9 Pilihan Obat Jerawat Alami yang Aman di Kulit

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . 10 menit baca
Bagikan sekarang

Kehadiran jerawat di wajah sangat mengganggu penampilan. Tidak heran jika Anda pasti ingin mencoba beragam cara untuk menghilangkannya. Nah, salah satu cara yang difavoritkan banyak orang untuk menghilangkan jerawat adalah dengan obat alami seperti lidah buaya atau madu. Namun, mana di antara cara-cara ini yang aman buat kulit? Cari tahu faktanya di bawah!

Rekomendasi obat jerawat alami yang aman buat kulit

Perawatan alami memang masih jadi primadona karena dianggap minim risiko dan efek samping. Menariknya lagi, semua obat-obat alami ini mudah Anda dapatkan di dapur, atau dibeli di pasar maupun supermarket terdekat.

1. Minyak pohon teh (tea tree oil)

tea tree oil

Minyak yang diekstrak dari pohon teh melaleuca alternifolia asal Australia ini terkenal akan khasiatnya sebagai obat jerawat alami.

Minyak pohon teh (tea tree oil) diketahui memiliki sifat antibakteri kuat yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat seperti P. acnes dan S. epidermidis. Selain itu, tea tree oil juga diperkuat dengan sifat antiradang yang secara khusus mengurangi peradangan di kulit.

Sebuah studi dalam jurnal Indian Journal of Dermatology, Venereology, and Leprology melaporkan, gel yang mengandung 5% tea tree oil hampir 4 kali lebih efektif mengempiskan jerawat dan 6 kali lebih efektif meredakan peradangan kulit dibanding krim plasebo.

Penelitian lainnya yang lebih baru juga menemukan hal serupa. Efektivitas gel yang mengandung 5% tea tree oil untuk menghilangkan jerawat sebanding dengan obat jerawat yang mengandung 5% benzoyl peroxide.

Namun, hati-hati dengan risiko efek sampingnya yang dapat membuat kulit kering dan iritasi kemerahan. Maka itu minyak tidak boleh dioleskan langsung mentah-mentah ke kulit.

Anda bisa menggunakan tea tree oil untuk obat jerawat alami dengan mencampur 1 tetes minyak bersama 9 tetes air bersih. Celupkan cotton bud atau kapas bersih ke dalam larutan tersebut, kemudian totol-totolkan langsung pada jerawat. Setelah kering, oleskan pelembap seperti biasa. Anda boleh mengulangi cara ini satu sampai dua kali per hari, sesuai kebutuhan.

2. Teh hijau

manfaat minum teh hijau

Selain sebagai minuman yang punya banyak manfaat kesehatan, teh hijau juga bisa menjadi obat alami untuk menghilangkan jerawat dengan cepat.

Dauh teh hijau mengandung flavonoid dan tanin, yang diketahui dapat membantu melawan bakteri P. acnes penyebab jerawat.

Teh hijau juga terkenal tinggi kandungan antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Senyawa ini telah terbukti dapat melawan peradangan dan mengurangi produksi sebum (minyak alami) pada kulit orang yang berjerawat.

Cara menggunakannya cukup dengan menyeduh kantung teh hijau dalam air mendidih selama 3-4 menit. Diamkan teh sampai dingin, kemudian celupkan kapas dan oleskan langsung pada wajah yang bersih. Anda bisa juga memasukkan cairan teh ke dalam botol semprot, dan semprotkan beberapa kali pada seluruh wajah. Biarkan selama 10 menit atau semalaman, lalu bilas wajah Anda dengan air.

Lakukan cara ini 1–2 kali per hari, sesuai kebutuhan. Teh hijau dapat disimpan di kulkas hingga dua minggu.

3. Lidah buaya

jus lidah buaya

Obat jerawat alami selanjutnya adalah lidah buaya. Gel dari daun lidah buaya terbukti membantu melawan bakteri, mengurangi peradangan di kulit, dan mempercepat penyembuhan pascajerawat.

Lidah buaya dilaporkan mengandung lupeol, asam salisilat, nitrogen urea, asam cinnamonic, fenol dan sulfur yang saling bekerja sama membunuh bakteri penyebab jerawat.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi dari Journal of Dermatological Treatment tahun 2014 silam. Studi ini mengungkapkan krim tretinoin yang dikombinasikan dengan pemakaian gel lidah buaya lebih efektif untuk menghilangkan jerawat, ketimbang hanya menggunakan krim tretinoidnya saja.

Cara menggunakan lidah buaya sebagai obat jerawat alami yaitu dengan mengoleskan gel-nya langsung pada kulit yang bersih. Ulangi 1-2 kali sesuai dengan keinginan.

4. Tomat

manfaat likopen

Tomat kaya akan vitamin A dan vitamin C. Dua kombinasi vitamin ini sering ditemukan dalam kandungan obat jerawat (baik yang bebas atau yang diresepkan dokter) maupun dalam produk skincare komersil.

Sebuah studi tahun 2011 dari Inggris menemukan bahwa campuran puree tomat (tomat segar yang ditumbuk halus) dan minyak zaitun dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, dan merangsang produksi kolagen.

Tomat juga bersifat asam yang dapat membantu mengurangi produksi sebum, membunuh bakteri di kulit, dan mengencangkan pori-pori.

Jikalau Anda ingin menggunakan tomat sebagai obat alami penghilang jerawat, berikut caranya:

  • Buat dua irisan menyilang seperti huruf X pada bagian atas buah tomat.
  • Taruh tomat ke dalam baskom isi air hangat selama 1-2 menit. Pastikan irisan X-nya terendam air.
  • Setelah itu angkat dan kupas kulit tomat. Buang biji-bijinya sampai bersih.
  • Tumbuk halus buah tomat hingga menjadi bubur pasta.
  • Selanjutnya,  oleskan di seluruh wajah dan diamkan selama 30-60 menit.
  • Bilas muka sampai bersih setelahnya.

5. Madu

madu untuk luka

Madu mengandung enzim yang berperan sebagai zat antimikroba untuk melawan bakteri penyebab jerawat dan melawan infeksi pada kulit. Sementara itu, sifat antiradang alami dari madu dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri sekaligus melembapkan kulit, yang berguna untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Jenis madu yang diklaim ampuh dalam mengobati masalah kulit tersebut adalah madu manuka. Sejauh ini, pemanfaatan masker madu sebagai obat jerawat alami belum ditemukan efek sampingnya.

Jika Anda ingin menggunakan madu manuka untuk menghilangkan jerawat, berikut tips yang bisa dicoba di rumah:

  • Oleskan madu ke area wajah yang terdapat jerawat, dan diamkan beberapa menit.
  • Jika sudah cukup kering, bilas dengan air hangat.
  • Lakukan tiap pagi dan malam hari.

6. Baking soda

6 manfaat baking soda untuk kecantikan

Selain untuk membuat kue, baking soda juga bisa digunakan sebagai obat penghilang jerawat secara alami.

Pasalnya, baking soda memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang mampu menyerap minyak di kulit dan mempercepat proses penyembuhan kulit yang meradang. Soda kue juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Namun, hati-hati jika ingin menggunakan baking soda untuk menghilangkan jerawat. Jangan langsung membubuhkan bubuk ini pada kulit wajah, karena dapat menyebabkan iritasi. Cara amannya, campurkan dulu 1 sendok makan (sdm) baking soda dengan 1 sdm air hangat.

Oleskan pasta ini hanya pada bengkak jerawat, dan tunggu 10-15 menit. Jangan lebih lama dari itu. Setelahnya bilas bersih dengan air hangat. Terakhir, oleskan pelembap pada seluruh wajah karena baking soda dapat mengeringkan kulit.

Pastikan Anda hanya menggunakan baking soda yang benar-benar baru dan kemasannya masih tersegel rapat. Baking soda yang sudah dibuka untuk dipindahkan ke wadah baru dan digunakan sebelumnya rentan terkontaminasi oleh kuman dari lingkungan sekitar.

7. Jeruk Nipis

jeruk nipis
Sumber: High Land Saroma Fresh

Jerawat rentan muncul karena pH kulit wajah terlalu lama dibiarkan dalam kondisi basa. Kondisi ini membuat bakteri mudah berkembang biak untuk menginfeksi.

Nah untuk mengatasinya, gunakan air perasan jeruk nipis. Air perasan jeruk nipis mengandung vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan untuk mengembalikan pH kulit menjadi lebih asam. Kondisi pH kulit yang asam tidak ideal bagi kuman dan bakteri penyebab jerawat untuk bertahan hidup.

Air perasan jeruk nipis juga bisa membantu mengurangi pembengkakan kulit dan menetralisir rasa sakit akibat jerawat sehingga membantu menyembuhkan kulit.

Namun, jangan langsung mengoleskan jus jeruk nipis pada wajah. Larutkan dulu dengan air agar tidak mengiritasi kulit.

8. Bawang putih

bawang putih untuk obat batuk berdahak

Jika Anda masih punya stok bawang putih di dapur, rempah satu ini juga dinilai efektif sebagai obat jerawat alami. Bawang putih mengandung senyawa suflur alami yang berfungsi sebagai antibakteri dan antiradang.

Selain itu, bawang putih juga dapat membantu meningkatkan kekebalan sistem imun yang dapat membantu tubuh melawan infeksi, termasuk jerawat.

Cara menggunakan bawang putih sebagai obat jerawat alami adalah dengan menambahkannya ke dalam makanan hari-hari Anda. Atau seduh bawang putih dalam air hangat, dan minum sarinya. Bawang putih tidak boleh ditempelkan atau dioleskan langsung ke kulit yang berjerawat.

Dikutip dari laman Verwellhealth, jika bersentihan langsung dengan kulit, bawang putih dapat memicu reaksi dermatitis kontak.

9. Minyak kelapa

minyak kelapa dalam makanan

Minyak kelapa bersifat antiradang dan antibakteri yang berpotensi ampuh melawan bakteri penyebab jerawat, sekaligus meredakan bengkak dan kemerahan pada kulit akibat jerawat.

Tak hanya itu saja, minyak kelapa juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka akibat jerawat.

Cara menggunakan minyak kelapa sebagai obat jerawat alami adalah dengan mengoleskannya langsung pada area kulit yang bermasalah.

Mengobati jerawat secara alami dengan mengubah gaya hidup

Selain menggunakan obat jerawat alami yang telah disebutkan di atas, Anda juga tetap perlu mengubah gaya hidup agar lebih sehat sekaligus mempermudah kerja obat-obatan tersebut untuk mengobati jerawat

Berikut beberapa hal yang bisa Anda terapkan.

Jangan menyentuh dan memencet jerawat

Menyentuh dan memencet jerawat memang sangat menggoda. Namun, sering-sering menyentuh jerawat di wajah bisa menyebabkan kulit iritasi sehingga membuat jerawat jadi lebih parah.

Menyentuh, memencet, memecahkan, dan mengorek jerawat juga dapat menyebabkan infeksi menyebar ke area kulit lainnya sehingga jerawat rentan muncul kembali di banyak tempat.

Banyak minum air putih

Menjaga diri agar tidak dehidrasi juga penting supaya jerawat cepat hilang karena asupan air yang cukup dapat membantu merangsang proses regenerasi sel kulit baru dan mengendalikan produksi sebum.

Tidak ada minimum berapa banyak orang harus minum air putih setiap hari. Pasalnya, kebutuhan tiap-tiap orang pasti berbeda tergantung dari usia, aktivitas, cuaca, dan kondisi tubuh masing-masing.

Namun, banyak ahli kesehatan menyarankan sebaiknya minum air putih sebanyak 6-8 gelas sehari.

Mengurangi stress

American Academy of Dermatology mengungkapkan bahwa stress adalah salah satu penyebab munculnya jerawat karena dapat menyebabkan hormon androgen meningkat.

Ada banyak cara untuk menghilangkan stres. Mulai dari tidur yang cukup, olahraga teratur, makan makanan sehat, membatasi minuman berakohol dan kafein (kopi dan teh), serta melakukan hobi atau aktivitas yang membuat Anda bahagia.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Mencegah Masalah Jerawat Gara-gara Pemakaian Kacamata

Ternyata, masalah jerawat juga bisa muncul gara-gara kacamata yang Anda gunakan setiap hari. Lantas, bagaimana cara mencegahnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/05/2020 . 4 menit baca

Manfaat Air Garam untuk Atasi Masalah Jerawat

Ada banyak cara alami untuk mengatasi jerawat, salah satunya dengan menggunakan air garam. Bagaimana air garam bisa menghilangkan jerawat?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 11/05/2020 . 4 menit baca

Ini Alasannya Jerawat Muncul Meski di Rumah Saja

Saat Anda di rumah saja, mungkin Anda bingung mengapa Anda menjadi jerawatan. Hal ini memang bisa terjadi. Lalu mengapa jerawat muncul meski hanya di rumah?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Perawatan Kulit, Hidup Sehat, Kecantikan 29/04/2020 . 5 menit baca

Cukup Minum Air Putih Bantu Menghilangkan Jerawat, Lho!

Minum air bermanfaat bagi kesehatan kulit. Namun, apakah minum air saja cukup untuk menghilangkan jerawat yang membandel?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Jerawat, Health Centers 26/04/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

mencegah ruam popok

Tips Mencegah Ruam Popok Pada Pantat Bayi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 4 menit baca
bahan alami untuk mengusir kulit kepala gatal

Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 09/06/2020 . 5 menit baca
gatal karena kulit kering

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020 . 5 menit baca
warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020 . 4 menit baca