backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

7 Manfaat Memijat Kucing serta Caranya yang Tepat

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

7 Manfaat Memijat Kucing serta Caranya yang Tepat

Bukan hanya manusia, tahukah Anda jika kucing juga suka dipijat? Bahkan, memijat kucing juga bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan. Namun, perlu diperhatikan juga cara memijat kucing agar dilakukan dengan aman dan tepat. Simak apa saja manfaat dan cara aman memijat kucing peliharaan Anda di bawah ini.

Manfaat memijat kucing

memanggil kucing

Sebagai pemilik kucing, Anda mungkin perlu mengetahui tanda kucing ingin menghabiskan waktu bersama Anda.

Salah satunya, yaitu kucing mulai menggesekkan kepala dan tubuhnya ke kaki Anda.

Untuk membuat waktu bersama kucing lebih menyenangkan, Anda mungkin bisa memberikan sedikit pijatan untuk kucing.

Pasalnya, memijat kucing juga bisa memberikan berbagai manfaat, baik bagi kucing maupun pemiliknya. Berikut adalah beberapa manfaat memijat kucing.

1. Meningkatkan ikatan emosional

Memijat kucing dapat membantu memperkuat ikatan antara kucing dan pemiliknya.

Sentuhan yang lembut dan penuh perhatian dapat membuat kucing merasa lebih dicintai dan aman.

2. Meredakan stres dan kecemasan

Pijatan dapat memberikan efek menenangkan pada kucing, sehingga membantu mengurangi tingkat kecemasan dan stres pada kucing.

Ini sangat berguna bagi kucing yang cenderung gugup atau tinggal di lingkungan yang sering berubah.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Teknik pijat yang tepat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah yang membawa lebih banyak oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh kucing.

Hal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kucing secara keseluruhan.

4. Mendeteksi masalah kesehatan

Saat memijat, Anda mungkin menemukan benjolan, kemerahan, bulu rontok, atau perubahan lain pada kulit atau bulu kucing Anda.

Hal ini dapat memberikan petunjuk awal tentang potensi masalah kesehatan yang mungkin perlu ditangani, sehingga memungkinkan pencegahan dan pengobatan dini.

5. Membantu relaksasi otot

Memijat dapat membantu merilekskan otot-otot yang tegang pada kucing, terutama jika mereka adalah kucing yang lebih tua, mengalami stres, atau memiliki masalah kesehatan tertentu.

Sama seperti manusia, kucing juga dapat mengalami ketegangan otot akibat stres, posisi tidur yang tidak nyaman, kurangnya aktivitas fisik, atau kondisi kesehatan.

Pijatan lembut dapat membantu melepaskan ketegangan tersebut, sehingga membuat otot kucing lebih rileks dan mengurangi potensi rasa nyeri atau ketidaknyamanan.

6. Meningkatkan kelenturan tubuh

Untuk kucing yang lebih tua atau kurang aktif, pijatan bisa membantu menjaga kelembutan dan kelenturan sendi mereka, sehingga mendorong pergerakan tubuh yang lebih nyaman.

Pijatan bisa meningkatkan sirkulasi darah yang penting untuk mengangkut oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk jaringan otot.

Sirkulasi yang lebih baik membantu menjaga otot dan sendi tetap sehat, sehingga dapat meningkatkan kelenturan dan memudahkan pergerakan tubuh kucing.

7. Menjaga kesehatan bulu

Memijat juga dapat merangsang produksi sebum, yaitu minyak alami pada kulit kucing yang membantu menjaga bulu kucing tetap lebat, bersih, dan berkilau.

Peningkatan sirkulasi dan produksi minyak yang dirangsang oleh pijatan juga dapat membantu mengurangi ketombe dan kulit kering, yang sering menyebabkan gatal dan tidak nyaman bagi kucing.

Pijatan juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah yang sangat penting untuk kesehatan kulit dan bulu.

Aliran darah yang lebih baik membawa nutrisi dan oksigen yang penting ke folikel rambut, yang dapat membantu bulu tumbuh lebih tebal dan lebih sehat.

Sebelum memulai memijat kucing, penting untuk memastikan bahwa kucing Anda nyaman dengan sentuhan dan pijatan.

Mulailah dengan sesi yang singkat dan perhatikan bagaimana reaksi kucing Anda. Jika mereka tampak rileks dan menikmati, Anda bisa melanjutkan dan mungkin meningkatkan durasi pijatan sedikit demi sedikit.

Cara memijat kucing yang aman dan tepat

kucing kejang

Memijat kucing peliharaan Anda bisa menjadi cara yang sangat baik dalam merawat kucing serta menjalin hubungan antara kucing dengan Anda sebagai pemiliknya.

Namun, sebelum mulai memijat, pastikan kucing Anda dalam keadaan rileks dan tidak stres atau terlalu berenergi.

Ciptakan juga suasana yang tenang tanpa gangguan. Misalnya, Anda bisa matikan TV atau musik keras serta temukan tempat yang nyaman dan tenang.

Agar lebih aman, berikut adalah beberapa langkah dan tips untuk memijat kucing Anda dengan cara yang aman dan menyenangkan bagi keduanya.

  1. Mulai dengan perlahan. Mulailah dengan mengelus kucing Anda secara perlahan untuk membuatnya terbiasa dengan sentuhan Anda. Gunakan gerakan yang lembut dan rileks.
  2. Pijat secara ringan. Gunakan ujung jari Anda untuk membuat gerakan melingkar kecil di kepala, leher, dan punggung kucing. Hindari menyentuh area perut kecuali kucing Anda sangat percaya dan nyaman dengan itu.
  3. Tekankan pada area khusus. Beberapa kucing sangat menikmati pijatan di sekitar dasar ekor, bawah dagu, atau belakang telinga. Perhatikan respons kucing Anda untuk mengetahui area mana yang mereka sukai.
  4. Usap lembut. Gunakan telapak tangan Anda untuk mengusap lembut dari kepala sampai ke ekor. Ulangi beberapa kali dengan tekanan yang lembut tetapi mantap.
  5. Gunakan kedua tangan. Ketika kucing Anda terbiasa dengan pijatan, Anda bisa menggunakan kedua tangan untuk memberikan sentuhan yang lebih intens. Pijat dengan satu tangan di punggung dan satu tangan di sisi tubuh atau perut.
  6. Pijat kaki. Jika kucing Anda membiarkan, coba pegang setiap kaki dan pijat lembut jari kaki dan bantalan kaki dengan jari-jari Anda.
  7. Hindari area sensitif. Beberapa kucing memiliki area yang sangat sensitif dan mungkin tidak menyukai ketika bagian tubuh tersebut disentuh, seperti kaki belakang atau perut. Hormati batasan kucing Anda.

Kucing yang nyaman biasanya akan menunjukkan mata setengah tertutup, dengkuran, dan tubuh yang rileks.

Jika kucing Anda tampak gelisah atau mencoba pergi, mungkin itu tandanya mereka sudah cukup merasa senang dan puas dengan pijitan yang Anda berikan.

Akhiri sesi pijat dengan beberapa belaian lembut dari kepala ke ekor untuk menenangkan kucing Anda dan mengakhiri sesi pijat pada catatan positif.

Tips tambahan

  • Frekuensi. Pijat bisa dilakukan secara teratur, tergantung pada bagaimana kucing Anda menikmatinya. Beberapa mungkin suka sesi singkat setiap hari, sedangkan yang lain mungkin lebih jarang.
  • Pantau reaksi kucing. Setiap kucing mungkin akan bereaksi berbeda terhadap pijatan. Adaptasi pendekatan Anda berdasarkan apa yang disukai kucing Anda.
  • Jangan gunakan minyak esensial. Dilansir dari Cats, minyak esensial bisa memiliki sifat beracun jika terkena kulit, tertelan, atau terhirup oleh kucing. Efek samping minyak esensial pada kucing bisa menyebabkan kerusakan organ cukup serius, seperti gagal hati, kejang, bahkan hingga kematian.

Memijat kucing tidak hanya menyenangkan tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.

Memijat kucing juga bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama Anda.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

drh. Hevin Vinandra Louqen

Kesehatan · None


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan