Kenapa Selalu Ngantuk Sehabis Seks?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Kenapa selalu ngantuk sehabis seks? Khususnya wanita, pasti bertanya-tanya dalam hati, mengapa pria langsung tidur sehabis berhubungan seks? Padahal wanita lebih senang dipeluk dan bermanja-manja sehabis seks. Tapi, pria lebih memilih untuk segera tidur. Kira-kira, apa yang menyebabkan pria langsung tidur sehabis seks? Simak beberapa faktor berikut di bawah ini.

1. Seks dilakukan malam hari

Umumnya, seks dilakukan malam hari setelah semua orang sekitar terlelap. Hal itu berpengaruh terhadap metabolisme terutama ketika tubuh manusia sudah lelah. Baik wanita dan pria sama-sama mengerahkan seluruh tenaganya untuk mencapai puncak orgasme yang diinginkan. Jika Anda mengidap insomnia, melakukan seks bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa tertidur.

2. Hormon prolaktin yang bikin ngantuk

Ketika pria orgasme, hormon-hormon yang terkait dengan perasaan kepuasan seksual, yaitu prolaktin, akan keluar juga saat usaha orgasme itu sendiri dicapai. Wanita sebetulnya juga memiliki hormon prolaktin, tapi tidak sebanyak pria. Maka itu tidak heran jika pria sering ngantuk sehabis seks karena daya dan gaya yang dikeluarkan bersamaan dengan naiknya hormon prolaktin tersebut.

3. Hormon oksitosin dan vasopresin yang membuat rileks

Banyak orang cenderung menahan dan mengatur napas agar seirama dengan hentakan saat penetrasi atau menyesuaikan gaya bercinta masing-masing. Nyatanya, hormon oksitosin dan vasopresin memengaruhi pembuluh darah agar mengalirkan darah lebih cepat, tentunya mengarah kepada kelamin masing-masing. Hormon tersebut keluar terlepas setelah kembali teraturnya napas seperti sedia kala, maka rasa ngantuk dan rileks pun terjadi.

4. Seperti latihan fisik bagi pria

Sebuah penelitian menjelaskan, hubungan seksual bila dibandingkan dengan wanita, pria umumnya lebih mengerahkan tenaga lebih saat berhubungan. Memang tidak selalu, namun biasanya pria yang lebih banyak “beraksi” dibanding wanita. Untuk mencapai kepuasan orgasme tersebut, tidak jarang lelahnya sebanding dengan latihan fisik. Umumnya orang yang baru selesai melakukan latihan fisik, akan merasakan lelah dan ngantuk luar biasa.

Bagaimana biar tidak ngantuk sehabis seks?

Jika pikiran Anda tidak menginginkan ngantuk sehabis seks, tetapi tubuh Anda berkata lain, ada beberapa cara yang dapat dilakukan mengatasi ngantuk sehabis seks:

1. Tetap sentuh dan bangkitkan hasrat satu sama lain

Khususnya wanita, yang sering ditinggalkan tidur oleh pria sehabis seks, Anda bisa tetap meraba atau menyentuh pasangan. Dengan meraba atau menyentuh tubuh pasangan, rangsangan tersebut akan menjadikan lawan main Anda tetap terjaga dan bahkan Anda bisa melakukan seks yang belum terpuaskan kembali.

2. Mandi bersama

Cara ini bisa dilakukan bagi Anda dan pasangan yang masih menginginkan keromantisan selain di ranjang. Anda dan pasangan bisa saling membersihkan tubuh bersama dengan membasuh satu sama lain yang mungkin akan membuat malam Anda semakin panjang dan menyenangkan.

3. Makan atau ngopi bersama

Jika aktivitas seks dilakukan berdekatan dengan waktu subuh atau bekerja, Anda bisa mengakalinya dengan minum kopi atau makan camilan sehabis seks. Minum kopi meningkatkan daya stimulan otak dan zat kafeinnya agar tetap terjaga. Tujuannya tetap untuk menghabiskan waktu bersama-sama walau puncak asmara telah lewat.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Jangan membiarkan kesepian terlalu lama menggerogoti Anda. Cari tahu cara mengatasi kesepian agar hidup Anda jauh lebih bahagia.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Kalau muncul migrain atau sakit kepala setelah keramas, Anda mungkin bertanya-tanya apa artinya. Nah, ini dia berbagai penyebabnya. Simak baik-baik, ya!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

4 Hal yang Harus Langsung Dilakukan Wanita Setelah Seks

Tiap wanita mungkin punya kebiasaan yang berbeda. Namun, ada empat hal yang wajib wanita lakukan setelah seks, demi kesehatannya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan Seksual, Tips Seks 14 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tips perawatan setelah sunat

4 Tips Perawatan Setelah Sunat Agar Cepat Sembuh

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
manfaat kayu secang

Sering Dijadikan Wedang, Jangan Lewatkan 4 Manfaat Hebat Kayu Secang

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit