home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

3 Cara Paling Jitu untuk Kempiskan Muka Bengep Setelah Tidur Semalaman

3 Cara Paling Jitu untuk Kempiskan Muka Bengep Setelah Tidur Semalaman

Anda mungkin sering jadi bulan-bulanan target nyinyiran orang sekitar yang bilang “Muka lo bantal, deh! Baru bangun tidur, ya?” Padahal, berani sumpah Anda sudah mandi dan cuci muka sebelum berangkat tadi. Lalu, harus bagaimana untuk memberantas si muka bantal, yang bikin muka bengep setelah bangun tidur ini?

Kenapa muka bengep setelah bangun tidur?

Kebanyakan kasus wajah bengkak atau bengap dan sembap biasanya disebabkan oleh alergi, efek samping obat tertentu, hingga cedera kepala.

Namun jika spesifik hanya terjadi setelah bangun tidur tanpa ada pemicu lain yang jelas dan tidak ada gejala-gejala terkait alergi atau masalah medis tertentu, muka bantal di pagi hari biasanya disebabkan oleh dehidrasi.

Atau yang terjadi justru sebaliknya, muka bengap setelah bangun tidur juga bisa terjadi karena tubuh kelebihan berat air setelah semalam makan makanan tinggi garam atau habis minum-minum miras. Begitu ungkap Margarita Lolis, MD, selaku dokter kulit dari New Jersey.

Selain itu, posisi wajah yang tertekan di atas bantal selama Anda tidur turut menyebabkan muka bengep setelah bangun tidur nantinya.

wajah berminyak

Tips mengempeskan muka bantal setelah bangun pagi

Apabila muka bantal benar-benar murni disebabkan oleh kebiasaan sebelum tidur yang buruk dan tidak disertai gejala alergi, infeksi maupun cedera khusus, cara mengempiskannya sebetulnya mudah. Bahkan muka bengap bisa dibiarkan saja kempis dengan sendirinya.

1. Cuci muka pakai air dingin

Namun jika Anda butuh tampil prima tanpa godaan dan nyinyiran teman sekitar, coba cuci muka Anda pakai basuhan air dingin.

Anda juga bisa kompreskan es batu yang dibalut handuk tipis pada seluruh wajah Anda, saran Sejal Shah, MD, seorang dokter kulit di New York. Kompres dingin dapat mengecilkan pembuluh darah di wajah sehingga memperlambat aliran darah yang membuat wajah bengap.

Alternatifnya, Anda bisa rutin pakai tempelkan irisan mentimun atau kantong teh celup dingin di area wajah yang bengap.

2. Minum air putih

Sudah disebutkan di atas bahwa dehidrasi setelah semalaman tidur dan tidak minum sama sekali bisa membuat wajah bengap. Untuk menyudahi masalah memalukan ini, perbanyak minum banyak air putih di pagi hari setelah bangun tidur.

Lanjutkan dengan tetap menenuhi kebutuhan cairan tubuh untuk sehari penuh. Minum air putih dapat membantu tubuh membuang kelebihan berat air.

3. Pijat wajah

Rutin memijat wajah dan melakukan senam wajah setiap baru bangun tidur disinyalir dapat memperlancar aliran darah pada wajah. Alhasil, anda bisa ucapkan selamat tinggal pada wajah bengp yang sering jadi bahan lelucon!

Tips mencegah muka bantal setelah bangun pagi

Selain itu, ada baiknya Anda rutin melakukan beberapa hal berikut ini guna mencegah muka bengep setelah bangun tidur:

  • Hindari makan makanan asin sebelum tidur.
  • Bersihkan riasan wajah sebelum tidur. Sisa makeup bisa menyebabkan peradangan kulit yang memicu wajah bengkak di pagi hari.
  • Kurangi atau bahkan hindari minum minuman beralkohol.

Olahraga teratur juga bisa bantu mencegah muka bengep setelah bangun tidur. Pasalnya menurut Dr. Shah, produksi keringat yang dihasilkan tubuh ketika berolahraga dapat membantu menyeimbangkan kadar garam dan air di dalam tubuh Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Taking Care of a Swollen Face. https://www.healthline.com/health/how-to-reduce-swelling-in-face Diakses pada 29 Oktober 2018.

Exactly What to Do If You Wake Up With a Puffy Face. https://www.health.com/beauty/fix-puffy-face Diakses pada 29 Oktober 2018.

Tips to Reduce Facial Bloating. https://www.livestrong.com/article/284753-exercises-for-a-bloated-face/ Diakses pada 29 Oktober 2018.

Why Is My Face Puffy and Swollen When I Wake Up? https://www.livestrong.com/article/189113-why-is-my-face-puffy-swollen-when-i-wake-up/ Diakses pada 29 Oktober 2018.

What’s Causing My Face to Swell? https://www.healthline.com/health/facial-swelling#pictures-of-conditions Diakses pada 29 Oktober 2018.

Foto Penulis
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri Diperbarui 08/01/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x