3 Cara yang Bisa Dilakukan Agar Anda Tak Cepat-Cepat Menopause

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 9 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Menopause sebenarnya adalah fenomena alami yang akan dialami oleh setiap wanita. Namun, tidak sedikit wanita yang takut menghadapinya. Banyak wanita yang mengalami masa ini terlalu cepat, bahkan ada yang terjadi di usia 30 tahun. Menopause dini tentunya akan mempengaruhi kesehatan Anda termasuk aktivitas seksual. Sebelum masa menopause menghampiri Anda, cari tahu bagaimana cara menunda menopause secara alami di artikel ini.

Cara alami untuk menunda menopause

Secara sederhana, pada masa menopause, wanita tidak lagi mampu memproduksi hormon reproduksi, atau bisa dikatakan sebagai berakhirnya siklus menstruasi pada wanita. Wanita yang mengalami menopause biasanya akan mengalami hot flashes atau rasa panas hingga berkeringat, perubahan suasana perasaan dalam waktu singkat atau yang biasa disebut mood swings, dan vagina kering. Ada beberapa cara mudah dan alami yang bisa Anda lakukan untuk menunda menopause. Apa saja? Cek di bawah ini.

1. Olahraga teratur

Masalah menopause dini paling sering terjadi akibat ovulasi dan siklus menstruasi yang tidak teratur. Masalah ini terjadi ketika Anda memiliki tubuh yang tidak sehat. Polusi dan makanan cepat saji atau junk food yang sering Anda santap ternyata dapat mempercepat proses penuaan untuk tubuh Anda.

Olahraga teratur adalah salah satu cara untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Racun dalam tubuh akan dikeluarkan melalui keringat saat Anda berolahraga. Suatu penelitian menemukan bahwa kandungan arsenik, kadmium, timbal, dan merkuri terkandung di dalam keringat yang Anda keluarkan.

Mulai sekarang, luangkan waktu setidaknya 30 menit saja dalam sehari untuk berolahraga. Olahraga yang teratur ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memperlancar siklus menstruasi Anda.

2. Berhenti merokok

Jika Anda seorang perokok, Anda memiliki kemungkinan yang sangat besar untuk mengalami menopause dini. Merokok dapat menghambat sirkulasi darah dalam tubuh Anda. Semakin sedikit darah yang mengalir ke rahim dan ovarium, maka besar kemungkinannya Anda akan memiliki periode menstruasi yang tidak teratur atau bahkan Anda tidak akan mengalami haid lagi. Berhenti merokok adalah salah satu cara terbaik untuk menunda menopause.

3. Konsumsi makanan kaya fitoestrogen

Tepat sebelum menopause, kadar hormon estrogen pada tubuh wanita mulai menurun. Jadi jika tubuh tidak lagi memproduksi estrogen yang cukup, Anda harus memperolehnya dari luar. Makan makanan yang kaya fitoestrogen seperti produk kedelai dan biji-bijian seperti gandum dan gandum hitam dapat membantu Anda menunda menopause.

Berapa Banyak Kalori yang Anda Butuhkan?

Selain rajin berolahraga, mengetahui berapa banyak asupan kalori yang harus dikonsumsi juga penting untuk menjaga kesehatan. Cari tahu kalori harian yang Anda butuhkan di sini.

Cari Tahu!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Menopause

Pada akhirnya setiap wanita akan mengalami menopause. Untuk itu, cari tahu informasi lengkap seputar menopause di artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Wanita, Menopause 12 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit

Olahraga Kardio vs Angkat Beban: Mana yang Lebih Cepat Turunkan Berat Badan?

Olahraga adalah cara mendapatkan berat badan ideal yang paling efektif. Namun dari semua jenis, mana yang lebih manjur: olahraga kardio atau angkat beban?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Olahraga Kardio, Kebugaran 11 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Klaudikasio

DefinisiApa itu klaudikasio? Claudication atau klaudikasio adalah nyeri yang timbul saat berolahraga. Klaudikasio biasanya merupakan gejala yang diakibatkan oleh adanya penyempitan arteri di tangan dan kaki menyempit ...

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Jantung, Penyakit Jantung Lainnya 4 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Congestive Heart Failure (CHF)

Congestive Heart Failure (CHF) atau gagal jantung kongestif adalah kondisi jantung tidak mampu memompa darah. Apa penyebab, gejala, dan cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Jantung, Gagal Jantung 3 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

olahraga untuk mantan penderita sembuh dari pasien kanker survivor

Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
payudara sakit tanda hamil

Payudara Terasa Sakit, Apa Penyebabnya Selalu Kanker?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
senam jantung sehat

Yuk, Ketahui Manfaat dan Gerakan Senam Jantung Sehat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
tips olahraga hiv

Olahraga Pagi atau Olahraga Malam, Mana yang Lebih Baik?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit