yang penting bagi kesehatan dan kenyamanan wanita. Dalam perkembangannya, terdapat berbagai jenis pembalut yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan setiap individu. 

Apa saja macam-macam pembalut wanita? Simak jawaban lengkapnya melalui artikel di bawah ini. 

Berbagai jenis pembalut wanita  

merk atau merek pembalut yang aman

Dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan selama menstruasi, memilih jenis pembalut yang tepat memainkan peran penting. 

Apalagi, saat sedang menstruasi, pembalut menjadi benda yang sangat penting guna menyerap darah yang keluar. 

Namun, seiring berkembangnya zaman, ada macam-macam pembalut wanita yang beredar di pasaran, mulai dari perbedaan jenis, ukuran, hingga daya serapnya. 

Dengan berbagai jenis pembalut yang tersedia, penting bagi setiap wanita untuk memilih yang sesuai dengan kesukaan, kenyamanan, dan kebutuhan pribadinya. 

Lantas, apa saja jenis pembalut wanita yang tersedia di pasaran? Berikut beberapa di antaranya.

1. Pembalut sekali pakai (disposable pads)

Pembalut sekali pakai adalah produk higienis yang dirancang untuk menyerap darah menstruasi.

Produk ini umumnya terbuat dari kapas, serat sintetis, dan bahan penyerap lainnya yang dirangkai menjadi lapisan pad yang dapat menyerap cairan menstruasi. 

Pembalut sekali pakai biasanya dilengkapi dengan perekat di bagian bawahnya. Cara pakai pembalut jenis ini, yaitu menempelkan bagian bawah tersebut pada pakaian dalam wanita.

Beberapa di antara pembalut ini juga bisa memiliki sayap di sisi-sisinya untuk memberikan perlindungan tambahan dan mencegah bocor.

Keunggulan pembalut sekali pakai adalah kemudahan penggunaan dan kenyamanan yang ditawarkannya. 

Wanita dapat dengan mudah mengganti pembalut yang sudah penuh dengan yang baru, sehingga memberikan kesegaran dan kebersihan vagina selama menstruasi

Pembalut sekali pakai juga sangat praktis untuk dibawa bepergian atau digunakan di tempat umum karena bentuknya yang ringkas dan mudah dibuang setelah digunakan.

Pembalut ada ukuran berapa?

Pembalut umumnya memiliki beberapa ukuran untuk menyesuaikan dengan kebutuhan wanita. Berikut adalah beberapa ukuran umum yang umum tersedia di pasaran.
  • Regular. Cocok untuk digunakan sehari-hari atau aliran menstruasi sedang.
  • Super. Biasanya memiliki ukuran yang lebih tebal dan panjang dan mampu menyerap lebih banyak darah menstruasi.
  • Overnight. Biasanya dirancang khusus untuk digunakan saat tidur di malam hari agar darah menstruasi tidak bocor ke belakang.

2. Pembalut kain (reusable sanitary pads)

Macam-macam pembalut wanita yang selanjutnya adalah pembalut kain atau reusable sanitary pads.

Melansir Kids Health, pembalut ini terbuat dari bahan kain berkualitas tinggi yang dapat dicuci dan digunakan berulang kali.

Biasanya, pembalut kain terbuat dari bahan-bahan alami atau serat sintetis yang dapat menyerap cairan menstruasi dengan baik, seperti kapas organik, bambu, atau mikrofiber. 

Jenis pembalut wanita satu ini pun umumnya memiliki lapisan luar yang tahan air untuk mencegah kebocoran serta lapisan dalam yang menyerap cairan dengan efisien. 

Baik pembalut sekali pakai maupun pembalut kain, keduanya memiliki desain serupa, sehingga cara pakainya pun tak jauh berbeda.

Pembalut kain biasanya dilengkapi dengan perekat atau penjepit di bagian bawahnya untuk menempel pada pakaian dalam.

Salah satu keuntungan utama pembalut kain adalah hemat biaya dalam jangka panjang karena bisa dicuci dan digunakan berulang. 

Namun, proses mencuci dan merawat pembalut kain memang memerlukan waktu dan tenaga ekstra dibandingkan dengan pembalut sekali pakai yang cukup dibuang setelah digunakan.

3. Pembalut tipis (pantyliner

Pembalut tipis atau yang sering disebut sebagai pantyliner merupakan pilihan yang populer untuk menjaga kebersihan area kewanitaan di luar periode menstruasi atau saat mengalami haid ringan. 

Berbeda dengan pembalut biasa yang lebih tebal, pantyliner memiliki desain yang sangat tipis dan ringan, sehingga nyaman digunakan sehari-hari.

Keunggulan utama dari pantyliner adalah kemampuannya untuk memberikan perlindungan ekstra tanpa membuat penggunanya merasa tidak nyaman. 

Meskipun tidak memiliki kemampuan menyerap cairan yang banyak seperti pembalut biasa, pantyliner mampu menyerap dan mencegah kelembapan pada pakaian dalam. 

Hal ini membuat pantyliner cocok digunakan ketika sedang mengalami keputihan, pada akhir atau awal masa menstruasi, atau saat aliran darah haid tidak banyak.

Alternatif jenis produk kewanitaan selain pembalut

pembalut tampon menstrual cup

Selain beberapa jenis pembalut di atas, ada beberapa produk alternatif yang kerap digunakan wanita untuk menyerap darah menstruasi, seperti berikut ini.

1. Tampon 

Selain macam-macam pembalut di atas, tampon kerap menjadi pilihan beberapa wanita untuk menyerap darah yang keluar ketika menstruasi. 

Biasanya, tampon terbuat dari kapas yang dikompresi menjadi bentuk tabung kecil, yang nantinya akan dimasukkan ke dalam vagina untuk menyerap darah menstruasi sebelum cairan tersebut keluar dari tubuh. 

Keunggulan utama dari penggunaan tampon adalah kemampuannya untuk memberikan perlindungan yang nyaman.

Ukurannya yang kecil membuatnya mudah dimasukkan dan nyaman digunakan, sehingga pengguna dapat bergerak dengan bebas tanpa khawatir tentang kebocoran. 

Selain itu, tampon cocok digunakan saat berenang, berolahraga, atau beraktivitas lainnya yang memerlukan gerakan bebas.

2. Menstrual cup 

Menstrual cup atau cangkir menstruasi adalah alternatif yang inovatif dan ramah lingkungan yang dapat digunakan saat menstruasi. 

Berbeda dengan pembalut atau tampon yang menyerap darah menstruasi, menstrual cup dirancang untuk menampung cairan menstruasi di dalam vagina. 

Menstrual cup biasanya terbuat dari bahan medis yang aman, seperti silikon medis atau karet alam, dan tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk untuk menyesuaikan dengan anatomi tubuh wanita.

Keunggulan utama dari penggunaan menstrual cup adalah kemampuannya untuk memberikan perlindungan jangka panjang yang nyaman dan bebas dari risiko bocor. 

Dibandingkan dengan pembalut atau tampon, menstrual cup dapat menampung lebih banyak darah menstruasi dan dapat digunakan hingga 12 jam sebelum perlu dikosongkan dan dicuci. 

Hal ini membuatnya ideal untuk wanita yang memiliki aliran menstruasi yang banyak atau yang ingin mengurangi frekuensi penggantian pembalut.

Pada dasarnya, memilih jenis pembalut yang tepat merupakan hal yang penting untuk kesehatan dan kenyamanan saat menstruasi. 

Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan gaya hidup, kesukaan, kecocokan, dan kebutuhan pribadi sebelum memutuskan jenis pembalut yang akan digunakan. 

Jangan pula mudah percaya dengan mitos pembalut yang beredar di masyarakat karena belum terbukti kebenarannya.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan