Manfaat Menakjubkan Terapi Air Putih, Bisa Melembapkan Kulit, Loh!

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019
Bagikan sekarang

Ingin punya kulit yang sehat dan bercahaya? Minum air putih solusinya. Bagaimana maksudnya? Kebanyakan orang mengetahui bahwa minum air putih membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Namun, ternyata minum air putih juga memberi manfaat untuk kulit. Ini disebut dengan terapi air putih.

Benarkah terapi air putih bisa menjaga kelembapan kulit?

Hampir 75 persen dari tubuh adalah air. Setiap berkurangnya kadar air di tubuh akan memengaruhi organ-organ Anda, termasuk kulit, yang merupakan lapisan yang menutupi seluruh tubuh.

Jika kulit tidak mendapat cukup air, kulit akan menjadi kering dan bersisik. Kulit kering lebih rentan mengalami garis-garis halus di wajah atau kerutan.

Sementara, setiap hari Anda kehilangan cairan tubuh dalam bentuk keringat dan air kencing. Jadi, Anda perlu mengisi kembali cairan tubuh untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

Menurut Julius Few, M.D., seorang direktur The Few Institute dan dosen klinik operasi plastik di Universitas Chicago, berbagai struktur kulit yang mendukung kolagen membutuhkan air untuk bekerja secara efektif. Ketika kulit terhidrasi, padat, dan elastis, ini akan mengurangi masuknya partikel-partikel asing yang dapat menyebabkan iritasi dan flek hitam.

Selain itu, air juga penting untuk menjaga kelembapan kulit secara optimal dan memberikan nutrisi penting untuk sel-sel kulit. Air mencukupi kebutuhan jaringan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit, sehingga dapat menunda tanda-tanda penuaan kulit, keriput dan garis-garis halus.

Minum cukup air juga dapat mencegah gangguan kulit seperti psoriasis dan eksim. Air juga dapat meningkatkan tingkat metabolisme dan memperlancar sistem pencernaan membuang racun yang ada di dalam tubuh. Hal ini akan membuat Anda memiliki kulit yang sehat dan bersinar.

Cara melakukan terapi air putih yang bermanfaat untuk kulit

  • Minum setidaknya empat hingga enam gelas tepat setelah Anda bangun di pagi hari. Kurang lebih 160-200 ml air dalam setiap gelas. Lakukan ini saat perut kosong. Air harus pada suhu kamar atau suam-suam kuku. Anda juga bisa menambahkan perasan lemon ke dalamnya.
  • Gosok gigi Anda setelah Anda minum air. Jangan makan apa pun selama 45 menit berikutnya. Setelah itu, lanjutkan dengan rutinitas harian Anda. Selama 45 menit tersebut, Anda dapat melakukan aktivitas fisik ringan, seperti jogging atau yoga.
  • Beri jarak waktu dua jam antara setiap waktu makan Anda. Selama dua jam tersebut, hindari minum dan makan apapun. Misalnya, setelah 15 menit sarapan, makan siang,  dan makan malam, jangan makan atau minum apapun selama dua jam berikutnya.
  • Jika Anda tidak dapat minum empat hingga enam gelas sekaligus, istirahatlah selama beberapa menit di antara setiap minum segelas air.

Tips lain untuk menjaga kelembapan kulit

Selain dengan minum air putih yang cukup, ada beberapa cara untuk menjaga kelembapan kulit Anda, yaitu dengan mengoleskan krim pelembap dua menit setelah mandi. Kulit masih sensitif terhadap produk yang dipakai setelah mandi, sehingga memungkinkan penyerapan yang lebih baik.

Pilihlah pelembap yang mengandung bahan-bahan yang mampu menghidrasi kulit dengan baik, misalnya, minyak kedelai dan minyak alpukat. Kedua minyak alami ini berguna untuk menjaga kulit Anda dari kekeringan.

Minyak alami ini mengandung pelembut kulit alami seperti asam linoleat. Ini membantu kulit untuk menjebak kelembapan, menjaga air yang sangat dibutuhkan kulit untuk mempertahankan kelembutan dan hidrasi.

Selain bahan alami tersebut, Anda juga dapat memilih pelembap yang mengandung urea dan lauromacrogol. Urea bermanfaat dalam melembapkan kulit karena bersifat menghalangi keluarnya air dan melindungi terhadap bakteri. Sedangkan lauromacrogol bersifat anestesi lokal yang melindungi kulit dari sensasi tidak nyaman akibat kulit yang kering.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Cara Mudah Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Setiap Hari

Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan dehidrasi dan memicu gangguan kesehatan. Lalu, bagaimana cara memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang efektif?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu

5 Cara Mudah dan Cepat Mengatasi Sakit Kepala Setelah Olahraga

Sakit kepala setelah olahraga adalah hal yang tidak biasa. Oleh karena itu, diperlukan beberapa cara ampuh untuk mengatasi gangguan tersebut.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi

5 Cara Ampuh Mencegah Sakit Leher Saat Bekerja di Depan Komputer

Keseringan bekerja di depan komputer bisa membuat leher sakit karena kaku. Cek cara mencegah rasa sakit di leher Anda dengan cara-cara berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Kenapa Kulit Bisa Kering dan Kehilangan Kelembapan?

Kehilangan kelembapan kulit bisa menyebabkan penuaan. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyabab masalah ini. Yuk, cari tahu.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina

Direkomendasikan untuk Anda

fungsi air untuk ginjal

Fungsi Penting Air Putih untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 02/06/2020
infused water saat puasa

Minum Air Putih vs Infused Water Saat Puasa, Mana yang Lebih Baik?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 05/05/2020
minum saat sahur

Aturan Minum yang Benar Saat Sahur dan Buka Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 01/05/2020
minum air menghilangkan jerawat

Cukup Minum Air Putih Bantu Menghilangkan Jerawat, Lho!

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020