4 Persiapan Penting Sebelum Melakukan Seks Anal

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 3 Desember 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Banyak orang menganggap seks anal adalah aktivitas seksual yang menyenangkan. Berbeda dengan seks pada umumnya, penetrasi penis tak dilakukan pada vagina melainkan ke dalam anus. Untuk beberapa penerima seks anal, anus bisa menjadi zona sensitif seksual yang mampu merangsang gairah seksual. Sementara untuk pasangan yang memberikannya, anus dapat memberikan rasa menyenangkan di sekitar penis. Jika Anda tertarik mencoba seks anal, ada beberapa persiapan yang yang perlu dilakukan sebelum memulainya.

Berbagai persiapan sebelum mencoba seks anal

Sebelum mencoba seks anal, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebagai persiapan agar seks anal bisa lebih aman dan menyenangkan.

1. Bicarakan dulu dengan pasangan Anda

Lakukan seks anal dengan kesepakatan Anda dan pasangan. Pastikan bahwa Anda dan pasangan sama-sama setuju untuk mencoba seks anal. Biasanya wanita sering merasa takut untuk melakukan aktivitas seksual ini, karena takut merasa sakit dan risiko yang mungkin terjadi setelahnya.

Jika pasangan Anda merasakan hal ini, sebaiknya Anda tidak memaksa agar ia mau mencoba seks anal. Karena hubungan seksual yang baik adalah yang membuat Anda dan pasangan sama-sama senang dan menikmati.

Selain itu, yakinkan diri Anda dan pasangan pada risiko yang mungkin akan terjadi setelah melakukan seks anal. Aktivitas seks ini memang menyenangkan untuk banyak orang, namun dibalik kenikmatannya terdapat beberapa risiko kesehatan yang mungkin terjadi.

2. Mandi atau bersihkan alat kelamin

Jika ingin mencoba melakukan seks anal dengan pasangan Anda, seorang ahli seksualitas (seksolog), Ava Cadell menyarankan untuk mandi bersama pasangan sebelum memulai seks anal.

Tentu hal ini bertujuan supaya alat kelamin dan anus tetap bersih, sehingga Anda dan pasangan nyaman untuk melakukan seks anal. Mandi bersama pasangan sambil bergantian membasuh dan membilas tubuh masing-masing juga dapat meningkatkan gairah seksual keduanya, sebelum memulai sesi seks.

3. Pakai pelumas

Anus tidak memiliki pelumas alami seperti vagina, karena itu, pasangan Anda perlu menggunakan pelumas untuk memberikan kenyamanan. Pakailah pelumas khusus anus yang mengandung benzocaine. Pelumas ini dapat mengurangi rasa sakit dan membuat penetrasi lebih nikmat.

4. Lakukan pelan-pelan

Lakukan seks anal langkah demi langkah, Anda dapat memulainya dengan menggunakan jari tangan pasangan, untuk mencoba memasukkan satu jari ke dalam anus.

Jika pasangan Anda merasa baik-baik saja, maka Anda bisa melanjutkannya dengan mencoba dua jari, dan seterusnya hingga melakukan penetrasi dengan penis. Jangan lupa tetap lakukan rangsangan pada zona-zona erotik yaitu daerah payudara, leher, telinga, dan bagian lainnya. Hal ini akan meningkatkan gairah dan orgasme Anda sehingga lebih memudahkan penetrasi penis pada anus.

Berhentilah jika Anda atau pasangan merasa kesakitan ketika melakukannya. Penting untuk selalu mengutarakan apa yang Anda rasakan saat mencoba seks anal. Bicarakan pada pasangan Anda tentang bagian mana yang membuat sakit, apa yang Anda suka dan tidak suka saat melakukan seks anal. Ini akan membuat seks anal terasa menjadi menyenangkan bagi Anda dan pasangan Anda.

Jika Anda mengalami perdarahan setelah seks anal atau menemukan luka di sekitar anus, segera periksalah ke dokter.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Posisi Seks yang Meningkatkan Peluang agar Cepat Hamil

Katanya, posisi seks tertentu bisa memudahkan jalan sperma untuk membuahi sel telur. Lantas, apa saja posisi seks yang dianjurkan agar cepat hamil?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Program Hamil, Kesuburan, Kehamilan 10 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Mengapa Orgasme Wanita Berbeda dengan Pria?

Orgasme wanita bisa dicapai lewat berbagai cara, bahkan berulang kali. Namun, untuk mencapainya tidaklah semudah pria. Simak selengkapnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan Seksual, Tips Seks 4 November 2020 . Waktu baca 4 menit

7 Cara Mencapai Multiorgasme Saat Seks (untuk Wanita)

Siapa bilang multiorgasme itu sulit untuk Anda raih? Anda bisa mencapai orgasme berkali-kali dengan cara-cara yang ada di artikel ini!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Seksual, Tips Seks 20 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit

6 Alasan Seks Lebih Menyenangkan dengan Lampu Menyala

Bercinta dengan lampu yang redup sudah biasa. Pernahkah Anda membayangkan seks dengan lampu menyala? Sebelumnya, coba simak artikel berikut.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Seksual, Tips Seks 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

program dan cara cepat hamil

7 Cara Cepat Hamil yang Perlu Dilakukan Anda dan Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
setelah seks

4 Hal yang Harus Langsung Dilakukan Wanita Setelah Seks

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
teknik foreplay

6 Teknik Foreplay Seksi untuk Merayu Istri

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 17 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
posisi seks menantang

12 Posisi Seks Menantang yang Bisa Anda Coba Malam Ini

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 8 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit