backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

16

Tanya Dokter
Simpan

Terasa Seperti Ada yang Bergerak di Perut? Ini 8 Kemungkinan Penyebabnya

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 20/09/2022

Terasa Seperti Ada yang Bergerak di Perut? Ini 8 Kemungkinan Penyebabnya

Jika Anda sedang hamil, terasa seperti ada yang bergerak di perut mungkin menjadi hal yang ditunggu-tunggu karena bisa menandakan adanya pergerakan janin di dalam rahim. Namun, bagaimana jika adanya pergerakan di perut terjadi saat Anda sedang tidak hamil? Apakah penyebabnya? Yuk, cari tahu kemungkinannya!

Seperti ada yang bergerak di perut, pertanda apa?

Perut begah kekenyangan

Timbulnya sensasi seperti ada yang bergerak di perut bisa terjadi akibat beberapa kondisi yang sedang dialami tubuh.

Pasalnya, bagian perut meliputi beberapa organ yang berbeda-beda.

Setiap organ tersebut bisa mengalami kondisi tertentu yang mungkin menimbulkan gejala tersendiri di perut, termasuk sensasi seperti ada yang bergerak.

Kondisi tersebut umumnya bisa dialami oleh siapa saja, bahkan bukan hanya wanita seperti pada masa kehamilan. Namun memang, ada juga kondisi lain yang hanya akan terjadi pada wanita.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan sensasi bergerak di perut.

1. Kehamilan

Salah satu kondisi paling umum penyebab seperti ada yang bergerak di dalam perut adalah kehamilan.

Saat usia janin sudah cukup besar, pergerakan janin di dalam rahim bisa terasa oleh sang ibu atau disebut juga dengan phantom kick.

Hal ini bisa terasa seperti ada benda bergerak dalam perut. Gerakan tersebut bisa terasa ringan maupun cukup kuat.

Kondisi ini umunya tidak mengkhawatirkan. Justru, melansir dari Cleveland Clinic, banyak ibu yang menunggu timbulnya gerakan si kecil karena bisa menandakan kondisi janin yang aktif dan sehat di dalam perut.

Namun terkadang, sensasi di perut juga bisa menandakan adanya gangguan pada kehamilan sehingga sebaiknya periksakan diri ke dokter jika disertai gejala lain, seperti demam dan diare.

2. Pergerakan sistem pencernaan

Saat sedang makan, otot-otot pada sistem pencernaan mulai bergerak. Hal ini berfungsi untuk mendorong makanan melalui lambung dan usus.

Pergerakan otot tersebut bisa terasa seperti perut gerak sendiri tapi tidak hamil. Sensasi ini bisa segera terasa setelah makan atau beberapa jam kemudian.

3. Gangguan sistem pencernaan

Selain proses pencernaan itu sendiri, adanya gangguan pada sistem pencernaan juga bisa menjadi penyebab seperti ada yang bergerak di dalam perut.

Terkadang, gangguan pencernaan bisa ditandai dengan sensasi bergerak di perut yang dapat terasa seperti pergerakan otot.

Salah satu gangguan pencernaan yang bisa menimbulkan gejala ini yaitu reaksi alergi terhadap makanan, misalnya penyakit celiac.

4. Menstruasi

haid tidak teratur setelah menikah

Saat tiba waktu menstruasi, tubuh akan mengalami beberpa perubahan yang bisa menimbulkan beberapa gejala, seperti kram perut.

Kram yang terjadi pada masa awal menstruasi bisa membuat otot di perut bagian bawah terasa lebih kencang. Hal ini bisa terasa seperti ada yang bergerak di perut.

5. Ovulasi

Sama seperti saat menstruasi, selama masa ovulasi, tubuh kerap kali mengalami gejala.

Salah satu gejala yang mungkin dialami berupa adanya gerakan yang terasa ringan di perut.

Gejala tersebut biasanya terjadi akibat rahim mengalami peregangan untuk melepaskan sel telur yang sudah matang dan siap dibuahi.

6. Kram otot

Selain saat menstruasi, otot perut juga bisa mengalami kram akibat kondisi lain. Kram perut ini bisa dialami baik oleh pria maupun wanita.

Kontraksi bisa terjadi akibat otot tegang atau digunakan secara berlebihan.

Kebanyakan kram otot terjadi secara ringan dan bisa sembuh dengan sendirinya.

7. Obstruksi usus

Obstruksi usus terjadi akibat adanya penyumbatan pada sistem pencernaan. Sumbatan bisa terjadi sebagian atau total.

Kondisi ini bisa ditandai dengan dengan kram perut yang bisa terasa seperti adanya yang bergerak di perut.

8. Diverkulitis

Diverkulitis merupakan kondisi pada sistem pencernaan yang umumnya ditandai dengan gejala. seperti diare, kembung, dan sembelit.

Namun, kondisi ini juga bisa menyebabkan kram dan sakit perut yang bisa terasa adanya gerakan di perut.

Kapan Anda harus ke dokter?

Sensasi seperti ada yang bergerak di perut sebenarnya cukup umum dialami dan biasanya bukan merupakan kondisi yang berbahaya.

Kondisi ini paling sering disebabkan oleh kehamilan, tetapi terkadang juga bisa terjadi akibat kondisi lain pada organ di dalam perut.

Meski begitu, pada kasus yang lebih jarang, sensasi ada benda bergerak dalam perut bisa menandakan kondisi yang lebih serius.

Jika sensasi ini terjadi secara kronis atau terus-menerus, terutama jika disertai gejala lain, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan diri ke dokter.

Walaupun setelah pemeriksaan diketahui bahwa penyebabnya bukan suatu kondisi serius, misalnya hanya akibat tidak cocok dengan makanan tertentu, dokter bisa memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan masing-masing penyebabnya.

Dengan begitu, kekambuhan sensasi ini bisa dicegah. Sementara jika ternyata ini merupakan gejala dari kondisi yang lebih serius, maka penanganan sedini mungkin umumnya bisa berpengaruh pada kesembuhan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 20/09/2022

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan