Pilihan Salep dan Obat Oles untuk Meringankan Gejala Ambeien

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 16/04/2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Merasakan benjolan lunak di bokong, sakit saat duduk, nyeri saat ngeden, sampai BAB berdarah bisa jadi gejala  wasir atau ambeien. Untungnya, penyakit ini diatasi, salah satunya dengan menggunakan salep. Namun, apa saja salep yang aman untuk meredakan gejala ambeien (hemoroid)? Lihat daftar pilihan salep wasir berikut ini.

Pilihan salep ambeien dari dokter yang ampuh dan aman

Salep kudis dan scabies di tangan

Umumnya ambeien bisa sembuh sendiri. Namun jika tidak juga sembuh setelah seminggu, Anda harus konsultasi ke dokter. Dokter nantinya akan mendiagnosis seberapa parah kondisi ambeien Anda dan memberikan salep yang harus dioleskan rutin. Berikut beberapa pilihan salep yang ampuh untuk mengobati hemoroid, seperti:

1. Salep hidrokortison

Untuk mengobati ambeien, umumnya dokter akan memberikan salep wasir yang mengandung hidrokortison.  Hidrokortison termasuk dalam golongan obat kortikosteroid yang bekerja mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan gatal pada anus.

Salep wasir yang mengandung hidrokortison umumnya bisa berbentuk krim oles atau krim dalam tabung yang dilengkapi dengan aplikator. Aplikator berfungsi menghindari risiko paparan bakteri dan infeksi dari kontak kulit langsung antara tangan dengan anus.

Salep oles hidrokortison bisa dioles pada ambeien yang terlihat pada anus (ambeien luar/eksternal). 

Aturan dosis dan cara pakainya:

Salep ambeien dengan kandungan hidrokortison boleh digunakan pada anak-anak usia 12 tahun ke atas hingga orang dewasa. Salep oles ini umumnya digunakan hingga 3 atau 4 kali sehari. 

Sebelum menggunakan obat ini, tanyakan pada dokter atau apoteker petunjuk pemakaiannya. Gunakan salep ambeien hidrokortison yang diresepkan dokter sesuai aturan. Jangan menggunakannya terlalu banyak atau sedikit daripada yang dianjurkan dokter.

Obat ini tidak boleh digunakan dalam jangka panjang karena ada risiko efek samping. Salep hidrokortison dapat memunculkan efek samping berupa atrofi mukosa.

Jangan lupa beri tahu dokter Anda jika gejala wasir membaik, memburuk, atau ada efek samping selama memakai salep. Jika Anda membaik atau memburuk, dokter bisa mengubah dosisnya sesuai kebutuhan.

Jika Anda sudah pakai salep hidrokortison dan tidak juga membaik dalam 7 hari, hentikan penggunaannya dan hubungi dokter Anda.

2. Salep lidocaine dan hidrokortison

Salep untuk ambeien ada pula yang mengandung kombinasi lidocaine dan hidrokortison. Hidrokortison berfungsi untuk mengobati gatal, bengkak, kemerahan, dan rasa tidak nyaman pada anus. 

Sementara itu, lidocaine adalah bahan obat bius yang berfungsi mematikan rasa nyeri sementara di area tersebut.

Aturan dosis dan cara pakainya:

Salep wasir ini dioles menggunakan aplikator khusus. Sebelum mengoleskannya, bersihkan dulu area anus yang bengkak dengan sabun dan air mengalir. Bilas bersih dan keringkan dengan baik.

Biasanya salep kombinasi lidocaine dan hidrokortison juga dilengkapi dengan tisu sekali pakai untuk membersihkan area anus yang ambeien. 

Jangan gunakan jari Anda untuk mengoleskan obat ke dalam anus. Saat ingin memakainya, masukkan ujung aplikator dengan lembut hanya 1,5-2,5 cm ke dalam anus. Oleskan salep di dalam dan di sekitar lubang anus seperti yang diarahkan dalam instruksi kemasan atau oleh dokter Anda.

Jika produk Anda khusus sekali pakai, buang semua bagian dan kemasannya segera setelah digunakan. Aplikator dan sisa obat (jika ada) jangan digunakan kembali.

Untuk mengoleskan salep di bagian terluar anus, oleskan sedikit saja dan gosok dengan lembut. Sekali lagi ingat, salep hidrokortison dapat memberikan efek samping berupa atrofi mukosa. Sebaiknya tidak digunakan dalam jangka panjang.

3. Petroleum jelly

Situs kesehatan yang dikelola oleh Harvard University menyebutkan petroleum jelly bisa digunakan sebagai salep ambeien.

Petroleum jelly memang populer sebagai produk kecantikan. Di samping itu, juga dikenal sebagai produk untuk meredakan berbagai masalah pada kulit, salah satunya ambeien. Penggunaan salep ini diketahui dapat membantu meredakan rasa nyeri akibat pembuluh darah dekat anus yang membengkak.

Seperti penggunaan salep wasir lainnya, pastikan tangan Anda bersih. Jangan masukkan petroleum jelly ke dalam lubang anus.

Obat oles untuk wasir selain salep

manfaat lidah buaya untuk rambut

Selain mengandalkan salep ambeien dari dokter, ternyata ada obat oles dan bahan alami yang bisa membantu meringankan ambeien.

Namun perlu diingatkan, obat alami ini hanya boleh diterapkan sebagai obat luar. Itu artinya, Anda tidak boleh memasukkan obat ke dalam lubang anus. Agar lebih aman, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter sebelum memakai obat-obatan ini.

Berikut salep, krim, dan gel dari bahan alami yang biasanya digunakan untuk mengobati ambeien, antara lain:

1. Witch hazel

Witch hazel adalah sebutan lain bagi tanaman Hamamelis virginiana, sejenis semak asli Amerika Utara. Daun dan kulit kayu tanaman semak tersebut sering dibuat menjadi salep, toner, atau teh. 

Witch hazel dipercaya bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit, gatal dan perdarahan akibat wasir karena terbukti mengandung tanin yang dapat membantu menurunkan peradangan dan memperlambat perdarahan. 

Untuk meredakan gejala wasir, Anda bisa menggunakan salep yang mengandung witch hazel. Cara pakaianya, oleskan salep tersebut langsung ke area kulit sekitar anus yang meradang. Gunakan tidak lebih 6 kali dalam sehari setelah buang air besar. 

2. Krim campuran gliserin dan garam epsom

Krim gliserin dan garam epson dapat menjadi pengganti obat salep alternatif untuk ambeien. Anda bisa membuat krim ini sendiri di rumah dengan tips berikut.

  • Campurkan 2 sendok makan garam epsom dengan 2 sendok makan gliserin
  • Oleskan campuran itu ke kain kasa dan letakkan di area yang menyakitkan
  • Tinggalkan kain kasa pada anus ambeien yang bengkak selama 15-20 menit
  • Ulangi setiap empat hingga enam jam hingga nyeri mereda

3. Pakai gel lidah buaya

Gel lidah buaya sudah umum digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kulit. Lidah buaya bersifat sifat antiradang yang dapat membantu mengurangi iritasi pada kulit.

Sampai saat ini tidak ada cukup bukti ilmiah yang memastikan manfaat lidah buaya untuk mengobati ambeien. Namun, menurut National Center for Complimentary and Integrated Health gel lidah buaya sangat aman untuk digunakan.

Dengan catatan, gel lidah buaya yang dioles untuk ambeien merupakan gel murni tanpa campuran apapun. Gel lidah buaya murni dapat Anda kerok langsung dari daun lidah buaya segar. Sebelum menggunakannya, pastikan Anda tidak punya alergi dengan lidah buaya.

Jika obat salep maupun obat dari bahan alami tidak membuat ambeien membaik. Baiknya, segera lakukan pemeriksaan dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih tepat, salah satunya operasi pengangkatan wasir.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Nokturia, Penyebab Sering Buang Air Kecil pada Malam Hari

Apakah di tengah malam, Anda lebih dari dua kali pergi untuk buang air kecil? Hati-hati, bisa jadi nokturia. Kenali penyebabnya!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kandung Kemih bagi Pria dan Wanita?

Hati-hati, tidak menjaga kesehatan kandung kemih membuat Anda rentan kena berbagai gangguan sistem kemih seperti infeksi saluran kencing hingga kanker.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Ginseng Korea: Benarkah Ampuh Atasi Berbagai Masalah Seksual Pria?

Ginseng Korea diyakini bisa mengatasi masalah pria, dari impotensi hingga ejakulasi dini. Tapi apakah manfaat ginseng ini sudah terbukti dan teruji klinis?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 05/08/2020 . Waktu baca 4 menit

Pijat Prostat, Benarkah Bisa Atasi Masalah Prostat dan Seksual?

Dewasa ini, pijat prostat mulai banyak dicari. Banyak yang yakin pijat ini bisa jadi solusi berbagai keluhan di area prostat. Apa memang benar?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Urologi, Prostat 05/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mengobati infeksi saluran kencing obat cefixime antibiotik

7 Pengobatan Alami Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 8 menit
cara menghilangkan varises dengan skleroterapi

Sering Menggoyang-goyangkan Kaki Saat Tidur? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 3 menit
sering kencing di malam hari

7 Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil yang Mengganggu

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit
penyebab infeksi saluran kencing

Berbagai Penyebab Penyakit Infeksi Saluran Kencing yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit