home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

3 Latihan Fisik yang Perlu Dilakukan untuk Persiapan Sebelum Beribadah Haji

3 Latihan Fisik yang Perlu Dilakukan untuk Persiapan Sebelum Beribadah Haji

Berbagai persiapan sebelum bertolak menuju Ka’bah perlu dilakukan secara matang. Sebagian persiapan tidak dapat dilakukan secara mendadak, salah satu contohnya adalah kondisi fisik. Ibadah haji memerlukan kebugaran dan ketahan tubuh yang optimal karena sebagian besar kegiatan akan mengharuskan Anda untuk berjalan kaki. Persiapan fisik calon haji terdiri dari kebiasaan atau aktivitas fisik yang Anda lakukan sehari-hari. Jika Anda merupakan orang yang pasif, upayakan untuk memperbanyak bergerak ketika waktu keberangkatan sudah dekat.

Latihan untuk persiapan fisik calon haji

Latihan fisik atau olahraga dengan gerakan berbeda dapat membantu tubuh tetap fit dan sehat, serta membuat olahraga tetap menyenangkan. Berikut beberapa olahraga yang dapat meningkatkan kebugaran dan dapat menjadi bagian dari persiapan fisik calon haji.

Jalan cepat

Jalan cepat merupakan bentuk latihan kardio yang mudah dan efektif. Anda mungkin sudah mengerti betapa pentingnya latihan kardio untuk kebugaran tubuh. Untuk melakukan jalan cepat Anda dapat mengikuti langkah berikut:

  • Posisi kepala tegak, melihat ke depan, dan tidak menunduk
  • Pastikan leher, pundak, dan punggung dalam keadaan rileks, tetapi jangan membungkuk
  • Jalan dengan kecepatan yang stabil, tidak terlalu lambat atau cepat

Ibadah haji memerlukan banyak kegiatan berjalan kaki, sehingga Anda disarankan untuk terbiasa berjalan dengan jarak yang jauh.

Jalan cepat juga bermanfaat bagi beberapa aspek kesehatan lain, seperti:

  • Menurunkan berat badan
  • Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
  • Menurunkan tekanan dan gula darah
  • Meningkatkan kesehatan mental

Lari atau joging

Latihan atau olahraga untuk persiapan fisik calon haji berikutnya adalah joging. Jangan salah, joging dan berlari tidak sama. Memang pada dasarnya Anda berlari, tetapi joging lebih ringan dibandingkan lari.

Namun, keduanya memberikan manfaat kesehatan yang hampir sama. Satu hal yang pasti, keduanya lebih baik dibandingkan jalan cepat. Jika rutin melakukan joging saja, Anda akan:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Menambah stamina
  • Menjaga berat badan
  • Menurunkan risiko penyakit kronis
  • Mendapatkan mood booster alami

Daya tahan tubuh sangat penting apalagi Anda akan berkunjung pada sebuah negara yang dikunjungi orang-orang dari berbagai penjuru dunia. Berbagai virus penyakit dapat menyebar dengan mudah karena hampir semua tempat ibadah dipenuhi jemaah. Jangan lupa untuk mempersiapkan suplemen seperti vitamin C karena dapat juga meningkatkan daya tahan tubuh.

Bersepeda

Siapa yang tidak suka naik sepeda? Mungkin sebagian besar orang dari berbagai kalangan dan usia menyukai olahraga yang satu ini. Bersepeda pun dapat menjadi persiapan fisik calon haji sebelum menjalankan ibadah haji.

Bersepeda termasuk aktivitas aerobik (sama seperti jalan kaki, berlari, dan joging), yang artinya jantung, pembuluh darah, dan paru-paru Anda semua bekerja secara bersamaan. Anda dapat bersepeda dua hingga empat jam dalam seminggu untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Selain dapat meningkatkan kebugaran untuk persiapan fisik calon haji, bersepeda memberikan manfaat kesehatan lain seperti:

  • Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
  • Meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot
  • Meningkatkan kerja sendi
  • Mengurangi tingkat stres, kecemasan, dan depresi
  • Memperbaiki postur dan koordinasi badan
  • Memperkuat tulang
  • Menurunkan lemak dalam tubuh
  • Mencegah atau mengatasi beberapa jenis penyakit

Beberapa contoh latihan fisik di atas termasuk kegiatan aerobik yang dapat membantu menambah kebugaran para calon jemaah haji. Sebuah kajian bahkan telah meneliti hubungan antara latihan aerobik dan kebugaran fisik para calon haji terutama yang berusia lanjut. Hasilnya, terdapat efek yang signifikan dari latihan aerobik terhadap kebugaran fisik.

Selain fisik, Anda perlu menjaga daya tahan tubuh saat menjalankan ibadah haji dengan cara memenuhi kebutuhan nutrisi agar tidak mudah sakit. Salah satu cara mudah yang dapat Anda lakukan adalah dengan membawa suplemen penambah daya tahan tubuh yang mengandung vitamin C, Vitamin D, dan Zinc dalam format effervescent (tablet larut air).

Selain efektif meningkatkan daya tahan tubuh, dalam waktu yang sama juga menambah konsumsi cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi yang penting selama beribadah haji.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The American Heart Association. (2014). Endurance Exercise (Aerobic). Retrieved February 3, 2020, from: https://www.heart.org/en/healthy-living/fitness/fitness-basics/endurance-exercise-aerobic

Roland, J. (2019, December 9). How to Get a Great Workout with Brisk Walking. Retrieved February 3, 2020, from: https://www.healthline.com/health/brisk-walking#benefits

Maloney, L. (2011, August 31). The Effects of Jogging Every Day. Retrieved February 3, 2020, from: https://www.livestrong.com/article/531257-the-effects-of-jogging-every-day/

Department of Health & Human Services, State Government of Victoria, Australia. (2012). Cycling – health benefits. Retrieved February 3, 2020, from: https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/cycling-health-benefits

Prasetyo, Y., Doewes, M., Rahma, N., & Anantanyu, S. (2017). Effects of Aerobic Exercise and Weight Training-Aerobic towards Physical Fitness of Elderly Hajj Candidates. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology7(1), 106. https://doi.org/10.18517/ijaseit.7.1.1446 Retrieved February 3, 2020, from: http://www.insightsociety.org/ojaseit/index.php/ijaseit/article/view/1446

HAJJA SAIRA. (2019). Getting Ready for Hajj – Physically, Mentally and Spiritually – IslamiCity. Retrieved February 3, 2020, from: https://www.islamicity.org/12445/getting-ready-for-hajj-physically-mentally-and-spiritually/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Roby Rizki Diperbarui 20/04/2020
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x