Salah satu struktur yang paling penting dan kompleks dalam tubuh Anda adalah tulang. Tulang dikenal sebagai bagian tubuh yang kuat, keras dan tak bernyawa. Namun pada kenyataannya, tulang terbuat dari, sel-sel hidup aktif yang mampu tumbuh, memperbaiki diri, dan berkomunikasi dengan bagian lain dari tubuh Anda. Mari kita lihat lebih dekat apa yang tulang Anda dapat lakukan dan bagaimana mereka melakukannya.

Pembentukan

Bentuk dan struktur tulang kerangka kita ditentukan oleh berbagai faktor: genetik, metabolisme dan faktor mekanik. Pembentukan tulang kita mulai di dalam rahim ibu kita sebelum kita dilahirkan. Faktor metabolik juga penting. Zat-zat seperti: kalsium, fosfor, vitamin A, C dan D dan sekresi hipofisis, tiroid, adrenal paratiroid dan gonad juga terlibat dalam pembentukan tulang kita. Bahkan setelah melahirkan, zat ini terus memainkan peranan penting dalam pembentukan tulang baru. Kurangnya vitamin D dan kalsium  khususnya dapat menyebabkan banyak penyakit tulang seperti rakhitis dan massa tulang yang rendah, membuat  tulang rusak dengan mudah. Tulang kita dibentuk oleh gerakan kita dan kebutuhan tubuh kita.

Fungsi

Seperti tiang rumah, Anda perlu tulang yang kuat untuk mendukung seluruh tubuh Anda dan untuk melindungi organ-organ Anda. Tanpa tulang, maka akan sulit untuk menjaga tubuh berdiri tegak. Tulang lengan atas dan bawah bertindak sebagai tuas untuk membantu Anda bergerak, mendorong dan menarik dengan bantuan otot.

Fungsi tulang Anda sebagai tempat penyimpanan untuk mineral lemak dan banyak zat penting lainnya sehingga zat-zat ini tersedia ketika tubuh Anda membutuhkannya. Bahkan, 97% dari kalsium tubuh disimpan dalam tulang. Tulang menyediakan gudang yang mudah diakses untuk mineral yang akan diambil dan dipindahkan ke aliran darah untuk sampai ke bagian lain dari tubuh Anda bila diperlukan.

Tulang melindungi tubuh Anda dari keretakan. Tulang membentuk lapisan yang kuat di sekitar organ dalam tubuh. Tulang juga diperlukan kadang-kadang untuk fungsi organ. Misalnya, untuk bernapas Anda perlu menggunakan tulang rusuk Anda. Tulang rusuk bertindak sebagai perisai untuk melindungi paru-paru dan jantung.

Tulang dianggap sebagai pemegang sumsum. Tulang memainkan bagian penting dalam membuat sel-sel darah. Stem sel yang digunakan untuk membuat sel-sel darah merah dan putih banyak ditemukan di sumsum tulang.

Klasifikasi tulang

Tulang kerangka terdiri dari banyak tulang yang membentuk berbagai bentuk, fungsi, lokasi, panjang dan berat. Cara termudah untuk mengklasifikasikan tulang adalah dengan bentuknya, yang meliputi 5 jenis:

Tulang panjang

Tulang panjang merupakan tulang khas untuk anggota badan. Anda bisa menebak dari nama tulang panjang yang mana tulang yang lebih panjang dari lebarnya. Karena sering ditemukan pada tungkai, tulang ini berfungsi untuk memberikan kekuatan, struktur, dan mobilitas. Bagian dalam dari tulang panjang cukup kenyal meskipun bagian luarnya keras. Tulang-tulang spons mengandung banyak sumsum tulang kuning dan sumsum tulang merah, yang mampu menghasilkan sel-sel darah.

Tulang panjang termasuk femora, tibiae dan fibulae kaki, humeri, jari-jari, dan ulnae dari lengan; metacarpals dan metatarsal dari tangan dan kaki, falang jari tangan dan jari kaki, dan klavikula atau tulang leher. Sebuah tulang panjang memiliki poros dan dua ujung.

Tulang pendek

Tulang pendek memiliki lebar yang sama dengan panjangnya. Tulang ini berbentuk seperti kubus yang membentuk sendi di tulang. Menariknya, seiring Anda tumbuh, ukuran tulang-tulang ini tidak banyak berubah dibandingkan dengan tulang panjang. Tulang inj terbuat dari lapisan kulit luar yang keras dan sebagian besar adalah tulang spons. Fungsi tulang ini adalah untuk memberikan dukungan dan stabilitas untuk gerakan tubuh kita.

Tulang pendek ditemukan di pergelangan tangan dan pergelangan kaki, carpals dan tarsals.

Tulang pipih

Tulang pipih merupakan tulang yang berbentuk  piringan yang kuat, keras dan datar. Tulang ini terdiri dari lapisan tulang spons dengan dua lapis tipis tulang kompak. Tulang pipih merupakan tempat pembentukan sel darah merah yang paling banyak.

Anda dapat dengan mudah menemukan tulang pipih di bahu Anda, tulang dada, tengkorak dan tulang pinggul.

Tulang yang tidak teratur

Tulang ini tidak masuk kategori apapun, dikenal sebagai tulang tidak teratur. Tulang tidak teratur biasanya berfungsi sebagai pelindung jaringan saraf, menjaga dukungan faring, membentuk lidah, dll

Contoh yang baik dari tulang tidak teratur adalah tulang belakang dan tulang rahang bawah. Pada tulang belakang yang mana tulang yang tidak teratur kebanyakan ditemukan, memiliki 33 tulang yang tidak teratur.

Tulang sesamoid

Tulang sesamoid biasanya tertanam di tendon atau otot. Tulang-tulang ini memberikan dukungan pada tendon, terutama di mana tendon mudah terkena gesekan, seperti lutut, tangan, di pergelangan tangan. Fungsi utama dari sesamoid adalah untuk melindungi tendon.

Sekarang Anda mengerti mengenai tulang Anda, Anda dapat lebih memahami dan mengelola rasa sakit Anda.

Hello Health Group tidak memberikan saran medis, diagnosis atau pengobatan.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca