home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

3 Penyebab Bahu Anda Lebar dan Cara Ampuh Mengecilkannya

3 Penyebab Bahu Anda Lebar dan Cara Ampuh Mengecilkannya

Bagi kebanyakan pria dan wanita, bahu jarang sekali menjadi perhatian khusus dalam membentuk tubuh ideal. Namun bagi sebagian orang, khususnya wanita, bahu rupanya bisa jadi salah satu sumber masalah yang cukup berarti. Kalau Anda memiliki bahu lebar, Anda mungkin jadi kurang percaya diri karena badan tampak kurang proporsional. Lantas, bagaimana caranya agar bisa mengecilkan bahu secara efektif? Simak tips-tips jitu berikut ini, ya

Faktor yang menyebabkan bahu lebar

Sebelum mencari cara terbaik untuk mengecilkan bahu lebar, Anda harus tahu dulu hal-hal apa saja yang mungkin membuat bahu jadi terlalu lebar atau bidang. Berikut adalah berbagai kemungkinannya.

1. Genetik

Salah satu faktor utama yang membentuk bahu Anda yaitu gen atau keturunan. Biasanya orang dengan bahu bidang atau lebar memang terlahir dengan tulang bahu yang besar dan lebar. Perhatikan apabila orangtua, kakak, atau adik Anda juga punya masalah serupa.

Tak banyak yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan bahu kalau Anda punya bahu yang lebar secara genetik. Masalahnya, ukuran tulang seseorang tidak bisa dikecilkan.

2. Olahraga berlebihan

Jenis-jenis olahraga tertentu akan membentuk massa otot-otot di sekitar bahu dan dada. Hal ini membuat bahu tampak bidang. Misalnya olahraga angkat beban atau latihan pull-up.

Sedangkan mitos kalau berenang bikin bahu lebih lebar itu tidak benar. Berenang memang akan membantu menonjolkan otot-otot di sekitar bahu, dada, dan punggung. Akan tetapi, hal ini hanya akan membuat ilusi bahu yang lebar, padahal sebenarnya lebar bahu akan tetap sama seperti awal mulanya.

3. Kelebihan berat badan

Berat badan Anda mungkin sudah melebihi indeks massa tubuh (BMI) yang ideal. Akibatnya, bahu Anda jadi tampak lebih lebar. Apalagi kalau sejak lahir Anda memang sudah punya gen khusus yang membuat tulang bahu lebih besar.

Cara mengecilkan bahu lebar

Jangan khawatir, bahu yang lebar bukan berarti penampilan Anda kurang menarik. Ingat, tubuh setiap orang itu berbeda-beda. Selama Anda tetap menjaga kesehatan, bahu lebar seharusnya tak jadi masalah. Namun, kalau Anda memang ingin mencoba mengecilkannya, simak tips-tips di bawah ini.

1. Kurangi asupan kalori

Meskipun bahu bukan tempat ideal bagi tubuh untuk menyimpan cadangan lemak, Anda bisa mengurangi kalori bila ingin mengecilkan bahu. Terutama kalau Anda sudah kelebihan berat badan. Membatasi asupan kalori setiap hari bisa mencegah penumpukan lemak di seluruh bagian tubuh, termasuk bahu.

Menurut sebuah riset oleh tim ahli dari California State University, wanita bisa membatasi asupan kalori jadi 1.200 sampai 1.500 kkal dalam sehari. Diet rendah kalori ini bisa membantu menurunkan berat badan sampai satu kilogram lemak per minggu.

2. Olahraga kardio

Mengurangi kalori saja tak cukup. Anda perlu membakar sisa-sisa lemak yang sudah terlanjur menumpuk dalam tubuh, termasuk bahu. Cara terbaik untuk membakar kalori adalah latihan kardio yang fokusnya bukan pada otot-otot lengan, dada, atau punggung. Anda bisa lari setiap pagi atau menari Zumba paling tidak tiga kali seminggu.

3. Kurangi latihan beban

Untuk mengecilkan bahu lebar, Anda sebaiknya mengurangi dulu intensitas serta frekuensi latihan beban yang bisa membuat bahu jadi lebih bidang. Misalnya Anda biasa latihan angkat beban atau latihan pull-up dan push-up setiap hari, kurangi dulu frekuensinya jadi dua kali seminggu. Anda juga sebaiknya berlatih dengan beban yang lebih ringan dari biasanya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How to Lose Weight in the Shoulders of Women. http://www.livestrong.com/article/484704-how-to-get-smaller-shoulders/ Diakses pada 7 Juni 2017.

How to Get Smaller Shoulders. http://www.livestrong.com/article/224634-how-to-lose-weight-in-the-shoulders-of-women/ Diakses pada 7 Juni 2017.

How you can build big shoulders without weight. http://www.mensfitness.com/training/workout-routines/sculpt-broad-shoulders-just-your-body-weight Diakses pada 7 Juni 2017.

Can Swimming Build Broad Shoulders for women? http://www.livestrong.com/article/404671-will-swimming-give-broad-shoulders-to-women/ Diakses pada 7 Juni 2017.

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Irene Anindyaputri
Tanggal diperbarui 17/06/2017
x