home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Hindari Cotton Bud, Begini Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Hindari Cotton Bud, Begini Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Membersihkan telinga tidak boleh sembarangan. Salah-salah bisa bikin pendengaran Anda terganggu. Itulah mengapa Anda perlu berhati-hati saat membersihkan telinga. Lalu, bagaimana cara membersihkan telinga yang benar?

Sebenarnya telinga mampu membersihkan dirinya sendiri

Telinga sudah punya kemampuan untuk membersihkan dan mengeluarkan kotorannya sendiri. Jadi, normalnya kotoran telinga tidak akan menyumbat saluran pendengaran Anda.

Ketika Anda mengunyah atau menggerakkan rahang saat berbicara, kotoran telinga akan berjalan keluar, mengering dan jatuh dengan sendirinya. Kecuali, Anda menggunakan cotton bud atau benda lainnya yang dimasukkan ke dalam telinga dan akhirnya membuat kotoran terdorong ke dalam.

Jika Anda tetap menggunakan suatu alat atau bahkan memasukkan jari ke dalam telinga, malah Anda yang membuat kotoran terperangkap di dalam.

Jadi, bagaimana cara membersihkan telinga yang benar?

cara menggunakan obat tetes telinga

Meski secara alami telinga akan membersihkan dirinya sendiri, terkadang penumpukan lilin yang dihasilkan telinga membuat tidak nyaman. Maka itu, Anda bisa melakukan beberapa cara membersihkan telinga yang benar.

Cara membersihkan telinga yang dianjurkan adalah dengan menggunakan obat tetes telinga, tetes peroksida hidrogen dan teteskan minyak zaitun atau baby oil.

Cara tersebut bisa membantu melarutkan kotoran telinga atau melunakannya jika sudah mengeras. Anda bisa meneteskan beberapa tetes hidrogen peroksida ke kapas basah dan menerapkannya ke telinga Anda. Atau Anda juga bisa menggunakan pipet bersih untuk meneteskan larutan tersebut ke dalam telinga.

Sementara itu, Anda juga dapat membeli obat tetes telinga yang dijual bebas, yang berbasis air atau minyak yang dapat melunakan kotoran telinga. Biasanya mengandung karbamid peroksida, yang mirip dengan hidrogen peroksida.

Pakai obat telinga sesuai instruksi

Gunakan obat tetes telinga sesuai anjuran pada kemasan atau saran dari dokter. Sebelum Anda meneteskan bahan tersebut, miringkan kepala Anda sehingga telinga yang terkena mengarah ke atas selama beberapa menit.

Ini akan memungkinkan cairan menetes ke dalam saluran telinga untuk mencapai sumbatan. Selain itu, perhatikan jika Anda merasa ada luka di dalam telinga Anda, atau telinga Anda terasa sakit, sebaiknya jangan menggunakan obat tetes telinga tersebut.

Setelah beberapa menit, miringkan kepala dengan cara lain akan memungkinkan cairan dan kotoran telinga mengalir sampai saluran telinga bersih.

Namun, jika cara ini tidak berhasil, tanyakan kepada dokter untuk mendapatkan cara terbaik lainnya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How to remove earwax at home https://www.medicalnewstoday.com/articles/322247.php diakses 17 September 2018.

Using Hydrogen Peroxide to Remove Earwax https://www.healthline.com/health/ear-wax-removal-hydrogen-peroxide#research diakses 17 September 2018.

How can I remove ear wax effectively? https://www.webmd.com/cold-and-flu/ear-infection/qa/how-can-i-remove-ear-wax-effectively diakses 17 September 2018.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Andisa Shabrina Diperbarui 09/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x