Mengapa Seks Setelah Olahraga Terasa Sangat Menggairahkan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Beberapa orang mengatakan bahwa seks setelah olahraga merupakan waktu terbaik. Mengapa demikian? Pasalnya, gairah seksual Anda lebih meningkat setelah olahraga.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa melakukan hubungan seksual setelah olahraga akan meningkatkan gairah seksual Anda. Efek ini terjadi pada pria maupun wanita. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Archives of Sexual Behavior melaporkan bahwa pria yang melakukan olahraga 60 menit per hari, selama tiga sampai lima hari seminggu, dapat mengembangkan peningkatan seksual yang jauh lebih besar.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine melaporkan bahwa olahraga jangka pendek sekitar 20 menit secara signifikan meningkatkan gairah seksual wanita. Lalu bagaimana bisa seks setelah olahraga lebih terasa menggairahkan? Simak jawabannya di bawah ini.

Mengapa seks setelah olahraga lebih menggairahkan?

1. Hormon Anda meningkat setelah berolahraga

Setelah berolahraga, hormon-hormon dalam tubuh Anda meningkat sehingga membuat Anda merasa bergairah. Hormon ini termasuk adrenalin dan dopamin. Selain itu, peningkatan hormon testosteron alami juga terjadi dalam waktu satu jam setelah berolahraga.

Testosteron adalah hormon reproduksi pria yang mendorong gairah seksual pria dan berperan dalam pembentukan kepadatan tulang dan kekuatan otot. Oleh karena itu, latihan kekuatan adalah latihan terbaik untuk meningkatkan gairah seksual Anda.

Menurut penelitian, olahraga dengan pasangan akan lebih baik lagi. Karena wanita dengan kadar testosteron lebih tinggi cenderung memiliki hasrat seks yang lebih tinggi pula.

2. Aliran darah meningkat

Olahraga meningkatkan aliran darah ke setiap bagian tubuh, termasuk ke organ seksual Anda. Aliran darah ke bagian tubuh Anda akan meningkatkan respon seksual. Anda mungkin mengalami ereksi yang lebih keras, karena darah mengalir pada tingkat yang lebih tinggi.

Selain itu, menurut ahli urologi dan kesehatan seksual, peningkatan aliran darah dapat menyebabkan orgasme sedikit lebih cepat dari biasanya.

Waktu terbaik untuk memanfaatkan hal ini adalah tak lebih dari 15 sampai 60 menit setelah berolahraga. Ini adalah saat darah Anda akan mengalir ke semua organ vital dan otot Anda, serta hormon Anda sedang berada di puncaknya.

3. Wanita menjadi lebih sensitif

Olahraga atau aktivitas fisik mampu meningkatkan gairah seksual wanita dengan membuatnya lebih sensitif terhadap sentuhan, terutama di daerah klitoris. Klitoris adalah organ seks pada vagina yang memiliki fungsi murni untuk rangsangan seksual. Klitoris memang terkenal sensitif. Itu karena bagian intim tersebut memiliki saraf yang lebih banyak daripada bagian tubuh manapun. Ada sekitar 8.000 saraf pada klitoris. Hal inilah juga yang membuat hubungan seksual setelah olahraga membuat wanita lebih mungkin mengalami orgasme dari biasanya.

4. Pria jadi lebih menarik setelah olahraga

Berdasarkan penelitian yang dilakukan ahli biologi asal Swiss, beberapa wanita sebenarnya lebih tertarik pada pria yang sedikit berbau. Bau yang dimaksud disini adalah bau alami pada pria. Pengaruh ini meningkat ketika pria memiliki kadar testosteron lebih tinggi dalam keringatnya.

Seks setelah olahraga memang nikmat, tapi tetap jaga kesehatan dan kebersihan

Alat-alat olahraga di gym mungkin penuh dengan kuman, dan saat berkeringat tubuh mengeluarkan bakteri yang menghancurkan molekul keringat. Jadi saat Anda sangat bergairah dan tidak sabar untuk berhubungan intim, sebaiknya lebih dulu menyeka badan dengan handuk atau tisu. Anda juga bisa membilas tubuh di bawah pancuran sebentar sebelum lanjut ke ronde panas dengan pasangan. 

Bila Anda habis menggunakan peralatan olahraga, sebaiknya cuci tangan dulu, terutama sebelum melakukan hubungan intim dengan pasangan. Kalau Anda berencana untuk melakukan seks oral, sebaiknya bersihkan daerah intim atau mandi terlebih dahulu. Ini diperlukan untuk melakukan seks oral yang lebih aman.

Pastikan badan Anda bersih sebelum melakukan seks setelah olahraga. Sekadar bersihkan badan Anda tidak akan mengurangi gairah seksual Anda, kok. 

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

4 Hal yang Harus Langsung Dilakukan Wanita Setelah Seks

Tiap wanita mungkin punya kebiasaan yang berbeda. Namun, ada empat hal yang wajib wanita lakukan setelah seks, demi kesehatannya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan Seksual, Tips Seks 14 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda memiliki bintik atau bercak putih di puting susu atau sekitarnya? Tak usah khawatir, kenali penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
sakit kepala setelah keramas

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit