3 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Bahu di Rumah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Nyeri bahu adalah kondisi yang umum. Nyeri bahu bisa diakibatkan dari beban aktivitas sehari-hari saat Anda banyak menggerakkan lengan, persendian yang aus, atau cedera. Ada beberapa cara mudah tanpa operasi atau prosedur medis apapun untuk menangani keluhan nyeri bahu dan mengurangi kekakuan, sehingga kembali meningkatkan rentang gerak dan fleksibilitas bahu.

Berbagai cara menyembuhkan rasa sakit akibat nyeri bahu

1. Olahraga ringan

Saat Anda mengalami nyeri bahu, Anda harus terus menggunakan bahu Anda seperti biasanya meski ini bisa terasa sangat sakit pada awalnya. Jika Anda tidak “memaksa” untuk menggunakan bahu Anda, otot-ototnya malah akan menjadi kaku sehingga nyeri bisa makin memburuk.

Olahraga ringan untuk meredakan nyeri bahu dapat Anda lakukan sendiri di rumah, atau Anda mungkin akan dianjurkan untuk melakukan latihan ini di bawah pengawasan terapis fisik. Latihan tersebut dapat meliputi:

  • Latihan kekuatan untuk memperkuat otot dan ligamen yang melemah. Latihan ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan memperbaiki fungsi bahu dalam aktivitas sehari-hari.
  • Latihan peregangan, untuk meregangkan otot-otot Anda guna mengurangi kekakuan otot dan meningkatkan rentang gerak Anda, juga mengurangi keterbatasan geraknys.

Jika masalah bahu Anda menyebabkan nyeri yang terlalu kuat hingga Anda tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari seperti mandi atau mengemudi, Anda harus memberi tahu terapis Anda. Ia akan memberikan saran atau membantu Anda mencari terapis lain yang lebih sesuai.

2. Pijat

Pijat tapi bukan sembarang pijat. Untuk mengatasi nyeri, pijat haruslah dilakukan oleh terapis fisik profesional, bukannya tukang pijat keliling. Teknik pijatan terapis akan membantu Anda meredakan nyeri, mengurangi kekakuan otot, membuat lebih banyak darah mengalir ke bahu, dan memasok oksigen dan nutrisi untuk proses penyembuhan. Metode ini juga dapat membantu Anda bergerak dengan lebih baik menggunakan bahu Anda.

Terapis fisik akan melakukan pijatan dengan tangan kosongnya atau dengan minyak pijat. Pijatan juga dapat membantu Anda rileks dan mengurangi stres.

3. Kompres es

Kompres dingin dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan nyeri di area yang bermasalah. Namun, Anda tidak boleh mengaplikasikan es secara langsung ke tubuh karena ini dapat merusak kulit. Gunakan kain yang lembut untuk melapisi es.

Tiga cara di atas merupakan cara yang paling populer untuk mengobati nyeri bahu. Diskusikan dengan dokter untuk menemukan cara mana yang paling cocok untuk Anda sendiri.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Juni 9, 2017 | Terakhir Diedit: November 15, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca