home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Hal yang Membuat Wajah Anda Terlihat Lebih Tua Dibanding Teman-teman Seumuran

5 Hal yang Membuat Wajah Anda Terlihat Lebih Tua Dibanding Teman-teman Seumuran

Anda mungkin pernah merasa ada teman Anda yang seumuran tapi terlihat lebih tua. Atau jangan-jangan justru Anda sendiri yang terlihat lebih tua dibanding teman-teman Anda? Ternyata ada penjelasan ilmiah di balik penampilan seseorang yang terlihat lebih muda atau lebih tua dari orang-orang seusia mereka. Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Faktor yang menentukan cepat atau lambatnya proses penuaan seseorang

Melalui jurnal yang dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences, para peneliti mengungkapkan bahwa tiap orang memiliki proses penuaan yang berbeda-beda. Dengan menggunakan 18 faktor, para peneliti menentukan seberapa cepat dan lambat proses penuaan seseorang. Beberapa faktor tersebut di antaranya adalah tekanan darah, fungsi paru, kolesterol, indeks massa tubuh, inflamasi, keutuhan DNA, gigi, pembuluh darah di belakang mata, sistem kekebalan tubuh, kebugaran kardioresepsi, dan panjang telomere (tutup pelindung pada ujung kromosom yang diduga mempersingkat usia).

Dari 18 macam pengukuran tersebut, tim peneliti melakukan perhitungan umur biologis yang dilakukan pada peserta berusia di bawah 30 sampai mendekati 60 tahun. Pada tahun berikutnya, peneliti kembali melakukan pengukuran 18 faktor dan perhitungan umur biologis tiap peserta. Setelah itu peneliti melakukan perbandingan terhadap kedua hasil perhitungan untuk mengetahui kecepatan proses penuaan tiap individu.

Hasilnya?

1. 80 persen faktor yang mempengaruhi penuaan adalah genetik

Sebagian peserta penelitian yang memiliki umur biologis lebih tua, mengalami proses penuaan yang lebih cepat dari orang seusianya. Sebaliknya, peneliti juga mendapati jika peserta lain yang memiliki umur biologis lebih muda mengalami proses penuaan yang lebih lambat dibanding orang seusia mereka.

Setelah melakukan penelitian lebih lanjut, para peneliti mengatakan jika 80 persen faktor yang mempengaruhi kecepatan proses penuaan pada tiap orang ialah genetik. Hal ini dikarenakan faktor genetik berada di luar kendali manusia. Akan tetapi, beberapa faktor seperti penyakit kronis dan perubahan psikologis juga turut berperan dalam menentukan kecepatan penuaan seseorang.

2. Minum alkohol

Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan bisa mempengaruhi kandungan garam dalam tubuh. Selain itu, alkohol juga bisa menyumbat sel-sel baru yang seharusnya menggantikan sel-sel yang telah mati. Itu sebabnya, kebanyakan mengonsumsi alkohol membuat sel-sel kulit mati menumpuk di wajah sehingga wajah nampak lebih kusam dan lusuh.

3. Merokok

Seperti yang sudah diketahui, merokok memberikan efek buruk bagi kesehatan. Sebuah penelitian menunjukan, selain memperpendek usia Anda dengan meningkatkan risiko penyakit jantung dan paru-paru, ternyata merokok juga bisa mengaktifkan enzim yang memecah elastisitas kulit, loh!

Mengisap rokok membuat otot-otot di sekitar wajah, lebih tepatnya mulut, menjadi tertarik atau melar. Selain itu, asap yang dihasilkan dari rokok akan menyebakan kulit wajah menjadi kering sehingga membuat wajah jadi cepat keriput.

4. Kurang tidur

Seiring bertambahnya usia, Anda masih harus memenuhi kebutuhan tidur selama 7 sampai 8 jam setiap malam untuk kesehatan yang optimal. Kurang tidur tidak hanya membuat kantung mata saja, melainkan juga bisa mempercepat proses penuaan. Oleh sebab itu, mendapatkan tidur yang cukup pada malam hari adalah sesuatu yang sangat penting.

5. Malas membersihkan wajah

Setelah seharian beraktivitas, ada baiknya Anda meluangkan waktu untuk membersihkan wajah dari kotoran dan debu yang menempel di area wajah. Pasalnya, jika tidak dibersihkan, kotoran akan menumpuk di wajah sehingga memberikan peluang timbulnya masalah kulit seperti kulit kusam, lusuh atau bahkan memunculkan jerawat yang mempengaruhi penampilan Anda.

Bagaimana agar wajah tak cepat tua?

Selain dari 18 faktor yang digunakan tim peneliti untuk mengukur proses penuaan, ternyata pola makan dan gaya hidup sehat juga bisa memperlambat proses penuaan seseorang, salah satunya ialah dengan mengonsumsi makanan rendah lemak dan garam. Dalam hal gaya hidup sehat, menjaga berat badan, mengurangi stres, meningkatkan kekuatan sistem imun tubuh, dan melakukan olahraga secara teratur juga dapat memberi dampak positif dan mencegah penuaan dini.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Age Calculator: Researchers Can Determine Why Some People Look Older Than Others Of The Same Age – http://www.medicaldaily.com/age-calculator-researchers-can-determine-why-some-people-look-older-others-same-age-341484 diakses pada 11 April 2017

14 Foods That Make You Look Older –

http://www.health.com/health/gallery/0,,20837371,00.html#more diakses pada 11 April 2017

8 Unhealthy Habits That Make You Age Faster – http://www.everydayhealth.com/senior-health-pictures/bad-habits-that-make-you-age-faster.aspx#09 diakses pada 11 April 2017

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Risky Candra Swari
Tanggal diperbarui 24/04/2017
x