Kenapa Kita Merasa Lelah dan Pusing Setelah Menangis?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 September 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Semua manusia pasti pernah menangis. Kita bisa menangis karena berbagai alasan, entah karena kehilangan orang yang disayang, merasakan kebahagian, efek nonton film, ataupun karena frustrasi. Hal tersebut sangatlah wajar.

Air mata sebenarnya tidak hanya keluar karena kita merasa sedang emosi. Setidaknya ada 3 jenis air mata yaitu air mata basal untuk melindungi mata, air mata refleks atau air mata yang keluar secara refleks untuk merespon iritasi, dan yang terakhir adalah air mata emosi. Namun pasti terselip pertanyaan kenapa sih kita merasa lelah dan pusing setelah nangis?

Penyebab lelah dan pusing setelah menangis

Inilah alasan mengapa Anda merasakan lelah dan pusing setelah menangis.

1. Hormon stres

Ketika Anda menangis, tubuh melepaskan hormon stres. Hormon-hormon ini secara alami menyebabkan perubahan dalam tubuh Anda, termasuk menyebabkan sakit kepala. Sebagian orang merasakan sakit kepala ringan namun ada beberapa orang yang merasakan sakit kepala seperti migrain.

2. Dehidrasi

Menangis juga menyebabkan Anda kehilangan sebagian cairan tubuh. Hal inilah yang membuat Anda dehidrasi dan merasakan kelelahan. Rasa pusing, haus yang ekstrem, dan mulut kering secara bersamaan merupakan gejala dehidrasi parah yang bisa memicu kontraksi otot, tekanan darah rendah dan perut kembung.

3. Masalah sinus

Terlalu lama menangis membuat air mata terkontaminasi dengan udara yang masuk ke rongga hidung, yang menyebabkan hidung tersebut meradang. Bagi sebagian orang yang punya masalah sinus, ini akan menimbulkan sakit kepala yang disertai dengan denyut nyeri di antara mata dan hidung. Beberapa orang sangat sensitif terhadap hal tersebut sehingga membuat mereka merasakan sakit kepala berkepanjangan.

4. Peradangan

Selain melepaskan hormon stres, menangis juga menyebabkan peradangan dalam tubuh yang menyebabkan saraf wajah terganggu. Gangguan saraf wajah sering dikaitkan dengan migrain dan sakit kepala serius lainnya.

Bagaimana cara meredakan rasa pusing setelah menangis?

1. Istirahat

Tidak dapat dipungkiri jika tidur adalah solusi terbaik untuk merileksasikan tubuh. Setelah Anda selesai menangis, dianjurkan untuk tidur selama beberapa waktu untuk membantu Anda mengurangi rasa sakit kepala. Saat Anda terbangun, nantinya tubuh menjadi lebih segar dan bugar kembali.

2. Minum air

Setelah menangis, tenangkan diri Anda dengan banyak minum air putih. Pasalnya, minum air membantu Anda mengganti cairan tubuh yang hilang selama menangis. Jangan pernah minum alkohol setelah menangis, hal ini justru akan membuat kondisi Anda lebih buruk.

3. Konsumsi obat analgesik

Konsumsilah obat sakit kepala seperti acetaminophen, ibuprofen, dan sejenisnya. Namun kadang untuk masalah yang lebih serius, sakit kepala yang berkepanjangan merupakan tanda depresi. Segera konsultasi ke dokter jika sakit kepala tidak kunjung reda.

4. Pijat kepala

Pijat kepala Anda saat sedang kermas menggunakan ujung jari secara perlahan untuk mengurangi ketegangan otot kepala. Jika perlu, Anda bisa juga memanggil tukang pijat profesional untuk mendapatkan kenyamanan yang lebih.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Manfaat Buah Stroberi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Tahukah Anda, buah stroberi dapat membantu mencegah katarak dan menurunkan tekanan darah? Apalagi manfaat buah merah asam ini untuk kesehatan tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Fakta Gizi, Nutrisi 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

4 Bahaya Komplikasi Infeksi Cacing Pita Dalam Tubuh, Plus Cara Menghindarinya

Tanpa disadari, cacing pita bisa masuk ke dalam tubuh lewat makanan yang mentah atau tidak dimasak dengan benar. Hati-hati, risiko infeksi yang mengintai

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Penyakit Infeksi, Infeksi Jamur dan Parasit 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Apa yang Akan Terjadi Ketika Anda Menghirup Debu

Tak hanya memicu batuk-batuk, menghirup debu saat Anda bernapas juga bisa menimbulkan dua kondisi kesehatan berikut ini. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Asma, Kesehatan Pernapasan 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

5 Manfaat Minum Campuran Lemon dan Madu untuk Kesehatan

Minuman campuran lemon dan madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain membantu meningkatkan imun tubuh, apa saja manfaat campuran lemon dan madu?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Kesehatan, Informasi Kesehatan 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bahaya rokok, bahaya merokok bagi kesehatan, dampak rokok, efek rokok, berhenti merokok

Bahaya Merokok Terhadap Daya Tahan Tubuh Manusia

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit
urat menonjol pada orang muda

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
manfaat daun sirih daun sirih merah, rebusan daun sirih, manfaat daun sirih untuk wajah, manfaat daun sirih untuk kewanitaan

Segudang Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah yang Sayang Dilewatkan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit
sedih

11 Cara Jitu Mengusir Rasa Sedih dan Galau Dalam Hati

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit