Pssst, Bayi Bisa Mengenali Wajah Anda Bahkan Saat Masih Dalam Kandungan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Setiap orangtua pasti selalu memantau perkembangan janin mereka. Malah, bagi sebagian orangtua, mengetahui perkembangan janin dari waktu ke waktu adalah hal yang menyenangkan. Memang, pertumbuhan dan perkembangan janin hingga ia menjadi bayi terjadi sangat cepat dan pesat. Bahkan, saking pesatnya, bayi Anda sudah dapat melihat dan mengenali wajah ketika ia masih di dalam kandungan. Tidak percaya?  

Bagaimana bayi dalam kandungan dapat mengenali wajah?

Percaya atau tidak, janin Anda sudah dapat melihat sejak ia masih di dalam kandungan. Tak hanya sekadar melihat saja, bahkan ia mengenali bentuk wajah seseorang. Sebuah penelitian telah menyatakan hal ini mungkin saja terjadi pada bayi Anda.

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Lancaster University, Inggris, menyatakan bahwa janin sudah dapat mengenali wajah seseorang meski di dalam kandungan. Para peneliti melakukan uji coba ini dengan menggunakan USG 4D yang dianggap dapat memperlihatkan gerakan hingga wajah janin dengan jelas.

Jadi, dalam penelitian ini, peneliti mencoba memberikan rangsangan pada janin dan kemudian melihat respon janin terhadap rangsangan dari USG 4D. Terdapat dua rangsangan yang diberikan pada janin, yaitu rangsangan cahaya yang hanya berbentuk segitiga. Sementara rangsangan yang lain adalah cahaya segitiga dengan ditambahkan dua titik di dalamnya, sehingga berbentuk seperti wajah yang memiliki mata.

Lalu dari hasil penelitian diketahui bahwa sebanyak 39 janin mendongakkan kepalanya sebanyak 40 kali ketika diberikan  rangsangan yang menyerupai bentuk wajah seseorang. Sedangkan, janin hanya merespon sebanyak 14 kali saat rangsangan cahaya segitiga diberikan.

USG 3D

Perkembangan visual bayi dalam kandungan

Dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa banyak hal yang tak terduga yang terjadi ketika masa perkembangan janin. Meskipun baru diketahui bahwa janin dapat melihat dan mengenali wajah ketika ia masih di dalam kandungan, namun memang normalnya semua janin memiliki kemampuan melihat ketika kehamilan berusia 28 minggu.

Pada usia kehamilan tersebut, kelopak mata janin akan terbuka dan mulai mengedip untuk pertama kalinya. Kemampuan visual adalah kemampuan yang terakhir dibentuk oleh sang cabang bayi, oleh karena itu saat lahir, bayi hanya dapat melihat dengan jarak sekitar 20-30 cm saja.  

Cahaya di sekitar perut bisa mengganggu janin

Para ahli juga menyatakan bahwa jangan memberikan rangsangan cahaya yang terlalu terang pada janin Anda – misalnya mendekatkan lampu ke perut ibu. Hal ini hanya akan mengganggu dan membuat janin merasa tidak nyaman, pasalnya ia sudah dapat ‘melihat’ dan menerima cahaya tersebut sebagai rangsangan.

Hal tersebut juga menandakan bahwa rangsangan apapun yang diterima akan memengaruhi perkembangan janin. telah banyak penelitian yang juga membuktikan bahwa suara yang didengar janin dari luar kandungan memengaruhi kemampuan kognitifnya kelak.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Jika Suka Minum Teh Saat Hamil

Selama kehamilan, Anda harus menjaga asupan makanan dan minuman, termasuk minum teh. Simak panduan aman minum teh saat hamil berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Apakah Demam Dapat Berarti Salah Satu Tanda Kehamilan?

Mual, muntah, dan pusing adalah gejala hamil yang paling umum. Bagaimana dengan demam, apakah termasuk tanda hamil? Atau pertanda sakit tertentu?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Jessica Yulianti
Masalah Kehamilan, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

Mengapa Sebagian Orang Mudah Dihipnotis, Sementara yang Lain Tidak?

Anda mungkin waspada ketika berjalan sendirian, takut dihipnotis oleh orang tak dikenal. Tahukah Anda tidak semua orang mudah dihipnotis?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Penyakit Saraf Lainnya 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Mengenal Angiosarkoma, Kanker yang Sering Menyerang Kulit Kepala dan Leher

Anda mungkin sudah sering mendengar tentang kanker payudara, kanker serviks, dan jenis kanker lainnya. Bagaimana dengan angiosarkoma?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Penyakit Kanker Lainnya 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat pisang

9 Manfaat Pisang yang Jadi Buah Favorit Banyak Orang

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
berhenti minum pil kb

7 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Minum Pil KB

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
mencium bau

Kenapa Beberapa Orang Cenderung Susah Mencium Bau?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
gaya pengasuhan

Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit