Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Penyebab Muka Bantal Saat Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya

    Penyebab Muka Bantal Saat Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya

    Anda mungkin sering jadi bulan-bulanan orang sekitar yang bilang, “Muka lo bantal, deh! Baru bangun tidur, ya?” Padahal, berani sumpah Anda sudah mandi dan cuci muka sebelum berangkat tadi. Sebenarnya, apa sih penyebab muka bantal? Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

    Apa penyebab muka bantal saat bangun tidur?

    wajah berminyak

    Tampilan wajah yang membengkak saat bangun tidur memang bikin kaget. Jangan khawatir dulu, sebab sering kali muka bantal atau muka bengep muncul hanya karena posisi tidur yang kurang baik.

    Meski demikian, terkadang muka bantal juga bisa menjadi tanda dari suatu masalah kesehatan. Terutama bila Anda juga merasakan gejala-gejala lain yang tidak biasa.

    Berikut merupakan beberapa faktor yang dapat menyebabkan kondisi ini.

    1. Alergi

    Salah satu kondisi yang dapat menyebabkan wajah bengkak adalah alergi. Biasanya, muka bantal saat bangun tidur muncul pada orang-orang yang mengalami konjungtivitis.

    Konjungtivis merupakan sejenis alergi yang mengakibatkan radang pada mata. Pemicu alergi seperti debu, bulu binatang, serbuk sari, dan jamur bisa menempel pada permukaan seprai sehingga mengenai wajah Anda ketika tidur.

    Selain pembengkakan yang terjadi di sekitar mata, gejala lain yang biasanya muncul yaitu selaput mata yang memerah, berair, dan mata terasa gatal sampai perih.

    Alergi konjungtivitis juga dapat disertai dengan bersin-bersin serta hidung tersumbat dan berlendir.

    2. Minum alkohol

    Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan dehidrasi yang membuat bagian wajah di sekitar mata membengkak keesokan harinya.

    Alkohol dapat menyebabkan pelebaran pada pembuluh darah sehingga cairan yang tertampung pada tubuh menjadi banyak. Bertambahnya cairan inilah yang membuat wajah bengkak saat bangun tidur.

    Pembengkakan wajah akibat alkohol juga bisa disertai dengan munculnya ruam-ruam kemerahan atau rosacea.

    3. Gigi berlubang

    Hati-hati, lalai menyikat gigi sebelum tidur juga bisa menjadi penyebab muka dan pipi bengkak setelah bangun tidur.

    Bila Anda terus-terusan malas menyikat gigi, bakteri akan terus menumpuk dan menimbulkan infeksi atau gigi berlubang.

    Selain nyeri pada gigi dan gusi, salah satu gejala khas dari infeksi gigi adalah pembengkakan. Pembengkakan ini bisa membuat pipi Anda terlihat lebih besar.

    4. Terlalu banyak makan makanan asin

    ngidam makanan asin

    Makan camilan gurih memang enak, tapi sayangnya, terlalu banyak makan garam justru akan membuat wajah Anda bengkak esok hari setelah bangun tidur.

    Tak hanya camilan, semua makanan asin dan gurih yang mengandung natrium bila dimakan berlebihan akan menimbulkan efek yang sama. Ini disebabkan oleh natrium yang bersifat mengikat air.

    Ketika Anda terlalu banyak makan makanan mengandung natrium, ada semakin banyak cairan yang tertahan dan berkumpul dalam pembuluh darah. Pembuluh darah pada wajah termasuk salah satunya.

    5. Hipotiroidisme

    Muka yang selalu terlihat bengkak saat bangun tidur bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan tertentu, salah satunya hipotiroidisme.

    Hipotiroid terjadi saat kelenjar tiroid tidak aktif atau tidak memproduksi hormon dengan cukup. Padahal, hormon tiroid sangat dibutuhkan untuk mengatur penggunaan energi di dalam tubuh.

    Selain muka bengep, gejala hipotiroidisme lainnya yaitu kulit kering, detak jantung melambat, sembelit, kelelahan, dan kenaikan berat badan secara drastis.

    Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, berkonsultasilah segera dengan ahli medis. Menurut American Thyroid Association, sekitar 60% orang yang mengalami hipotiroid tidak menyadari kondisinya.

    Cara mengatasi muka bantal

    kenapa masih mengantuk padahal sudah cukup tidur

    Apabila muka bantal Anda murni disebabkan oleh kebiasaan sebelum tidur yang buruk dan tidak disertai gejala alergi, infeksi, maupun cedera khusus, Anda bisa mengatasinya dengan mudah.

    Bahkan, sebenarnya selama Anda dalam kondisi yang sehat, muka bantal bisa kembali seperti semula pada siang harinya walau dibiarkan.

    Bila Anda tetap merasa terganggu dengan tampilannya, coba atasi dengan cara-cara berikut ini.

    1. Bilas muka dengan air dingin

    Salah satu cara paling mudah dan praktis yang dapat Anda lakukan yaitu langsung membilas wajah dengan air dingin begitu bangun tidur.

    Anda juga bisa kompreskan es batu yang dibalut handuk tipis pada seluruh wajah Anda. Kompres dingin dapat mengecilkan pembuluh darah wajah sehingga memperlambat aliran darah yang membuat muka bengep.

    Alternatifnya, Anda bisa menempelkan irisan mentimun atau kantong teh celup dingin pada area wajah yang membengkak.

    2. Minum air putih

    Dehidrasi setelah semalaman tidur dan tidak minum sama sekali bisa menyebabkan wajah bengkak saat bangun tidur. Untuk menyudahi masalah ini, perbanyak minum air putih setelah bangun tidur.

    Lanjutkan dengan tetap menenuhi kebutuhan cairan tubuh untuk sehari penuh. Minum air putih dapat membantu tubuh membuang kelebihan berat air.

    3. Pijat wajah

    Memijat wajah setiap baru bangun tidur disinyalir dapat memperlancar aliran darah pada wajah. Tak hanya itu, pijatan juga melancarkan aliran getah bening yang membantu proses pembuangan racun dari dalam tubuh.

    Anda dapat memijat wajah menggunakan tangan atau alat seperti face roller. Dengan rutin melakukannya, alhasil Anda bisa ucapkan selamat tinggal pada muka bantal yang sering jadi bahan lelucon!

    Ingat, bila Anda merasakan gejala lain, atau khawatir akan kemungkinan adanya penyakit yang mendasari munculnya kondisi ini, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

    Cegah muka bantal setelah bangun pagi

    Kebiasaan berikut bisa bantu mencegah tampilan wajah bengkak saat bangun tidur.

    • Hindari makan makanan asin sebelum tidur.
    • Bersihkan riasan wajah sebelum tidur. Sisa riasan bisa menyebabkan peradangan kulit yang menyebabkan wajah bengkak pada pagi hari.
    • Hindari minuman beralkohol.


    Ingin mendapatkan berat badan ideal?

    Yuk konsultasikan masalahmu dengan ahli gizi atau berbagi tips bersama di Komunitas Berat Badan Ideal!


    health-tool-icon

    Kalkulator BMI (IMT)

    Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Bags Under Eyes. (2022). Mayo Clinic. Retrieved June 8, 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bags-under-eyes/symptoms-causes/syc-20369927

    Tooth Abscess. (2019). Mayo Clinic. Retrieved June 8, 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tooth-abscess/symptoms-causes/syc-20350901

    Allergies. (2020). Mayo Clinic. Retrieved June 8, 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/allergies/symptoms-causes/syc-20351497

    Face Rolling: How to Do It and Its Many Benefits. (2021). Cleveland Clinic. Retrieved June 8, 2022, from https://health.clevelandclinic.org/face-roller-benefits/

    General Information/Press Room | American Thyroid Association. (2022). Retrieved 16 June 2022, from https://www.thyroid.org/media-main/press-room/

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Winona Katyusha Diperbarui Aug 23
    Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa
    Next article: