Penyebab Jerawat Muncul di Bibir, Plus Cara Mengatasi dan Mencegahnya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Jerawat bisa muncul di tempat yang tak biasa, seperti di bibir. Meski kecil, jerawat di bibir umumnya cenderung lebih terasa nyeri dibanding di lokasi lain. Tidak heran jika kemunculannya jadi membuat makan terasa tidak senikmat biasanya. Namun, hati-hati. Jangan sembarang memencet jerawat di bibir hanya karena ingin cepat sembuh. Atasi jerawat di bibir dengan cara yang tepat, aman, dan efektif berikut ini.

Penyebab jerawat di bibir

jerawat di bibir

Jerawat di area garis bibir dapat disebabkan oleh produksi minyak berlebih, bakteri, dan folikel rambut yang tersumbat oleh kulit mati.

Sumbatan ini bisa disebabkan oleh penggunaan lip balm, lipstik, petroleum jelly, atau makeup lainnya secara berulang. Meski produk-produk ini aman, pemakaian secara berlebihan dan tidak dibersihkan dengan benar berpotensi menyumbat pori. Akibatnya, kemunculan jerawat di area bibir tak bisa terhindarkan.

Stres, hormon, dan obat-obatan tertentu juga bisa meningkatkan risiko kemunculan jerawat atau memperburuknya.

Cara mengatasi jerawat di bibir

mencegah bibir terbakar matahari

Mengatasi jerawat di bibir tidak susah, kok!

Anda hanya perlu telaten dan menggunakan produk yang tepat agar jerawat menghilang dari area bibir. Berikut beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasinya:

Mengoleskan obat jerawat

Benzoil peroksida merupakan salah satu obat ampuh yang mampu atasi jerawat yang meradang. Benzoil peroksida bekerja dengan membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengendalikan minyak di kulit.

Selain benzoil peroksida, Anda juga bisa menggunakan retinoid untuk mengatasi jerawat di bibir. Retinoid bekerja dengan membuka sumbatan pada pori, mengurangi produksi minyak, dan mencegah peradangan kulit.

Tak hanya itu, antibiotik juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat di bibir. Krim antibiotik membantu membunuh bakteri dan meredakan peradangan.

Jika Anda menggunakan obat jerawat di malam hari, jangan lupa untuk mengoleskan pelembap keesokan harinya. Pelembap membantu mencegah kekeringan berlebih pada kulit akibat obat jerawat yang dipakai.

Mengompres jerawat

Mengompres jerawat dengan es batu atau air hangat juga bisa bantu meredakan peradangan. Kompres dingin membantu meringankan pembengkakan dan kemerahan sehingga jerawat jadi tak begitu terlihat. Selain itu, kompres dingin juga bisa meredakan nyeri yang menganggu.

Selain kompres dingin, Anda juga bisa mengompres jerawat di bibir dengan air hangat. Cara ini membantu mengeluarkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori.

Jika jerawat yang Anda miliki sudah terinfeksi, kompres hangat akan membantu mengeringkan nanah sehingga kemerahan dan nyeri pun akan berkurang.

Usahakan untuk mengompres jerawat sekitar satu menit sebanyak dua kali sehari untuk membantu mengurangi peradangan. Ulangi sesuai kebutuhan terutama saat jerawat terasa sakit.

Mengoleskan tea tree oil

Selain obat medis, Anda juga bisa mengoleskan tea tree oil sebagai bahan alami untuk redakan jerawat. Dalam penelitian yang diterbitkan di Cochrane, tea tree oil mampu mengurangi keparahan jerawat.

Ini karena tea tree oil mengandung antiradang dan antimikroba. Oleskan minyak ke bagian yang berjerawat kemudian diamkan semalaman.

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, oleskan minyak terlebih dahulu pada lengan bagian dalam untuk mengecek reaksi alergi yang muncul. Jika tidak ada gejala yang muncul, barulah oleskan jerawat ke jerawat di area bibir.

Jika berbagai cara ini tak juga mampu meredakan jerawat Anda, konsultasikan ke dokter untuk mendapat perawatan yang tepat.

Cara mencegah jerawat di bibir

makeup remover alami

Tak usah khawatir, kemunculan jerawat di bibir sangat mungkin untuk dicegah. Agar Anda tak lagi bingung, berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencegah jerawat agar tak sembarangan muncul:

Rutin membersihkan wajah dan bibir

Selepas berkegiatan, segera bersihkan wajah Anda dengan sabun cuci muka yang ringan dan tidak mengiritasi. Pilihlah bahan yang tidak mengandung alkohol agar kulit wajah tidak terlalu kering setelah mencuci muka.

Jangan lupa juga untuk membersihkan area sekitar bibir dengan sabun pembersih Anda. Jika seharian ini Anda menggunakan lipstik dan produk bibir lainnya, lakukan double cleansing.

Artinya, sebelum mencucinya dengan air dan sabun, bersihkan terlebih dahulu bagian ini dengan pembersih makeup yang berbahan dasar minyak. Pembersih jenis ini mampu mengangkat sisa lipstik atau lip balm yang tak bisa hilang dengan air biasa.

Hindari menyentuh area bibir terlalu sering

Tanpa sadar, tangan Anda mungkin kerap memegang-megang area bibir terlalu sering. Sekilas memang tidak masalah. Namun jika terlampau sering, kotoran dan bakteri yang menempel di tangan bisa berpindah ke area bibir hingga memicu tumbuhnya jerawat.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Februari 28, 2020 | Terakhir Diedit: Januari 20, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca