Artikel Bersponsor

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

3 Tips Jaga Kondisi Tubuh Saat Cuaca Tak Menentu, Bisa dengan Makanan Hangat

DISPONSORI OLEH:

3 Tips Jaga Kondisi Tubuh Saat Cuaca Tak Menentu, Bisa dengan Makanan Hangat

Perubahan cuaca yang tidak menentu kerap kali memengaruhi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kerentanan terhadap penyakit musiman. Oleh sebab itu, memperhatikan asupan nutrisi saat cuaca tak menentu merupakan salah satu kiat yang dapat dilakukan. Makan makanan hangat bisa jadi salah satu kuncinya.

Risiko penyakit saat cuaca tak menentu

Saat cuaca tak menentu, banyak penyakit musiman yang mudah menjangkit tubuh. Berawal dari gejala ringan, bila tidak ditangani dengan tepat bisa mengganggu rutinitas kegiatan sehari-hari.

Beberapa risiko penyakit yang mungkin terjadi saat cuaca tak menentu, berikut beberapa di antaranya.

Flu

Penyebab penyakit flu adalah virus influenza yang menginfeksi hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Di Indonesia, flu sering terjadi saat musim hujan tiba.

Perubahan cuaca dingin yang menyebabkan suhu menjadi lebih rendah membuat respons kekebalan lebih lambat dan rentan terkena infeksi.

Sakit tenggorokan

Faringitis atau sakit tenggorokan adalah kondisi saat tenggorokan berwarna merah, bengkak dan nyeri, terutama saat menelan.

Sakit tenggorokan bisa terjadi karena virus atau bakteri. Terkadang, sakit tenggorokan juga bisa disebabkan oleh radang amandel, sariawan atau alergi.

Biasanya, makanan hangat dan lunak adalah penolong saat sakit tenggorokan menyerang.

Diare

Diare atau buang air besar encer terjadi saat buang air besar terjadi sebanyak tiga kali atau lebih dalam satu hari.

Penyakit musiman biasanya terjadi menjelang akhir musim panas dan awal musim hujan.

Penyebabnya dapat berupa bakteri dan virus. Bukan hanya itu, gaya hidup yang tidak higienis dan kurang makan-makanan bergizi juga merupakan faktor pemicu penyakit diare.

Tips pola hidup sehat saat cuaca tak menentu

manfaat sup

Untuk mencegah penyakit yang tidak diinginkan, khususnya penyakit musiman, ada beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan.

Mulai dari cukup minum air putih hingga makan makanan hangat, berikut penjelasan lengkapnya.

Minum air putih yang cukup

Tubuh manusia terdiri dari sekitar 60% air. Saat cuaca tak menentu, khususnya di cuaca panas, kekurangan cairan tubuh bisa mengakibatkan dehidrasi.

Karena itu penting untuk minum setidaknya 8-9 gelas air per hari. Selain itu, air juga membantu tubuh membuang limbah beracun melalui keringat, buang air kecil, dan buang air besar.

Rutin berolahraga

Olahraga bukan hanya membuat tubuh tetap bugar tetapi sebenarnya dapat membantu mencegah Anda sakit.

Menurut penelitian Exercise and Sport Sciences Reviews, sistem kekebalan tubuh orang yang teratur olahraga ringan (45 menit 3-5 hari per minggu) lebih kuat melawan infeksi.

Terutama infeksi saluran pernapasan bagian atas, seperti pilek, sinusitis, tonsillitis, dan laringitis.

Konsumsi makanan bergizi

Makanan bergizi berupa buah-buahan dan sayuran merupakan sumber dari vitamin, mineral, dan serat pangan yang berperan sebagai antioksidan atau penangkal senyawa jahat dalam tubuh.

Jika tubuh kurang mengonsumsi makanan bergizi, dampaknya bisa menyebabkan terjadi berbagai macam penyakit.

Perbanyak asupan minuman dan makanan hangat

Minuman dan makanan hangat bisa jadi solusi untuk menghangatkan tubuh dan memenuhi nutrisi yang mudah untuk dicerna.

Memilih makanan atau minuman yang hangat biasanya dilakukan saat cuaca dingin. Salah satu makanan hangat yang praktis dan mudah dibuat adalah Royco Sup Krim.

Selain bergizi, Royco Sup Krim memiliki rasa yang enak dan bisa dikreasikan dengan tambahan sumber nutrisi lain, seperti protein berupa telur, daging, atau sayur-sayuran.

Minum teh lemon hangat atau air putih hangat pun bisa Anda biasakan mulai dari sekarang untuk menjaga kondisi tubuh saat cuaca tak menentu.

royco

Jenis makanan bergizi untuk penuhi asupan nutrisi

Bukan hanya dengan menerapkan pola hidup yang sehat, tapi memenuhi asupan nutrisi juga sangat penting untuk diperhatikan di tengah situasi cuaca yang tidak menentu.

Beberapa jenis makanan bergizi yang bisa dipilih adalah sayur dan buah-buahan mengandung Vitamin C dan E tinggi yang antioksidan.

Kandungan antioksidan membantu menghancurkan radikal bebas dan mendukung respon imun alami tubuh. Beberapa sayur dan buah tinggi Vitamin C dan E, antara lain:

  • paprika merah,
  • jeruk,
  • stroberi,
  • brokoli,
  • mangga,
  • kacang-kacangan,
  • biji-bijian,
  • bayam dan sayuran hijau lainnya.

Demi menjaga kesehatan, khususnya asupan nutrisi saat cuaca tak menentu, memilih makanan hangat dan menerapkan beberapa tips di atas tadi dapat menjadi langkah tepat yang mudah dicoba, baik untuk diri sendiri maupun keluarga tercinta.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Influenza (Flu): Flu Symptoms, Causes, and Risk Factors | American Lung Association. (2020). Retrieved 7 March 2022, from https://www.lung.org/lung-health-diseases/lung-disease-lookup/influenza/symptoms-causes-and-risk 

BODY + BRAIN: Body & Brain Scientists show how cold weather makes you sick | Public Broadcasting Service.(2015). Retrieved 7 March 2022, from https://www.pbs.org/wgbh/nova/article/scientists-finally-prove-cold-weather-makes-sick/ 

Sore throat (pharyngitis) | Healthdirect Australia. (2021). Retrieved 7 March 2022, from https://www.healthdirect.gov.au/sore-throat 

Health Topics: Diarrhea |MedlinePlus. (2021).  Retrieved 7 March 2022, from https://medlineplus.gov/diarrhea.html 

HOMEOPATHY: Seasonal Diarrhoea |National Health Portal of India. (2016). Retrieved 7 March 2022, from https://www.nhp.gov.in/Seasonal-Diarrhoea_mtl 

6 Simple Health Tips to Fight the Changing Weather | MyGov.in. (2021). Retrieved 7 March 2022, from https://blog.mygov.in/6-simple-health-tips-to-fight-the-changing-weather/ 

MARI MAKAN SAYUR DAN BUAH YANG BERKHASIAT BAIK BAGI TUBUH UNTUK KELUARGA INDONESIA SEHAT |PADK Kemenkes. Retrieved 7 March 2022, from http://www.padk.kemkes.go.id/article/read/2019/05/14/11/mari-makan-sayur-dan-buah-yang-berkhasiat-baik-bagi-tubuh-untuk-keluarga-indonesia-sehat.html 

Foods To Boost the Immune System | Physicians Committee for Responsible Medicine. (2021). Retrieved 7 March 2022, from https://www.pcrm.org/news/blog/foods-boost-immune-system 

Stephen A. Martin, Brandt D. Pence, Jeffrey A. Woods. (2010). Exercise and Respiratory Tract Viral Infections. HHS Public Access. doi: doi: 10.1097/JES.0b013e3181b7b57b

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Adelia Dwitasari Diperbarui Apr 14
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto