5 Bahan Alami yang Aman dan Ampuh Mengatasi Jerawat Saat Hamil

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Saat hamil, hormon tubuh cenderung tidak stabil sehingga memunculkan beberapa perubahan pada tubuh, salah satunya jerawat. Namun, jangan sembarangan menggunakan obat jerawat, ya. Salah-salah, justru bisa berefek buruk pada kehamilan dan janin dalam kandungan. Berikut ini beberapa obat alami yang aman untuk mengatasi jerawat saat hamil.

Pilihan obat alami untuk mengatasi jerawat saat hamil

natrium bikarbonat

1. Baking soda

Baking soda membantu mengangkat kelebihan minyak di kulit dan mempercepat penyembuhan jerawat. Anda bisa menggunakannya dengan mencampurkan satu sendok makan baking soda dengan air. Kemudian, oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Biarkan hingga kering sebelum dibilas dengan air bersih.

2. Timun dan oatmeal

Timun dan oatmeal membantu menenangkan jerawat yang sedang meradang. Cara membuatnya mudah, cukup blender kedua bahan ini hingga tercampur rata. Kemudian, masukkan ke dalam kulkas agar sensasi dinginnya lebih terasa. Setelah cukup dingin, oleskan ke seluruh wajah sebagai masker selama 10 hingga 15 menit atau sampai mengering.

3. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan antiseptik. Oleh karena itu, bahan yang satu ini sangat cocok digunakan untuk membantu mengatasi jerawat saat hamil. Sebelum digunakan, bilas wajah dengan air hangat. Kemudian, oleskan madu pada jerawat di wajah. Biarkan selama 20 hingga 30 menit. Setelahnya, bilas kembali wajah dengan air hangat.

4. Cuka apel

Cuka apel membantu mengatasi jerawat dengan aman dan efektif pada ibu hamil. Untuk menggunakannya, campurkan satu sendok makan cuka apel dengan 3 sampai 5 sendok makan air. Kemudian, rendam kapas dalam larutan cuka apel tersebut dan tempelkan ke bagian kulit yang berjerawat.

5. Lemon

Lemon mengandung asam alfa hidroksi yang membantu membuka pori dan melepaskan sel kulit mati yang terjebak. Anda hanya perlu memeras lemon, kemudian oleskan airnya ke wajah yang berjerawat dengan kapas. Biarkan selama 10 menit atau hingga kering sebelum dibilas dengan air.

Perawatan tambahan untuk membantu meredakan jerawat

terapi air putih

Selain dengan obat alami, Anda juga perlu melakukan beberapa hal berikut untuk membantu meredakan jerawat saat hamil, yaitu:

  • Jangan terlalu sering mencuci muka karena bisa menghilangkan kelembapan alami kulit dan meningkatkan produksi minyak sehingga Anda lebih rentan berjerawat.
  • Ganti sarung bantal sesering mungkin.
  • Jangan memencet atau memegang jerawat, apalagi dengan tangan yang kotor.
  • Hindari scrubbing dengan produk yang teksturnya terlalu kasar.
  • Rutin keramas, apalagi jika memiliki poni atau rambut yang berminyak.
  • Minum banyak air putih dan hindari terlalu banyak soda atau kafein.
  • Hindari makanan dengan kadar gula yang tinggi dan yang telah diproses terlalu banyak (makanan instan).

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca