home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Plester untuk Pusar Bodong, Ampuhkah Mengembalikan Bentuk Pusar?

Plester untuk Pusar Bodong, Ampuhkah Mengembalikan Bentuk Pusar?

Pusar bodong sebenarnya merupakan istilah awam untuk kondisi medis yang disebut hernia umbilikalis. Kondisi ini ditandai dengan keluarnya bagian usus atau jaringan lemak dari tubuh melalui pusar. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pusar bodong, salah satu yang terkenal adalah dengan plester khusus.

Plester ini diklaim mampu mengembalikan bentuk pusar yang bodong kembali normal. Lantas, apakah cara ini benar terbukti efektif?

Ampuhkah plester untuk pusar bodong?

pusar bodong

Hernia umbilikalis atau pusar bodong adalah kondisi yang dapat dialami anak-anak, terutama pada bayi yang lahir prematur. Ukurannya bisa bertambah besar saat anak batuk, tertawa, atau menangis. Tak hanya itu, ukurannya juga dapat mengecil ketika anak berbaring.

Selama masa kehamilan, tali pusar menghubungkan tubuh ibu dengan janin melalui bukaan pada perut janin. Bukaan ini seharusnya tertutup setelah bayi lahir, tapi pada beberapa bayi otot perut di area pusar terkadang tidak dapat menutup sempurna.

Dinding otot perut akhirnya menjadi lemah dan tidak mampu menahan tekanan dari usus serta jaringan lemak. Akibatnya, terbentuk benjolan hernia yang tampak menonjol dari dalam pusar, dan dikenal pusar bodong.

Orang dewasa juga bisa memiliki pusar bodong, namun karena penyebab yang berbeda. Pada orang dewasa, pusar bodong bisa akibat berat badan berlebih, tubuh yang tegang akibat mengangkat beban berat, menderita batuk jangka panjang, serta hamil lebih dari satu janin.

Orangtua yang memiliki anak dengan pusar bodong biasanya menggunakan sejenis plester khusus untuk menutupi benjolan. Plester ini dibuat dari sejenis kain antiair yang fleksibel, kuat, tapi cukup tipis dan nyaman dipakai.

Penggunaan plester memang dapat dijadikan alternatif untuk mengontrol ukuran hernia. Namun, sayangnya, cara ini tidak dapat menyembuhkan penyakit hernia karena dinding otot perut tetap lemah dan rentan robek.

Cara memperbaiki pusar yang bodong

seputar fakta pusar manusia
Belly, button

Hernia pada pusar dapat menimbulkan gangguan berupa nyeri dan rasa tidak nyaman, terlebih jika hernia tersangkut di luar pusar dan tidak bisa masuk kembali. Benjolan tersebut juga bisa membelit organ pencernaan sehingga berbahaya bagi kesehatan.

Tidak sedikit orangtua yang meyakini bahwa pemakaian plester bermanfaat untuk mengatasi pusar bodong. Padahal, benjolan hernia pada bayi sebenarnya dapat masuk kembali ke dalam tubuh tanpa penanganan apa pun.

Jika hernia terus ada hingga dewasa, cara paling tepat untuk mengatasinya adalah melalui operasi. Operasi ini sangat sederhana dan hanya berlangsung selama 20-30 menit. Pasien akan dibius total selama menjalani operasi.

Hernia berukuran kecil dapat diatasi dengan menjahit bagian dinding otot perut yang lemah. Sedangkan pada orang dewasa dengan hernia berukuran besar, bagian otot perut yang lemah perlu diperkuat dengan bebat khusus.

Anda boleh saja tidak menjalani operasi jika hernia berukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala. Meski demikian, perlu diingat bahwa pusar bodong tidak bisa diperbaiki dengan cara alternatif berupa plester.

Plester dan bebat khusus kadang digunakan untuk mencegah infeksi pada bekas operasi pusar bodong. Namun, selain tidak efektif mengatasi hernia, plester dan bebat khusus pun tidak terbukti memberikan efek signifikan untuk mencegah infeksi.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan plester guna mengatasi pusar bodong tidaklah benar. Jika bayi terlahir dengan hernia, langkah terbaik yang perlu dilakukan orangtua adalah berkonsultasi dengan dokter guna menentukan penanganannya. Begitu pula jika Anda memiliki pusar bodong saat dewasa dan ingin mengatasinya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Umbilical hernia: What you need to know. https://www.medicalnewstoday.com/articles/189580.php Diakses pada 14 Juni 2019.

Umbilical hernia repair. https://www.nhs.uk/conditions/umbilical-hernia-repair/ Diakses pada 14 Juni 2019.

Hernia repair. https://www.kch.nhs.uk/Doc/pl%20-%20115.3%20-%20hernia%20repair.pdf Diakses pada 14 Juni 2019.

Merei, J. (2006). Umbilical hernia repair in children: is pressure dressing necessary. Pediatric Surgery International, 22(5), pp.446-448.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari
Tanggal diperbarui 29/06/2019
x