home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kenapa Hidung Sering Ingusan Saat Makan Makanan Pedas?

Kenapa Hidung Sering Ingusan Saat Makan Makanan Pedas?

Makan makanan pedas pasti membuat mulut panas terbakar. Bukan hanya itu, mata dan hidung juga jadi berair. Meski tidak sedang pilek, Anda mungkin harus beberapa kali menyeka ingus yang terus keluar dari hidung. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Kenapa makan makanan pedas bikin hidung ingusan?

Umumnya makanan pedas pasti menggunakan cabai dan lada. Kedua rempah ini mengandung capsaicin, yaitu zat yang menyebabkan sensasi terbakar ketika bersentuhan dengan jaringan tubuh, seperti di kulit, mulut, atau mata Anda.

Sementara rasa pedas dari wasabi (penambah rasa pedas khas Jepang) atau mustard berasal dari allyl isothiocyanate. Nah, zat pedas pada cabai atau wasabi inilah yang membuat hidung Anda jadi ingusan.

Capsaicin dan allyl isothiocyanate yang masuk ke mulut dapat mengiritasi selaput lendir. Awalnya lendir diproduksi sesuai kebutuhan untuk melindungi saluran pernapasan Anda dari agen infeksi, seperti jamur, bakteri, dan virus.

Namun, adanya iritasi dari capsaicin dan allyl isothiocynate merangsang produksi lendir jadi lebih banyak. Kelebihan lendir inilah yang membuat hidung meler saat makan makanan pedas.

makanan pedas memicu persalinan

Lalu bagaimana mengatasinya?

Jangan khawatir, hidung meler karena makanan pedas berbeda ketika Anda sedang pilek. Kondisi ini akan membaik dengan sendirinya sehingga tidak perlu obat. Anda hanya perlu meredakan rasa pedas lebih cepat, salah satunya dengan minum susu.

Susu berbeda dengan air putih biasa. Susu mengandung protein kasein yang bisa menghapus efek capsaicin atau allyl isothiocyanate pada mulut Anda. Sementara air putih tidak membuat sensasi panas cepat hilang. Alih-alih untuk menghilangkan rasa pedas, Anda malah jadi kembung.

Selain makanan pedas, bisakah hidung ingusan karena makanan lain?

Normalnya, hidung akan berair saat makan makanan pedas. Namun, jika makanan yang disantap bukan makanan pedas dan hidung tetap berair, Anda perlu mencurigainya. Kemungkinan besar kondisi tersebut disebabkan oleh masalah medis, seperti:

  • Berbagai macam rhinitis, seperti rinitis gustatory, rinitis alergi, atau rinitis vasomotor. Kondisi ini menyebabkan hidung pilek dan gatal saat mengonsumsi makanan tertentu.
  • Alergi makanan tertentu biasanya menyebabkan hidung pilek, bersin, kulit gatal, dan reaksi tidak menyenangkan lainnya setelah menikmati makanan tertentu.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Why Does Your Nose Run When You Eat Spicy Food? https://www.livescience.com/32752-why-does-your-nose-run-when-you-eat-spicy-food.html. Accessed on 24 January 24th, 2019.

Why Does Your Nose Run When You Eat Spicy Food? https://www.medicalnewstoday.com/articles/321678.php. Accessed on 24 January 24th, 2019.

Why Does My Nose Run When I Eat? https://www.healthline.com/health/runny-nose-after-eating. Accessed on 24 January 24th, 2019.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal diperbarui 03/02/2019
x