backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan

10 Rekomendasi Merek Termometer yang Bagus dan Akurat

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 27/04/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Rekomendasi Merek Termometer yang Bagus dan Akurat

Saat tubuh terasa panas, mungkin ini waktu yang tepat untuk mengambil termometer dan mengukur suhu tubuh Anda. Ada banyak merk termometer bagus yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui apakah Anda atau buah hati mengalami demam atau tidak.

Bila Anda ragu mesti pilih produk yang mana, cari tahu rekomendasi merk termometer digital yang bagus dan akurat di bawah ini beserta kisaran harganya.

Cara kami memilih merk termometer yang bagus

Ada banyak produk termometer di pasaran yang bisa Anda gunakan untuk mengukur suhu tubuh. Namun, menentukan produk termometer mana yang akan dipilih mungkin tak mudah.

Hal yang pasti, termometer air raksa (glass thermometers) tidak lagi menjadi pilihan karena tabungnya yang rentan pecah dan kandungan merkuri di dalamnya yang bisa berbahaya jika terkena kulit.

Inilah mengapa produk termometer digital telah hadir dalam berbagai merk untuk menggantikan jenis termometer konvensional tersebut.

Namun, jika Anda bingung mesti memilih merk termometer digital yang mana, cek dulu beberapa pertimbangan di bawah ini dalam memilih produk yang bagus dan akan dibeli.

  • Jenis. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan usia pemakai, apakah termometer digital yang umum digunakan di mulut, ketiak, atau rektum, termometer telinga, atau mungkin termometer infrared.
  • Fitur. Ada termometer yang memiliki berbagai fitur, misal penyimpanan atau memori untuk merekam suhu terakhir Anda atau otomatis mati untuk menghemat baterai.
  • Akurasi. Pilih termometer yang memiliki tingkat akurasi tinggi.
  • Mudah digunakan dan dibaca. Layar digital besar serta dengan lampu latar agar bisa dibaca di tengah kegelapan.
  • Kenyamanan. Ujung termometer digital yang lembut dan lentur.
  • Waktu merespons. Pembacaan hasil pada termometer digital berbentuk stik bisa berlangsung dari 10—80 detik. Namun termometer infrared hanya sekitar 1—3 detik.
  • Harga. Produk termometer tertentu memiliki harga yang mahal karena jenis serta kelengkapan fiturnya.

Hal-hal di atas juga menjadi pertimbanga kami dalam merekomendasikan merk termometer yang bagus untuk Anda.

Kegunaan termometer

  • Mengetahui apakah Anda atau si Kecil mengalami demam (suhu 38º Celsius atau lebih).
  • Memantau perkembangan suhu tubuh Anda atau si Kecil secara teratur selama beberapa hari ke depan jika telah dipastikan demam.
  • Mengetahui apakah demam yang dialami perlu diperiksakan ke dokter. Biasanya ini terjadi jika suhu tidak kunjung menurun atau justru semakin naik dalam tiga hari atau memang mengalami demam tinggi (melebihi 39º Celsius) sedari awal .

10 rekomendasi merk termometer digital yang bagus

Berikut adalah beberapa rekomendasi merk termometer digital bagus dan akurat yang bisa Anda pilih.

1. ThermoOne Digital Clinical Thermometer Alpha 1G

ThermoOne Digital Clinical Thermometer Alpha 1G termasuk merk termometer digital yang bagus dan murah. Harganya hanya di kisaran Rp15.000—Rp40.000.

Termometer digital bermerk Onemed ini dapat digunakan di mulut, ketiak, maupun rektum. Dengan tingkat akurasi ±0,1º Celsius, termometer ini bisa mengukur suhu tubuh di kisaran 32—42º Celsius.

Dilengkapi dengan fitur Auto Off, ThermoOne Alpha 1G akan mati secara otomatis setelah 10 menit tidak digunakan. Hasil pengukuran terakhirnya juga akan tersimpan secara otomatis.

Nomor izin edar: AKL 20901220091

2. Omron Digital Thermometer MC-341a

Omron mengklaim produk termometer digital dengan tipe MC-341a miliknya aman, akurat, dan cepat dalam mengukur suhu badan serta tahan air.

Pengukuran suhu tubuhnya hanya butuh waktu 20 detik jika melalui mulut, 10 detik melalui rektum (dubur), serta 25 detik jika melalui ketiak.

Tidak hanya Celsius, termometer digital ini pun dapat mengukur suhu tubuh dalam skala Fahrenheit. Sementara harga termometer ini berada di kisaran Rp60.000—Rp100.000.

Nomor izin edar: AKL 20901412087

3. Beurer Multifunction Thermometer FT65

Dengan kisaran harga Rp500.000—Rp1.000.000, Beurer Multifunction Thermometer FT65 merupakan merk termometer berjenis contact infrared yang bagus dengan fitur yang cukup lengkap.

Misalnya dilengkapi dengan keterangan tanggal dan waktu, fasilitas 10 memori untuk melihat hasil pengukuran sebelumnya, serta terdapat dua skala, yaitu Celsius dan Fahrenheit.

Pengukuran suhu dengan termometer ini dapat dilakukan di dahi dan telinga. Bukan hanya manusia, termometer merk Beurer ini juga dapat mengukur suhu ruangan atau kamar serta objek.

Nomor izin edar: AKL 20903312310

4.  Polygreen Infrared Ear and Forehead Thermometer KI-8176

Hanya butuh waktu 1 detik, Polygreen Infrared Ear and Forehead Thermometer KI-8176 dapat menghasilkan pengukuran suhu tubuh secara akurat.

Dengan kisaran harga Rp250.000—Rp500.000, termometer ini memiliki sejumlah keunggulan lain sebagai berikut.

  • Dapat digunakan untuk cek suhu di telinga dan ditempel di dahi.
  • Memiliki fasilitas 10 memori untuk melihat hasil pengukuran sebelumnya.
  • Dilengkapi dengan tanda bunyi/beeper setelah pengukuran selesai.
  • Alarm demam akan bunyi jika suhu di atas 37,5º Celsius.
  • Auto off bila tidak digunakan.

Nomor izin edar: AKL 20901028191

5. Sinocare Infrared Thermometer AET-R1D1

Sinocare Infrared Thermometer AET-R1D1 merupakan salah satu merk termometer berjenis non-contact infrared yang bagus.

Untuk menggunakannya, Anda hanya cukup mengarahkan termometer ke arah dahi dengan jarak pengukuran 15—50 mm.

Termometer ini dapat menyimpan 32 hasil pengukuran. Sementara harga termometer ini berkisar Rp130.000—Rp500.000.

Nomor izin edar: AKL 20901121671

6. Rossmax Digital Thermometer TG100

Beberapa merk termometer digital memiliki ujung yang lentur. Namun, Rossmax Digital Thermometer TG100 memiliki ujung yang tak lentur atau merupakan termometer non-flexi.

Meski terbilang cukup murah dengan harga sekitar Rp70.000, merk termometer digital yang satu ini tetap bagus. Termometer Rossmax ini memiliki spesifikasi sebagai berikut.

  • Alarm demam.
  • Otomatis mati saat tidak digunakan.
  • Dapat menggunakan skala Celsius dan Fahrenheit.
  • Memiliki indikator baterai lemah.

Nomor izin edar: AKL 20901516026

7. Puremed Infrared Forehead Thermometer

Dengan layar LCD yang besar dan dilengkapi tiga warna lampu latar LED, hasil pengukuran dari termometer ini mudah dibaca.

Termometer infrared ini juga tidak hanya digunakan untuk mengukur suhu tubuh, tetapi juga suhu ruangan atau suatu objek benda.

Dengan skala Celsius dan Fahrenheit, merk termometer ini dapat mengukur suhu tubuh secara akurat. Adapun termometer ini dihargai sekitar Rp400.000.

Nomor izin edar: AKL 20901120119

8. Life Resources Digital Thermometer Hard Tip

Life Resources Digital Thermometer Hard Tip juga merupakan salah satu merk termometer digital yang bagus dan murah. Termometer ini dibanderol dengan harga Rp35.000.

Termometer ini dapat digunakan di mulut, ketiak, maupun rektum atau dubur. Ujung termometernya fleksibel, sehingga nyaman digunakan.

Selain tahan air, keunggulan lainnya dari termometer ini, yaitu dilengkapi dengan memori untuk hasil pengukuran terakhir.

Nomor izin edar: AKL 20901025255

9. Yuwell Infrared Thermometer YT-1

Hanya dengan sekali pencet, Yuwell Infrared Thermometer YT-1 dapat mengukur suhu tubuh hingga 43º Celsius.

Termometer ini pun memiliki dua sensor yang diyakini dapat bisa memberikan hasil pengukuran yang lebih akurat.

Dengan harga sekitar Rp215.000, termometer infrared dahi ini pun bisa bergetar pada saat pengukuran suhu telah selesai.

Nomor izin edar: AKL 20901915415

10. Mediatech Thermometer TG-05

Dibanderol dengan harga Rp100.000—Rp200.000, Mediatech Thermometer TG-05 dapat mengukur suhu tubuh bagi orang yang sedang flu atau terkena infeksi virus lainnya.

Termometer ini dilengkapi dengan tiga indikator warna pada layar LCD-nya. Warna hijau menandakan suhu tubuh normal, oranye suhu tubuh di atas ideal, sedangkan merah berarti demam tinggi.

Sebagai termometer infrared, Anda hanya cukup meletakkan termometer pada jarak 3—15 cm di depan dahi. Hasil pengukuran akan muncul di layar hanya dalam waktu satu detik.

Nomor izin edar: AKL 20901220126

Itulah beberapa rekomendasi merk termometer yang bagus dan akurat. Anda bisa pilih termometer yang sesuai kebutuhan Anda.

Lakukan pengukuran suhu saat Anda merasa membutuhkannya untuk mengetahui pengobatan demam yang diperlukan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 27/04/2023

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan