Minyak Kelapa untuk Psoriasis, Benarkah Bermanfaat?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Minyak kelapa dipercaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk merawat kulit dan rambut. Minyak ini terutama bermanfaat untuk orang yang memiliki kulit yang kering. Minyak kelapa dapat membantu meningkatkan kelembaban kulit Anda yang kering. Termasuk kulit kering yang diakibatkan oleh psoriasis. Psoriasis adalah gangguan kulit kronis yang membuat kulit kering, pecah-pecah, dan timbul bercak merah disertai dengan adanya sisik keperakan. Bagian kulit yang mengalami psoriasis terasa gatal, nyeri, dan panas seperti terbakar, bahkan hingga bisa berdarah. Lalu apakah minyak kelapa untuk psoriasis benar-benar ampuh? Simak ulasannya di sini.

Mengenal minyak kelapa

Minyak kelapa terdiri dari 90 persen lemak jenuh. Ini merupakan kandungan lemak yang jauh lebih tinggi daripada lemak pada mentega, atau daging sapi. Namun, minyak kelapa membantu meningkatkan kolesterol HDL, juga kolesterol LDL.

Minyak kelapa topikal (penggunaan luar, bukan untuk dikonsumsi) juga bisa digunakan sebagai perawatan kecantikan, termasuk mengurangi kerontokan rambut, mengurangi stretch mark, melembabkan kulit, dan menghapus makeup.

Bila dioleskan pada kulit, minyak kelapa bisa mengurangi peradangan kulit. Ini jua bisa membantu meredakan kulit kering, dengan mempertahankan kadar air di kulit.

Asam lemak pada minyak kelapa juga memiliki manfaat menenangkan kulit untuk mengobati psoriasis. Minyak kelapa bisa membantu menghaluskan kulit karena mengandung asam laurat, capric, dan asam kaprilat. Asam laurat juga memiliki aktivitas antimikroba, yang membantu mengurangi risiko infeksi kulit.

Minyak kelapa untuk psoriasis

Psoriasis dapat menyebabkan gatal-gatal dan menimbulkan kulit putih bersisik yang sangat terlihat kering. Dokter kulit biasanya merekomendasikan pasien untuk menggunakan pelembap untuk mengurangi kekeringan.

Minyak kelapa adalah contoh perawatan pelembap untuk kulit. Ini dapat membantu mengurangi kulit yang sangat kering, terutama pada saat cuaca kering atau dingin. Minyak kelapa untuk pelembab biasanya tersedia dalam bentuk lotion atau salep yang mungkin digabungkan dengan bahan lainnya.

Menurut National Psoriasis Foundation, minyak kelapa dapat membantu menghilangkan kulit putih bersisik akibat psoriasis di kulit kepala. Selain itu, minyak kelapa juga dapat menghaluskan atau melembutkan kulit kepala. Dengan kata lain, minyak kelapa dapat membantu meredakan gejala psoriasis pada kulit kepala. Namun, tak hanya pada kulit kepala, minyak kelapa juga bisa meredakan gejala psoriasis di bagian kulit lainnya.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk psoriasis

Minyak kelapa untuk psoriasis dapat digunakan dalam beberapa cara. Salah satunya dengan mengoleskan minyak kelapa setelah mandi. Biarkan minyak kelapa menyerap sekitar setengah jam. Lakukan ini dua sampai tiga kali sehari untuk memberikan hasil yang diinginkan.

Selain itu, untuk meningkatkan manfaat minyak kelapa ini, pijat ringan kepala dengan minyak kelapa ini. Kemudian bungkus handuk hangat di sekitar kepala Anda. Setelah itu, bilas minyak kelapa yang ada di kepala, sambil pijat lagi dengan lembut. Jangan terlalu keras memijatnya karena dapat menyebabkan iritasi kulit dan infeksi. Setelah membilasnya, sisir rambut Anda untuk mengangkat sisa-sisa sel kulit mati di kepala Anda.

Amankah menggunakan minyak kelapa untuk psoriasis?

Minyak kelapa bisa dijadikan salah satu alternatif untuk mengobati atau meredakan gejala psoriasis, tapi mungkin tidak efektif untuk semua orang. Bila Anda memiliki alergi terhadap minyak kelapa, tidak dibolehkan menggunakan ini. Bila kulit Anda terlihat semakin memburuk setelah menggunakan minyak kelapa, segera hentikan pengobatan dengan minyak kelapa.

Minyak kelapa dapat meredakan gejala psoriasis yang Anda miliki, tapi tidak mencegah munculnya psoriasis yang baru. Minyak kelapa juga mungkin dapat menggangu perawatan topikal lain yang Anda gunakan, jadi sebaiknya sebelum menggunakan minyak kelapa ini selalu diskusikan dengan dokter.

Baca Juga:

Sumber