home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sisir Laser Penumbuh Rambut, Apa Benar Efektif?

Sisir Laser Penumbuh Rambut, Apa Benar Efektif?

Rambut adalah mahkota kepala yang sering kali menjadi andalan setiap orang dalam urusan penampilan, baik bagi pria maupun wanita. Namun, berbagai masalah kerap menghampiri rambut kita, mulai dari rambut rontok hingga kebotakan. Beberapa perusahaan terkemuka merilis teknologi terbaru yang membantu Anda mengatasi kebotakan, yaitu sisir laser penumbuh rambut. Tetapi, apa benar alat tersebut terbukti berhasil mengatasi kebotakan? Apakah ada efek sampingnya? Simak ulasannya di bawah ini.

Bagaimana cara kerja sisir laser penumbuh rambut?

Masalah rambut rontok adalah kondisi yang sangat umum terjadi pada hampir setiap orang. Meskipun normalnya manusia kehilangan beberapa helai rambut setiap hari, ada beberapa orang yang tidak mengalami penumbuhan rambut kembali.

Kondisi ini dapat berakibat pada kebotakan. Beberapa faktor yang memengaruhi terjadinya kondisi tersebut adalah usia, keturunan, perubahan hormon, masalah kesehatan, kurangnya asupan nutrisi yang baik, efek samping pengobatan, serta stres.

Penggunaan laser untuk mengatasi rambut rontok dan kebotakan sebenarnya sudah dilakukan sejak puluhan tahun yang lalu. Terapi ini disebut dengan low-level laser therapy, atau terapi laser level rendah.

Dalam terapi ini, laser akan memancarkan foton yang akan diserap oleh jaringan kulit kepala. Foton ini akan merangsang folikel pada kulit kepala untuk menumbuhkan rambut.

Belakangan ini, telah diciptakan beberapa alat yang memungkinkan penggunanya melakukan terapi laser di rumah. Salah satunya adalah sisir laser penumbuh rambut. Alat ini ditujukan untuk orang-orang yang rambutnya rontok cukup parah.

Sisir laser yang digunakan sebagai penumbuh rambut ini menggunakan laser level rendah berwarna merah. Setiap gigi sisir didesain agar dapat memancarkan sinar laser yang mengandung foton.

Jadi, setiap kali Anda menyisir, gigi sisir akan mencapai kulit kepala, sehingga sinar laser dapat meresap ke kulit kepala dengan baik.

Jadi, apakah sisir laser penumbuh rambut memang terbukti ampuh?

Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard University melakukan penelitian terhadap efektivitas salah satu merek sisir laser penumbuh rambut. Studi ini dilakukan pada 146 pria dan 188 wanita yang menderita rambut rontok berpola (pattern hair loss).

Penelitian ini membandingkan hasil perawatan rambut rontok menggunakan sisir laser dengan alat tiruan. Alat tiruan ini tidak menggunakan teknologi apapun.

Setelah 26 minggu, hasil penelitian menunjukkan bahwa rambut peserta penelitian yang pakai sisir laser lebih banyak ketimbang. dengan responden yang menggunakan alat tiruan.

Selain itu, tidak ada efek samping yang berbahaya dari penggunaan alat ini. Beberapa responden melaporkan adanya masalah kulit kering (5,1%), iritasi ringan (1,3%), dan rasa hangat di bagian kulit kepala (1,3%).

Hasil penelitian menyatakan bahwa sisir laser ini terbukti efektif menumbuhkan rambut dan mengatasi kebotakan. Tidak hanya itu, penggunaannya pun telah teruji aman dan tidak mengakibatkan efek samping yang berarti.

Yang harus diperhatikan saat menggunakan sisir laser penumbuh rambut

Meskipun alat ini telah terbukti aman dan efektif untuk mengatasi kerontokan, tentunya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakannya.

Yang pertama adalah Anda tidak disarankan memakai sisir laser ini saat Anda sedang menjalani pengobatan yang bersifat photosensitizing. Pengobatan tersebut menimbulkan reaksi kimia tertentu pada tubuh, yang membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap cahaya.

Selain itu, keamanan dan efek jangka panjang alat ini masih belum diteliti lebih lanjut. Seluruh perangkat laser, termasuk sisir laser penumbuh rambut, digolongkan sebagai perangkat medis oleh Food and Drug Administration (FDA).

Karena itulah, perangkat-perangkat terapi laser tidak memiliki tingkat pengawasan dan pengujian yang sama dengan yang terdapat di obat-obatan sebelum disetujui. Di samping itu, penggunaan laser ini kurang efektif digunakan bagi mereka yang memiliki kerontokan rambut tahap lanjut dibanding mereka pada tahap awal.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Laser Treatment for Hair Loss. https://www.healthline.com/health/laser-treatment-for-hair-loss. Accessed August 7, 2019.

Efficacy and safety of a low-level laser device in the treatment of male and female pattern hair loss: a multicenter, randomized, sham device-controlled, double-blind study. https://dash.harvard.edu/bitstream/handle/1/12152951/3986893.pdf?sequence=1. Accessed August 7, 2019.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Shylma Na'imah Diperbarui 29/11/2019
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x