Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Waspada Musim Pancaroba, Hindari 4 Hal Ini Saat Masuk Angin

    DISPONSORI OLEH:

    Waspada Musim Pancaroba, Hindari 4 Hal Ini Saat Masuk Angin

    Di masa pandemi seperti sekarang, menjaga kesehatan merupakan prioritas yang harus diutamakan. Ditambah lagi kondisi cuaca yang tak menentu juga kerap membuat tubuh mudah terserang penyakit musiman, seperti masuk angin.

    Pantangan yang harus dihindari saat masuk angin

    Nah, ternyata ada beberapa pantangan hingga makanan yang dilarang saat masuk angin. Apa sajakah itu? Cek penjelasannya di bawah ini!

    Memakai antibiotik

    Antibiotik merupakan obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri tertentu.

    Cara kerjanya ialah dengan menghambat bakteri agar tidak berkembang dalam tubuh.

    Jika dibandingkan dengan gejala masuk angin yang pada umumnya tidak disebabkan oleh bakteri, antibiotik jelas tidak dapat mengatasinya.

    Mengonsumsi kafein atau minuman berkarbonasi berlebihan

    Kopi mengandung kafein dengan asam yang dapat merangsang produksi asam klorida dalam usus sehingga berujung pada rasa kembung.

    Sama seperti kafein, gelembung soda dalam minuman berkarbonasi juga akan berpindah ke dalam perut dan terjebak sehingga menimbulkan sensasi tidak nyaman pada perut.

    masuk angin

    Makan di malam hari sebelum tidur

    Saat tidur, metabolisme tubuh terjadi secara lebih lambat. Ketika banyak makanan dicerna sebelum tidur, maka proses pencernaannya menjadi lebih lama.

    Hal ini akan berakibat pada produksi gas dalam tubuh yang membuat kondisi masuk angin menjadi makin parah.

    Terlalu banyak konsumsi makanan yang menyebabkan gas

    Jenis makanan seperti kacang-kacangan memiliki kandungan oligosakarida yang sulit dicerna dalam tubuh sehingga berakhir pada proses fermentasi dan menghasilkan gas penyebab perut kembung.

    Kondisi serupa juga sama dengan produk olahan susu yang juga tinggi akan laktosa. Orang-orang yang mengalami intoleransi laktosa akan mudah merasa kembung dan menderita masalah pencernaan.

    Mereka tidak disarankan untuk mengonsumsi produk berbasis olahan susu ketika sedang merasakan gejala masuk angin. Produk ini mencakup makanan seperti, susu, mentega, keju, es krim, atau yogurt.

    Tips mengatasi masuk angin secara alami

    Aktivitas yang padat dan kendala menerapkan pola hidup sehat yang tidak mudah, penting untuk bisa mengetahui bagaimana tips mengatasi masuk angin secara alami.

    Penyakit yang kerap terjadi sehari-hari tersebut dapat diatasi dengan beberapa cara di bawah ini.

    • Pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan minum air putih yang cukup
    • Perbanyak makanan tinggi serat untuk memperlancar pencernaan
    • Lakukan pijatan perut dengan arah kanan ke kiri untuk membantu mengeluarkan angin
    • Konsumsi produk berbahan herbal untuk masuk angin

    Nah, untuk solusi gejala masuk angin, Anda bisa mengatasinya dengan Sido Muncul Tolak Angin Mint Soft Capsule.

    Sido Muncul Tolak Angin Mint Soft Capsule merupakan varian herbal dari Sido Muncul Natural yang dapat membantu mengatasi masuk angin.

    Inovasi telah dilakukan oleh Sido Muncul dengan mengembangkan produk Tolak Angin dalam sediaan soft capsule (kapsul lunak) yang mudah dan praktis untuk dikonsumsi.

    Dalam setiap kapsul Sido Muncul Tolak Angin Mint Soft Capsule mengandung perpaduan bahan alami untuk mengatasi masuk angin dengan gejala seperti:

    • kembung,
    • mual,
    • sakit perut,
    • pusing,
    • meriang, dan
    • tenggorokan kering.

    Kandungan 1 soft capsule Sido Muncul Tolak Angin Mint setara dengan 1 Tolak Angin sachet.

    Sido Muncul Tolak Angin Mint Soft Capsule dapat membantu memelihara daya tahan tubuh dan aman dikonsumsi jangka panjang. Selain itu baik diminum saat melakukan perjalanan jauh, kecapaian, dan kurang tidur.

    Sido Muncul sebagai perusahaan jamu terbesar di Indonesia, telah berpengalaman lebih dari 70 tahun dalam memproduksi produk herbal.

    Proses produksi dilakukan di pabrik modern dan higienis berstandar GMP (Good Manufacturing Practices), serta telah melalui uji laboratorium bersertifikasi ISO.

    Tahapan ekstraksi dilakukan dengan suhu rendah di bawah 60 derajat celsius agar zat aktif yang terkandung tetap stabil.

    Selain itu, semua produk sudah memiliki sertifikat halal. Ini merupakan komitmen Sido Muncul untuk memastikan agar semua produk terjamin kualitasnya.

    sido muncul

    Selain Sido Muncul Tolak Angin Mint Soft Capsule, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan lewat varian herbal unggulan dari Sido Muncul Natural seperti HerbaMix5, Sambiloto, Sari Kunyit, Garlic, Bilberry Carrot, dan Ginkgo Biloba. Sido Muncul Natural juga memiliki beragam varian suplemen seperti Vitamin D3, Vitamin E, Fish Oil, dan Coenzyme Q10.

    Sido Muncul Tolak Angin Mint Soft Capsule dan rangkaian produk Sido Muncul Natural lainnya bisa Anda dapatkan di Watsons, Boots, Apotek Wellings, Century, Ranch Market, Farmers Market, AEON Supermarket, Grand Lucky, Viva Health, apotek, dan toko obat terdekat.

    Anda juga bisa berbelanja secara online di situs resmi Sido Muncul di www.sidomunculstore.com atau marketplace via Official Store Sido Muncul di Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada, dan JD.id.

    Jadi, agar tidak mudah terserang penyakit, yuk jaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Bila perlu, konsumsi herbal demi jaga daya tahan tubuh lebih optimal.


    Ingin mendapatkan berat badan ideal?

    Yuk konsultasikan masalahmu dengan ahli gizi atau berbagi tips bersama di Komunitas Berat Badan Ideal!


    health-tool-icon

    Kalkulator BMI (IMT)

    Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Marcelina, R. (2021). Masuk Angin Dan Kerokan. Retrieved 5 July 2022, from http://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/1221-masuk-angin-dan-kerokan 

    The Do’s and Don’ts of Easing Cold Symptoms. (2021). Retrieved 5 July 2022, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/the-dos-and-donts-of-easing-cold-symptoms 

    Bloating . (2022). Retrieved 5 July 2022, from https://www.nhs.uk/conditions/bloating/

    Topics, H. (2022). Antibiotics: MedlinePlus. Retrieved 5 July 2022, from https://medlineplus.gov/antibiotics.html

    15 Foods That Cause Bloating (and Tips To Avoid Bloating) – Cleveland Clinic. (2022). Retrieved 5 July 2022, from https://health.clevelandclinic.org/foods-that-cause-bloating/amp/

    Is It Bad to Eat Before Bed? – Cleveland Clinic. (2022). Retrieved 5 July 2022, from https://health.clevelandclinic.org/is-eating-before-bed-bad-for-you/amp/ 

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Adelia Dwitasari Diperbarui Aug 10
    Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
    Next article: