home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Cara Baru Menjaga Kesehatan Hidung dari Polusi Udara

Cara Baru Menjaga Kesehatan Hidung dari Polusi Udara

Hidung merupakan organ penting yang berperan dalam sistem pernapasan. Hidung juga bertugas untuk menyaring udara yang masuk ke dalam paru-paru. Oleh karena itu, berikut beberapa cara untuk menjaga kesehatan hidung yang bisa Anda terapkan.

Alasan menjaga kesehatan hidung begitu penting

sakit hidung

Sulit rasanya menghindari udara kotor. Di mana pun Anda berada, selalu ada polusi udara. Untuk Anda yang kini menetap di dalam rumah selama pandemik COVID-19, tentu masih perlu menjaga kesehatan hidung.

Di tengah pandemik COVID-19 mengharuskan setiap orang untuk bekerja dan menetap di rumah dalam waktu yang masih belum ditentukan. Kerap kita berasumsi bahwa di rumah adalah tempat yang aman dan terhindar dari polusi udara. Padahal tidak juga.

Mungkin Anda tak menyadari, polusi udara di dalam ruangan bisa datang dari debu di lantai, karpet, kasur, atau perabotan rumah. Hal ini juga bisa mengganggu infeksi saluran pernapasan, sama halnya seperti polusi di luar ruangan.

Saat bernapas, mau tidak mau kita menghirup udara yang kotor. Hidung sebagai garda utama sistem pernapasan berperan menyaring dan membersihkan udara yang terhirup dari partikel asing melalui bulu-bulu halus. Di sini udara dihangatkan, disaring, dan dilembapkan sebelum masuk ke dalam paru-paru.

Faktor lingkungan seperti polusi, memiliki pengaruh terhadap risiko kesehatan pernapasan. Biasanya orang dengan alergi dan asma cenderung lebih sensitif terhadap polusi, misalnya alergen, partikel debu, ataupun zat lain.

Dampak polusi udara kotor dalam ruangan bisa bervariasi mulai dari gejala ringan seperti bersin-bersin, hidung berair sehingga menyebabkan hidung tersumbat sampai dengan kondisi yang jauh lebih berat misalnya peradangan hidung.

Gejala ringan pun jika kita alami tentunya menyebabkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan hidung langkah yang harus dilakukan?

Bagaimana cara menjaga agar hidung tetap sehat?

nasal spray, flu, sakit hidung

Meskipun berada di rumah, Anda tetap perlu menjaga kesehatan dan memberikan perlindungan terhadap hidung. Polusi udara di dalam ruangan bisa saja memberikan dampak kesehatan bagi Anda. Salah satu metodenya dengan menggunakan nasal spray powder.

Anda bisa memilih kandungan Hydroxypropyl Methycellulose dalam bentuk bubuk pada nasal spray powder. Dalam jurnal Expert Review of Respiratory, penggunaan nasal spray powder ini bermanfaat untuk menyediakan perlindungan dari udara kotor yang masuk ke dalam sistem pernapasan, misalnya serbuk sari atau zat berbahaya. Bubuk yang terdapat pada nasal spray ini dapat mengurangi gejala alergi.

Nasal spray powder dapat membantu menjaga kesehatan hidung melalui cara kerjanya yang menahan partikel-partikel tersebut agar tidak melekat pada saluran hidung. Anda bisa menerapkan langkah penggunaan nasal spray powder sebagai berikut.

  • Bersihkan hidung terlebih dulu dari ingus sebelum menggunakan nasal spray powder.
  • Kocok botol nasal spray powder beberapa kali.
  • Tegakkan kepala dan tutup satu lubang hidung dengan menggunakan jari. Sementara lubang hidung lainnya terbuka.
  • Tempatkan ujung atas botol nasal spray powder yang terbuka, kemudian posisikan ke dalam lubang hidung yang tidak ditutup.
  • Tekan botol dan hirup perlahan bubuk pada nasal spray powder.
  • Lakukan langkah yang sama pada lubang hidung satunya.
  • Usahakan tidak bersin atau menghembuskan begitu saja setelah menggunakan nasal spray powder.

Nasal spray powder dapat memberikan perlindungan 6-8 jam dalam sekali pemakaian. Formulasi gel yang ketika disemprotkan ke dalam hidung mampu menangkap partikel udara kotor seperti debu dan kotoran (alergen atau iritan) di udara lainnya.

Dengan begitu, Anda bisa menjaga kesehatan hidung secara praktis dan bantu cegah masalah pernafasan. Yuk, coba jaga kesehatan hidung Anda mulai sekarang.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Nose Anatomy, Function & Diagram | Body Maps. (2020). Retrieved 14 April 2020, from https://www.healthline.com/human-body-maps/nose#1

Chronic sinusitis – Diagnosis and treatment – Mayo Clinic. (2020). Retrieved 14 April 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/chronic-sinusitis/diagnosis-treatment/drc-20351667

The Effects of Air Pollutants and Irritants on the Upper Airway | Proceedings of the American Thoracic Society. (2020). Proceedings Of The American Thoracic Society. Retrieved from https://www.atsjournals.org/doi/full/10.1513/pats.201003-027RN#abstract

Air Pollution: MedlinePlus. (2020). Retrieved 14 April 2020, from https://medlineplus.gov/airpollution.html

Chronic sinusitis: Symptoms, treatment, and causes. (2020). Retrieved 14 April 2020, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/320569#outlook

How to Use Nasal Spray. (2020). Retrieved 14 April 2020, from https://www.healthline.com/health/general-use/how-to-use-nasal-spray#instructions

Nasal Sprays: How to Use Them Correctly – familydoctor.org. Retrieved 14 April 2020, from https://familydoctor.org/nasal-sprays-how-to-use-them-correctly/

Methyl-cellulose powder for prevention and management of nasal symptoms. (2020). Expert Review Of Respiratory Medicine. Retrieved from https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/17476348.2017.1375408?journalCode=ierx20

Home Allergy Quiz: Is Your Home Allergy-Proof?. (2020). Retrieved 21 April 2020, from https://www.onhealth.com/content/1/allergy_proof_home

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Maria Amanda
Tanggal diperbarui 27/04/2020
x