Makanan dengan nutrisi yang baik sangat diperlukan bagi tubuh, apalagi saat menjalani bulan puasa. Ketika berpuasa, banyak perubahan fungsi tubuh yang terjadi. oleh sebab itu nutrisi tubuh harus sangat diperhatikan ketika puasa agar Anda selalu tetap sehat, kuat, dan berenergi saat berpuasa. Lalu nutrisi tubuh yang seperti apa yang paling baik untuk dikonsumsi? Zat gizi makro atau zat gizi mikro?

Zat gizi mikro atau makro, nutrisi tubuh mana yang paling diperlukan saat puasa?

Jika Anda masih bingung, zat gizi makro dan mikro adalah dua jenis kebutuhan gizi yang harus dipenuhi setiap hari. Zat gizi makro merupakan zat gizi yang terdiri dari protein, lemak, dan karbohidrat. Sementara zat gizi mikro adalah zat yang terdiri dari vitamin dan berbagai macam mineral.

Kedua zat gizi ini tentunya sama-sama penting bagi tubuh, namun yang berbeda adalah jumlah yang diperlukan tubuh dalam sehari. Seperti namanya, zat gizi makro tentu lebih banyak dibutuhkan ketimbang zat gizi mikro.

Anda butuh zat gizi makro untuk memenuhi kebutuhan kalori Anda dalam satu hari, sedangkan zat gizi mikro adalah nutrisi yang berperan dalam membangun sistem penyokong tubuh, seperti sistem kekebalan tubuh. Jadi, sebenarnya tak ada yang memiliki predikat lebih penting atau harus lebih banyak dikonsumsi, sebab zat gizi makro dan mikro sama-sama Anda butuhkan ketika berpuasa.

Bagaimana jika kekurangan salah satunya?

Apabila Anda tidak merencanakan pola makan dengan baik, maka Anda akan kehilangan kedua jenis nutrisi tubuh tersebut – zat gizi makro maupun mikro. Mungkin, ketika Anda mengalami kekurangan zat gizi makro, Anda akan cepat mengalami gangguan kesehatan dibandingkan dengan kekurangan zat gizi mikro.

Hal ini disebabkan karena kebutuhan zat gizi makro lebih banyak ketimbang zat gizi mikro, sehingga ketika Anda kurang sedikit saja, masalah kesehatan Anda datang menghampiri Anda. Namun, bukan berarti Anda tak mengalami gangguan kesehatan ketika kekurangan vitamin dan mineral.

Buktinya, saat berpuasa kulit Anda mungkin sering menjadi kering atau Anda mengalami anemia. Kondisi tersebut bisa disebabkan karena Anda kekurangan vitamin dan mineral di dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar mengatur dan menyeimbangkan kedua jenis nutrisi tersebut.

Berapa banyak kebutuhan zat gizi agar nutrisi tubuh tetap terjaga saat berpuasa?

Tak ada bedanya, kebutuhan zat gizi makro Anda saat puasa dengan hari-hari biasanya. Berikut adalah panduan kebutuhan zat gizi makro untuk orang yang sehat – orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu akan berbeda kebutuhannya.

  • Karbohidrat: 45-60% dari kebutuhan kalori
  • Protein: 10-20% dari kebutuhan kalori
  • Lemak: kurang  30% dari kebutuhan kalori

Sementara, zat gizi mikro yang terdiri dari berbagai jenis vitamin dan mineral juga tak berbeda kebutuhannya ketika sebelum dan saat bulan puasa. Kebutuhan zat gizi mikro dapat Anda temukan di berbagai jenis sayuran serta buah-buahan.

Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu menyisipkan sayuran di dalam menu makanan Anda dan buah-buahan pada camilan, untuk menghindari terjadinya kekurangan nutrisi tubuh saat puasa.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca