backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Kenali Hal-Hal Ini Sebelum Menghilangkan Tato dengan Laser

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Indah Fitrah Yani · Tanggal diperbarui 01/12/2021

Kenali Hal-Hal Ini Sebelum Menghilangkan Tato dengan Laser

Menghilangkan tato dengan laser adalah metode yang paling umum dilakukan saat ini. Cara ini dinilai dapat menghapus tato secara permanen. Bagaimana cara kerjanya dan apakah ada efek samping dari menghapus tato dengan laser? Sebelum memutuskan, ada baiknya Anda menyimak penjelasan berikut.

Bagaimana cara kerja menghilangkan tato dengan laser?

bahaya tato

Saat Anda memiliki tato, permukaan kulit Anda akan mengandung sejumlah partikel dari tinta tato yang sangat sulit dihilangkan.

Mengutip situs American Society of Plastic Surgeon, perawatan laser bekerja dengan menargetkan partikel tinta di kulit dengan gelombang cahaya yang terkonsentrasi.

Cahaya tersebut kemudian memanaskan partikel tinta dan menyebabkannya terpecah menjadi ukuran yang lebih kecil sehingga dapat dibersihkan oleh sistem kekebalan tubuh.

Selain dengan laser, ada beberapa metode lain untuk menghilangkan tato yaitu dermabrasi, pengelupasan dengan bahan kimia, dan bedah tato.

Namun, cara-cara tersebut masih jarang dilakukan.

Apa saja yang perlu Anda ketahui saat menghilangkan tato dengan laser?

Sebelum memutuskan untuk menghapus tato dengan laser, Anda perlu mengetahui hal-hal berikut.

  • Penghapusan lengkap tato biasanya tidak dilakukan dalam satu kali tindakan. Anda mungkin membutuhkan lebih dari satu perawatan untuk mengurangi ukuran partikel tinta tato.
  • Proses menghapus tato juga tergantung pada desain, ukuran dan warna tato. Anda mungkin memerlukan 1-10 sesi laser untuk menghilangkan tinta. 
  • Jeda waktu sekitar enam minggu antara setiap sesi tindakan laser untuk memungkinkan luka sembuh dan tubuh menyerap tinta sebanyak mungkin.
  • Beberapa warna tinta akan lebih sulit dihilangkan dan mungkin tidak dapat dihapus sepenuhnya.
  • Proses menghilangkan tato dengan laser akan terasa menyakitkan. Rasanya seperti kulit Anda ditarik dengan kuat secara berulang-ulang.
  • Untuk mengatasi sakit, Anda mungkin diberikan sejenis obat anestesi agar kulit mati rasa.

Apa saja kelebihan menghilangkan tato dengan laser?

Tato dapat dihilangkan dengan beberapa metode, tetapi kebanyakan cara tersebut meninggalkan bekas. Bekas tato tersebut dapat mengganggu penampilan.

Bila sudah pernah mencoba menghapus tato dengan cara lain, Anda tetap bisa menghapus tato dengan laser untuk memaksimalkan hasilnya. 

Asalkan Anda tidak memiliki banyak jaringan parut dari proses penghilangan tato sebelumnya.

Selain itu, mengutip My Cleveland Clinic, menghilangkan tato dengan laser menawarkan manfaat-manfaat lainnya seperti:

  • mengurangi risiko jaringan parut dan infeksi, serta
  • relatif lebih aman daripada cara lainnya.

Apa saja efek samping menghapus tato dengan laser?

Menghapus tato dengan teknik laser tidak terlalu banyak menimbulkan efek samping selama hal tersebut dilakukan oleh ahlinya. 

Namun, berikut ini ada beberapa faktor yang bisa menjadi pertimbangan.

  • Titik tato yang dihapus dapat berisiko terkena infeksi. 
  • Proses ini mungkin akan meninggalkan bekas luka permanen, tetapi kemungkinannya cukup kecil.
  • Dalam beberapa kasus, bekas luka tersebut baru terlihat setelah 3 sampai 6 bulan.
  • Kulit bekas tato mungkin akan mengalami perubahan warna. Misalnya lebih pucat atau lebih gelap daripada sekitarnya.
  • Tato kosmetik, seperti sulam bibir dan tato alis, bisa menjadi lebih gelap setelah dihilangkan dengan laser. Anda mungkin perlu menjalani perawatan tambahan untuk menghilangkannya dengan lebih baik.

Perhatikan ini agar proses menghilangkan tato lebih aman

prosedur Laser CO2

Untuk mencegah risiko yang mungkin terjadi, Anda sebaiknya tidak mencoba menghapus tato sendiri atau menggunakan segala bentuk pengobatan rumahan untuk menghilangkan tato.

Tindakan-tindakan tersebut belum tentu efektif, malah dapat berbahaya bagi kesehatan Anda. Sebaiknya lakukan cara-cara menghilangkan tato yang aman.

Meskipun sejumlah salon tato atau spa sudah menyediakan layanan untuk menghilangkan tato dengan laser, sebaiknya tetap melakukan cara menghilangkan tato yang aman.

Namun sebaiknya, Anda melakukan perawatan di dokter ahli kulit yang sudah berpengalaman.

Setelah menjalani sesi perawatan, Anda mungkin akan memiliki luka terbuka yang perlu dirawat. Caranya dengan membersihkannya dengan baik dan mengoleskan salep antibiotik.

Anda juga perlu menutupinya dengan perban sampai benar-benar sembuh. Biasanya, proses penyembuhan akan memakan waktu sekitar 5 hari setelah prosedur laser dilakukan.

Apakah metode laser aman untuk digunakan?

Saat ini teknologi sudah semakin canggih. Jadi, proses menghilangkan tato dengan laser dapat lebih efektif dan lebih aman untuk kesehatan.

Selain itu, dibanding metode lain seperti eksisi, dermabrasi, dan pengikisan tato dengan bahan kimia (salabrasi), menghapus tato dengan laser lebih aman.

Dalam beberapa kasus, menghapus warna-warna tato tertentu, seperti warna biru dan hitam, cenderung lebih aman dan lebih efektif dengan menggunakan metode laser.

Namun, perlu Anda pahami bahwa setiap orang atau setiap pola tato mungkin perlu melalui proses penanganan yang berbeda-beda.

Jadi, sebelum memutuskan, sebaiknya berkonsultasi ke dokter ahli kulit terlebih dahulu. Dokter akan memberikan saran terbaik untuk menghilangkan tato Anda.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Indah Fitrah Yani · Tanggal diperbarui 01/12/2021

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan