home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Pro & Kontra Tato yang Menyala Dalam Gelap (Glow In The Dark)

Pro & Kontra Tato yang Menyala Dalam Gelap (Glow In The Dark)

Dunia hiburan sempat dikejutkan dengan Zayn Malik yang memamerkan koleksi tato terbarunya. Berbeda dengan tatonya yang lain, tato terbaru berbentuk light saber ni bisa menyala dalam gelap. Tato glow in the dark adalah salah satu inovasi baru di dunia seni tato, di mana tato ini baru dapat terlihat bila Anda berada di ruangan yang gelap.

Ada 2 jenis tato model ini, yaitu tato glow in the dark dan tato back light alias tato UV. Tato UV dapat dilihat di ruangan yang lampunya remang-remang, seperti contohnya di night club. Sedangkan tattoo glow in the dark hanya bisa dilihat kalau ruangan sudah benar-benar gelap.

Apakah tato yang menyala dalam gelap ini aman bagi kulit?

Baik tato UV atau tato glow in the dark, dua-duanya terkadang dianggap berbahaya. Hal ini disebabkan tinta yang digunakan untuk kedua tato ini. Tinta tato untuk tato biasa umumnya terbuat dari pigmen plastik, beberapa tinta logam, ataupun pigmen yang terbuat dari sayur-sayuran. Setelah itu, pigmen tersebut dicampur di cairan yang bersifat hipoalergenik, sehingga tinta tato biasa umumnya aman untuk digunakan bagi pecinta tato.

Akan tetapi, pada tinta yang digunakan untuk membuat tato glow in the dark, ada komponen tambahan yang bisa jadi berbahaya bagi pemakainya, yaitu fosforus. Fosforus inilah yang membuat tato Anda dapat menyala dalam gelap. Fosforus dapat menyebabkan kulit Anda alergi, seperti kulit menjadi gatal-gatal atau terasa panas. Fosforus juga sudah terbukti merupakan komponen yang karsinogen (memicu kanker) dan mengandung kandungan radioaktif. Selain tidak baik untuk kulit Anda, tato ini juga mungkin kurang ramah terhadap kantong karena harga tato ini lebih mahal daripada tato biasanya.

Sebagai alternatif, terkadang orang memilih untuk memakai tato UV. Meskipun belum diketahui secara pasti efek sampingnya atau apakah lebih aman dibanding dengan tato glow in the dark. Akan tetapi, menurut beberapa orang yang sudah memakai tato UV ini, tetap ada beberapa efek samping seperti kulit lecet dan gatal-gatal.

Kelebihan tato glow in the dark

Berikut alasan-alasan mengapa mungkin Anda setuju dengan tato yang menyala dalam gelap:

  • Tato jenis ini terlihat bagus dan keren saat lampu remang-remang atau mati. Akui saja, Anda pasti akan terkesima saat melihat tato yang glow in the dark, bukan?
  • Tato ini cocok bagi mereka yang ingin punya tato namun berada di lingkungan konservatif, karena dengan tinta ini, Anda bisa menyembunyikan tato yang Anda punya. Anda bisa membuat tato di tangan Anda tanpa orang lain tahu, kecuali saat Anda di dalam gelap.
  • Kalau Anda ingin membuat tato dengan desain yang agak provokatif, jenis tato yang menyala dalam gelap adalah jenis tato yang tepat untuk Anda. Alasannya, seperti yang sudah disebutkan, bahwa tato ini tidak terlihat dalam cahaya terang.

Kekurangan tato glow in the dark

Berikut adalah alasan-alasan yang mungkin membuat Anda berpikir ulang bila ingin menambah koleksi tato di tubuh Anda dengan tato yang menyala dalam gelap:

  • Tato ini hanya terlihat jelas di tempat yang pencahayaannya kurang. Oleh karena itu, kalau Anda banyak menghabiskan waktu di tempat-tempat yang terang, maka tato ini akan sangat jarang dapat terlihat.
  • Tinta tato yang digunakan untuk membuat tato yang menyala dalam gelap tidak seaman tinta tato biasa.
  • Harga tato yang menyala dalam gelap lebih mahal dibandingkan dengan tato biasa.
  • Efek menyala dalam gelap biasanya agak kabur saat masa pemulihan (masa healing).
  • Tato jenis ini juga sulit untuk dihapus. Memang semua jenis tato permanen sulit dihapus, akan tetapi khusus untuk tato ini lebih sulit lagi cara menghapusnya. Teknologi laser contohnya, meskipun sudah terbukti bisa menghapus tato permanen biasa, cara ini tidak dapat menghapus tato yang menyala dalam gelap.
  • Studio yang menyediakan tato yang menyala dalam gelap juga lebih sulit ditemukan. Karena tidak semua studio tato memiliki tinta untuk membuat tato jenis ini.
  • Dari sudut pandang pengrajin tato, tinta tato yang menyala dalam gelap lebih susah dipakai. Para ahli tato harus bergantung dengan cahaya remang-remang, atau bahkan cahaya gelap total, untuk memeriksa proses pembuatan tato tersebut.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Glow in the Dark Tattoos. Reasons To Get and Not to Get Black Light Tattoos. http://www.agelessarttattoos.com/glow-in-the-dark-tattoos-the-pros-cons-and-prices/

Warning: These Tattoo Inks May Be Hazardous to Your Health. http://www.inkoffhawaii.com/tattoo-news/warning-these-tattoo-inks-may-be-hazardous-to-your-health

Glow In The Dark Tattoo Ink. http://tattoos.lovetoknow.com/Glow_in_the_Dark_Tattoo_Ink

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi Diperbarui 05/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Satya Setiadi