Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Manfaat Cuci Muka dengan Air Dingin dan Air Hangat

Manfaat Cuci Muka dengan Air Dingin dan Air Hangat

Untuk menjaga kulit tetap bersih, wajah Anda harus dibersihkan secara rutin. Selain pilihan produk pembersih yang sesuai kondisi kulit, efek suhu air yang dipakai untuk membasuh wajah perlu dipertimbangkan. Memang, apa manfaat cuci muka dengan air dingin atau air hangat? Cari tahu jawabannya pada ulasan berikut.

Manfaat cuci muka dengan air hangat

Mencuci muka menjadi rutinitas harian Anda dalam menjaga kesehatan kulit. Pasalnya, seharian beraktivitas bisa membuat sel kulit mati, sebum (minyak), dan debu menempel di permukaan kulit.

Agar lebih bersih, Anda perlu menggunakan produk perawatan kulit, seperti sabun muka yang tepat.

Pada beberapa produk yang mencantumkan aturan pakai, Anda disarankan untuk mencuci muka lebih dahulu dengan air hangat sebelum menggunakan sabun.

Ternyata aturan cuci muka ini ada hubungannya dengan manfaat air hangat yang mengenai permukaan kulit.

Jadi begini, saat kulit terkena air hangat, pori-pori akan menjadi terbuka. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengeluarkan kotoran, minyak, atau sel-sel kulit mati yang terjebak di pori-pori.

Setelah kotoran dikeluarkan, kondisi pori-pori yang terbuka memungkinkan bahan aktif dari produk perawatan masuk lebih dalam ke dalam kulit.

Semakin banyak kandungan aktif dari produk perawatan terserap ke dalam kulit, semakin besar pula manfaat yang akan didapat.

Manfaat cuci muka dengan air dingin

pilihan sabun cuci muka untuk kulit kering

Tidak hanya air hangat, air dingin juga memberikan manfaat sebagai air untuk cuci muka.

Air dingin sering digunakan sebagai kompres untuk mengurangi peradangan, yakni mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan.

Nah, potensinya ini bisa Anda manfaatkan ketika kulit wajah sedang meradang akibat munculnya jerawat.

Efeknya, rasa nyeri akibat jerawat yang meradang bisa berkurang. Di samping itu, paparan air dingin juga bisa meningkatkan sirkulasi darah di kulit.

Sirkulasi darah yang lebih lancar tentu dapat membuat kulit jadi tampak lebih sehat.

Jadi, mana yang lebih baik dipilih?

Pria cuci muka

Cuci muka dengan air hangat atau air dingin sama-sama memberikan manfaat untuk struktur kulit Anda. Mana yang lebih baik, bergantung dengan kebutuhan Anda.

Jika tujuan Anda mencuci muka untuk membersihkan dari kotoran, American Academy of Dermatology lebih menyarankan air hangat.

Namun, air hangat dan air dingin bisa Anda gunakan dalam satu waktu untuk membersihkan wajah, di pagi hari setelah bangun tidur dan sebelum tidur.

Aturan cuci muka dengan air hangat dan air dingin

Ingat, air hangat yang dimaksud bukan air panas, melainkan bersuhu suam-suam kuku. Air terasa lebih hangat dibanding suhu tubuh ketika mengenai permukaan kulit.

Mencuci muka dengan air panas dapat menghilangkan zat lemak (keratin) yang berfungsi menahan air.

Akibatnya, keratin akan rusak dan gagal mengunci kelembapan kulit sehingga membuat kulit kering.

Jika pada saat itu kondisi kulit sedang meradang, air panas malah bisa memperparah kondisinya. Oleh sebab itu, cek lebih dahulu air untuk cuci muka sebelum Anda bilaskan ke wajah.

Nah, air hangat ini digunakan lebih dahulu untuk membersihkan make up dan kotoran. Kemudian, sabun muka dipijat secara merata ke kulit.

Setelah membasuh muka dengan air hangat dan membersihkannya dengan sabun, gunakan air dingin untuk membilas wajah hingga bersih.

“Paparan suhu dingin ke kulit bisa mengecilkan pori-pori dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga wajah jadi tampak lebih bercahaya”, papar Sophia Knapp, seorang ahli kecantikan dari Oxygenetix.

Cuci muka dengan air dingin untuk menghilangkan kantuk

Air dingin juga bisa dijadikan pilihan tepat sebagai air cuci muka jika tujuannya adalah untuk mengusir rasa kantuk. Sensasi dingin dari air bisa membuat wajah dan mata Anda lebih segar.

Air dingin bisa juga dipilih untuk meringankan peradangan pada kulit akibat jerawat yang kerap menimbulkan rasa nyeri.

Akan tetapi, suhu air jangan sampai terlalu dingin karena bisa saja suhu dinginnya membuat kulit jadi mati rasa.

Manfaat cuci muka dengan air hangat maupun air dingin bisa didapatkan jika Anda beberapa kali membasuhnya ke wajah, tidak hanya satu kali. Jadi, pastikan untuk membasuhnya secara berulang.

Selain temperatur airnya yang diperhatikan, cara mencuci muka harus benar agar kulit bersih dari kotoran yang menempel.

Verifying...


Pernah alami gangguan menstruasi?

Gabung bersama Komunitas Kesehatan Wanita dan dapatkan berbagai tips menarik di sini.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Face washing 101. American Academy of Dermatology. (n.d.). Retrieved March 30, 2022, from https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/care/face-washing-101

Mayo Foundation for Medical Education and Research. (2022, January 25). Dry skin. Mayo Clinic. Retrieved March 30, 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/symptoms-causes/syc-20353885

Should you wash your skin with hot or cold water? Acne.org. (n.d.). Retrieved March 30, 2022, from https://www.acne.org/should-you-wash-your-skin-with-hot-or-cold-water.html

What can treat large facial pores? American Academy of Dermatology. (n.d.). Retrieved March 30, 2022, from https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/face/treat-large-pores

hortonj4. (2022, March 4). Are cold showers good for you? 4 health benefits. Cleveland Clinic. Retrieved March 30, 2022, from https://health.clevelandclinic.org/are-cold-showers-good-for-you/

Kester, S. (2021, January 25). Washing your face with cold water: Is it beneficial? Healthline. Retrieved March 30, 2022, from https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/wash-face-with-cold-water#disadvantages

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui Apr 26
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro