home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Efektifkan Melangsingkan Tubuh Dengan Akupunktur?

Efektifkan Melangsingkan Tubuh Dengan Akupunktur?

Sudah melakukan berbagai cara, dari yang tradisional sampai yang ekstrim, tapi berat badan belum juga turun? Mungkin ini saatnya Anda menjajal teknik tusuk jarum atau yang sering disebut dengan akupunktur untuk menurunkan berat badan. Bahkan katanya, rutin akupunktur bisa membakar satu kilogram lemak setiap minggu. Masa, sih? Baca terus untuk mengetahuinya.

Sekilas tentang akupunktur

Akupunktur merupakan teknik pengobatan tradisional kuno dari negeri Cina yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan secara alami. Terapi ini dilakukan dengan cara memasukkan jarum khusus ke dalam kulit untuk merangsang titik tertentu pada tubuh. Tujuannya untuk mengembalikan keseimbangan energi aliran Qi (Chi) dalam tubuh.

Chi merupakan konsep dasar budaya masyarakat Tionghoa yang memiliki filosofis sebagai tenaga kehidupan atau energi vital dalam tubuh manusia. Ada banyak gejala penyakit yang bisa diobati dengan teknik ini, termasuk untuk menurunkan berat badan.

Manfaat akupunktur untuk menurunkan berat badan

Menurut filosofi ilmu kesehatan tradisional Cina, kelebihan berat badan merupakan wujud dari aliran energi tubuh yang tidak seimbang, dari dan menuju pusat otak yang disebut hypothalamus. Jika aliran energi dari-dan-menuju hypothalamus terganggu, maka akan berpengaruh pada hormon tubuh. Inilah yang menyebabkan obesitas pada seseorang, menurut ilmu akupunktur

Prinsip utama akupunktur untuk menurunkan berat badan pada dasarnya adalah mendukung semua usaha yang dilakukan seseorang untuk diet, mulai dari mengendalikan rasa lapar, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan fungsi pencernaan, mengatur hormon yang berkaitan dengan obesitas, dan fungsi lainnya sehingga efeknya akan lebih seimbang. Misalnya, pada orang yang sudah mengubah pola makan dan olahraganya rutin tetapi berat badannya tidak kunjung mengalami perubahan.

Bagian tubuh yang nantinya ditusuk jarum tergantung pada area yang diperlukan. Dalam program akupunktur untuk mengurangi berat badan, ada 4 titik yang akan ditusuk jarum, yaitu di telinga, titik Shen Men, titik perut dan titik endokrin. Beberapa jarum steril kecil akan ditusukkan di titik-titik tersebut kemudian dihangatkan untuk menstimulasi tubuh mengeluarkan neurochemical dan hormon. Saat ditusuk pasien akan merasakan sedikit sensasi nyeri dan pegal. Namun tenang, sensasi ini merupakan hal yang normal. Selain itu, munculnya sensasi nyeri juga merupakan sinyal dari tubuh kalau jarum yang ditusuk ada pada titik yang tepat.

Eits, jangan hanya mengandalkan akupunktur untuk menurunkan berat badan

Pada dasarnya akupunktur lebih ditujukan sebagai “usaha tambahan” yang berfungsi untuk merangsang fungsi tubuh agar lebih bereaksi pada usaha utama Anda — yaitu diet dan olahraga tersebut. Jika fungsi tubuh ini sudah dibikin kembali normal dan seimbang lewat akupunktur, maka kerja hormon pun akan jadi lebih optimal untuk membantu menurunkan berat badan.

Ingat, berat badan umumnya akan turun jika asupan kalori lebih sedikit dari kalori yang dikeluarkan tubuh untuk beraktivitas. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, akupunktur hanya salah satu cara untuk membantu mengendalikan rasa lapar di dalam tubuh yang pada akhirnya bisa mengontrol nafsu makan seseorang untuk mencegah kenaikan berat badan berlebih.

Sebenarnya, inilah merupakan salah satu kesalahan yang paling banyak dilakukan orang dalam proses penurunan berat badan. Berat badan tidak akan turun, bahkan naiknya bisa lebih tinggi dari sebelumnya, jika Anda hanya mengandalkan akupunktur untuk menurunkan berat badan tapi pola makan masih berantakan dan olahraga malas-malasan. Intinya, sampai saat ini belum ada cara lain yang paling menjanjikan selain memperbaiki pola makan dan olahraga untuk membantu menurunkan berat badan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The Effects od Body Acupuncture on Obesity: Anthropometric Parameters, Lipid Profile, and Inflammatory and Immunologic Markers – https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3353309/ diakses pada 24 Agustus 2017

Stimulation of Auricular Acupuncture Points in Weight Loss – https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/9679359 diakses pada 24 Agustus 2017

Ear Acupuncture May Hold Promise for Weight Loss – http://www.webmd.com/diet/news/20131217/ear-acupuncture-may-hold-promise-for-weight-loss diakses pada 24 Agustus 2017

Acupuncture and Weight Loss – http://www.doctoroz.com/article/acupuncture-and-weight-loss diakses pada 24 Agustus 2017

Does Acupuncture Work for Weight Loss? – http://www.livestrong.com/article/196721-how-does-acupuncture-work-for-weight-loss/ diakses pada 24 Agustus 2017

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Risky Candra Swari
Tanggal diperbarui 25/11/2020
x