Berapa Banyak Kalori yang Terbakar Lewat Seks?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Ada kabar baik untuk Anda dan pasangan. Selain menambah keintiman, berhubungan intim bisa membantu Anda berdua menjaga kebugaran sekaligus menurunkan berat badan. Anda dan pasangan jadi punya satu alasan lagi untuk bercinta malam ini. Berhubungan seks membakar kalori yang cukup besar, apalagi jika dilakukan dengan penuh gairah. Akan tetapi, perlu diingat bahwa sejauh apa peran seks dalam menjaga kebugaran Anda tentu bergantung pada sesi intim seperti apa yang biasanya Anda dan pasangan jalani. Semakin panas dan lama hubungan seks berlangsung, dampak positifnya bagi kesehatan Anda dan pasangan pun semakin banyak.

Manfaat seks bagi kebugaran dan kesehatan

Seks adalah aktivitas fisik yang cukup berat, bahkan hampir sama dengan berolahraga. Karena seks membutuhkan banyak energi, tubuh pun akan membakar kalori yang berasal dari karbohidrat. Semakin banyak kalori yang terbakar, makin cepat pula metabolisme tubuh Anda. Hal ini tentu akan sangat membantu jika Anda atau pasangan sedang mencoba untuk menurunkan berat badan.

Selain mempercepat metabolisme tubuh, berhubungan seks juga bisa melatih kebugaran Anda. Ketika Anda bercinta, berbagai kelompok otot pada tubuh Akan bekerja dan berkontraksi. Biasanya otot-otot yang bekerja saat berhubungan seks adalah otot lengan, abdomen, hamstring, dan betis. Melatih otot-otot tersebut bisa membentuk dan menambah massa otot Anda seperti halnya berolahraga di pusat kebugaran. Jika dibandingkan dengan lemak tubuh, massa otot yang bertambah berpotensi membakar lebih banyak kalori, bahkan ketika otot-otot tersebut sedang tidak bekerja.

Berhubungan seks membakar kalori berapa banyak?

Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan untuk menghitung jumlah kalori yang terbakar lewat seks. Misalnya, berapa lama Anda bercinta dan posisi apa yang Anda pilih bersama pasangan. Seks bisa berlangsung mulai dari dua menit hingga lebih dari satu jam. Dilansir dari Women’s Day, berikut adalah perhitungan kalori yang terbakar dalam sesi intim Anda dengan pasangan.

Bercumbu

Tanpa harus menanggalkan pakaian, Anda dan pasangan bisa membakar kalori yang cukup banyak dalam waktu satu jam. Jika berat badan Anda 60 kilogram, saling bercumbu atau make out selama satu jam bisa membakar kira-kira 58 sampai 80 kalori. Angka ini setara dengan berjalan kaki sejauh 1,5 kilometer atau berolahraga selama 23 menit. Sesi bercumbu mesra selama satu jam ini juga bisa membakar kalori dari setengah kaleng minuman soda yang Anda konsumsi. Untuk meningkatkan jumlah kalori yang terbakar, Anda dan pasangan bisa mencoba bercumbu dengan berbagai posisi seperti berdiri atau menggendong pasangan.  

Seks oral

Jika Anda memberikan seks oral, bukan hanya pasangan Anda saja yang akan mendapat keuntungan. Anda juga bisa sekalian membakar kalori. Memberikan seks oral selama setengah jam bisa membakar sekitar 54 sampai 60 kalori. Jumlah kalori yang terbakar ini sama dengan berjalan kaki sejauh 1,2 kilometer atau berolahraga selama 18 menit. Angka ini juga setara dengan makan satu buah apel. Supaya semakin banyak kalori yang terbakar selama seks oral, Anda dan pasangan bisa mencoba menambah suhu ruangan jadi lebih hangat. Dengan demikian, Anda jadi lebih mudah berkeringat dan ini akan membantu tubuh membakar kalori lebih banyak. Selain itu, sebagian orang juga akan merasa lebih bergairah ketika melakukan seks yang berkeringat.

Foreplay

Agar Anda dan pasangan bisa membakar kalori lebih banyak, jangan terburu-buru untuk segera melakukan penetrasi. Semakin lama sesi pemanasan atau foreplay yang Anda lakukan, semakin banyak pula kalori yang bisa Anda bakar. Foreplay sendiri bisa berlangsung selama 15 hingga 45 menit. Cobalah untuk saling menjelajahi tubuh masing-masing dimulai dari gerakan yang lambat untuk memperpanjang durasi foreplay.

Anda juga bisa memvariasikan berbagai posisi agar tubuh bekerja semakin intens. Seseorang dengan berat badan 60 kilogram bisa membakar sekitar 83 kalori dalam sesi pemanasan selama 45 menit. Ini setara dengan berolahraga selama 28 menit dan berjalan kaki sejauh 1,9 kilometer. Jumlah ini juga bisa membakar kalori dari segelas es kopi yang Anda minum sebelum memulai sesi intim bersama pasangan.

Bercinta

Semakin panas sesi bercinta Anda dan pasangan, tentu semakin banyak juga kalori yang bisa terbakar. Jika berat badan Anda adalah 60 kilogram, berhubungan seks membakar kalori kira-kira sejumlah 100 sampai 140 jika dilakukan selama 45 menit. Ini sama seperti berlari sejauh dua kilometer atau berolahraga selama 40 menit.

Usahakan untuk berganti posisi, menambah gerakan, menaikkan suhu ruangan, dan mencapai orgasme agar semakin banyak kalori yang Anda bakar. Posisi seks tertentu seperti wanita di atas, berdiri, dan doggy style juga cenderung membakar kalori lebih banyak ketimbang posisi misionaris. Seorang ahli seksologi dari Amerika Serikat, Jaiya Kinzbach juga mengungkapkan bahwa desahan dan tarikan napas yang dalam selama berhubungan seks akan membantu membakar sebanyak 18 sampai 30 kalori.

BACA JUGA:

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Kalau muncul migrain atau sakit kepala setelah keramas, Anda mungkin bertanya-tanya apa artinya. Nah, ini dia berbagai penyebabnya. Simak baik-baik, ya!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

4 Hal yang Harus Langsung Dilakukan Wanita Setelah Seks

Tiap wanita mungkin punya kebiasaan yang berbeda. Namun, ada empat hal yang wajib wanita lakukan setelah seks, demi kesehatannya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan Seksual, Tips Seks 14 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
olahraga untuk mantan penderita sembuh dari pasien kanker survivor

Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit